20 Desain dan Tips Kamar Kos Estetik Hemat Budget

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 15 Agustus 2023 08:35
20 Desain dan Tips Kamar Kos Estetik Hemat Budget
Punya kamar kos estetik nggak harus mahal. Coba deh terapkan ide desain kamar kos yang sederhana dan murah meriah ini~

Punya kamar kost estetik dan minimalis tentu nggak mudah dan murah, apalagi buat kamu yang punya budget kos terbatas. Kamar kost estetik biasanya memiliki furniture dengan desain kekinian, warna-warni pastel yang lembut serta dekorasi dan hiasan rumah minimalis dan estetik.

Saat merantau, kamar kost adalah tempat di mana kamu akan banyak menghabiskan waktu buat beristirahat. Kamu bisa mendekorasinya dengan estetik sesuai dengan selera dan keinginanmu, tapi tetap sesuaikan dengan peraturan dari pemilik kost, yah!

Saat mendekorasi kamar kos agar estetik, pastikan kamu tak mengubah bentuk asli bangunan atau menimbulkan kerusakan yang tak bisa diperbaiki.

Mendesain kamar kos estetik tak selalu harus mahal dan penuh effort lho! Banyak informasi desain kamar kost di website dekorasi rumah yang bisa kamu jadikan inspirasi. Selain itu, adanya e-commerce memungkinkan kamu untuk mempercantik kamar kos dengan budget terbatas.

Tapi btw, apa itu ruangan yang estetik? Menurut contoh yang banyak bertebaran di media sosial, dekorasi kamar kos estetik mengacu pada gaya kamar kost yang menarik dengan memanfaatkan sentuhan pribadi dan apa yang lagi trend saat itu. Estetik lebih dari sekedar punya daya tarik visual serta bisa diterapkan pada gaya dekorasi apapun, tapi ekspresi selera personal dan mengikuti arus tren dekorasi saat ini.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini ide kamar kos estetik dan minimalis serta tips dekorasinya. Scroll terus untuk dapat inspirasi ya! 

1 dari 20 halaman

 Inspirasi Kamar Kos Estetik

Kamar Kos Estetik © Diadona

Untuk menghemat budget, pemilik kos biasanya menggunakan modle ranjang lesehan di kamar kos mereka. Desain ini memang mengurangi potensi keberadaan ruang penyimpanan tambahan di bawah ranjang, namun mudah untuk didesain dengan desain estetik dan barang-barang minimalis.

Untuk menciptakan kamar kos estetik dengan kasur lesehan, tips pertama yakni gunakan seprai yang menutupi seluruh kasur kamu. Trus kamu bisa berkreasi dengan rak rendah yang bisa berfungsi sebagai nakas atau lemari penyimpanan.

Kamar Kos Estetik © Diadona

Namun kalau kamu nggak punya lemari nih, kamu bisa lho menggunakan tumpukan buku. Selain murah meriah, tampilannya juga tetap estetik serta menawan.

2 dari 20 halaman

Kamar Kos Estetik © Diadona

Lemari adalah salah satu kunci menciptakan kamar kos estetik. Bila lemari yang tersedia tak cukup untuk menampung banyaknya pakaian kamu, kamu bisa nih memanfaatkan rak gantungan baju yang super simple dan cantik ini.

Rak gantungan baju kayu ini bisa kamu beli di e-commerce dengan harga mulai dari Rp. 75 - Rp. 250 ribu tergantung ukuran, model dan bahan.

Manfaatkan bagian gantungan untuk menyimpan baju-baju yang akan digunakan lagi. Semenatra itu pada bagian rak bisa gunakan untuk menambah ruang penyimpanan. Agar terlihat rapi nan estetik, gunakan kotak penyimpanan. Ingin hemat budget? Kotak penyimpanan bisa kamu bikin sendiri memanfaatkan box bekas.

3 dari 20 halaman

Bikin Kamar Kos jadi Estetik dan Cantik dengan Cermin Besar

Kamar Kos Estetik © Diadona

Saat ini nih cermin besar emang lagi ngetrend banget dalam membuat ruangan jadi lebih estetik. Fungsinya bukan cuman buat bercermin atau properti kamu foto OOTD yah.

Namun dalam sisi desain interior, cermin besar mampu membuat ruangan jadi lebih luas. Cermin besar juga bikin ruangan jadi lebih terang. Tapi tentu saja ini tergantung pada posisi di mana cermin dipasang, lho!

Cermin besar bisa kamu beli di e-commerce dengan harga bervariasi mulai dari Rp. 75 - 400 ribu tergantung kualitas kaca, bahan bingkau dan tentu saja ukurannya.

4 dari 20 halaman

Seprai dan Bedcover Polos Menambah Keestetikan Kamar Kos

Kamar Kos Estetik © Diadona

Untuk membuat kamar kos kecil kamu estetik, Diadona sarankan untuk memulai dengan satu palet warna. Soalnya nih terlalu banyak warna bikin ruangan kamu jadi terasa sesak dan penuh. 

Pilih tone warna atau dua warna favorit kamu yang menarik secara visual. Atau kalau kamu ragu nih, kamu bisa memulainya dengan warna putih.

Pada ruangan yang sempit, warna putih ngasih ilusi lapang dan juga cerah!

5 dari 20 halaman

Tanaman dalam Ruangan

Inspirasi Kamar Kos Aesthetic © Diadona

Menambahkan tanaman dalam ruangan nggak cuman bikin kamar kos kamu makin indah dan estetik, tapi juga bikin ruangan makin nyaman, ngasih suasana tenang dan juga membantu membersihkan udara.

Pilih jenis tanaman dalam ruangan yang mudah dirawat dan sesuaikan dengan kondisi pencahayaan ruangan kamu. Untuk kamar dengan cahaya tidak langsung, Philodendron bisa jadi pilihan. Trus kelompok aglonema dengan corak yang unik cocok ditempatkan di pencahayaan teduh.

Untuk tanaman berdaun cantik, perawatan mudah, berukuran kecil dan merambat, kamu bisa menjatuhkan pilihan pada tanaman sirih gading. Satu batang tanaman sirih gading dijual dengan harga murah meriah mulai dari Rp. 1.000 lho!

6 dari 20 halaman

Nggak Cuman Estetik, Kamar Kos Kamu juga Harus Rapi

Kamar Kos Estetik © Diadona

Kamar kos yang estetik nggak cuman butuh barang-barang cantik dan minimalis, tapi juga kerapian. Sebab nih barang-barang yang berantakan akan bikin kamar kamu kacau serta nggak nyaman ditempati.

Ada banyak tips nih buat menajga ruangan selalu rapi. Beberapa tisp di antaranya yakni :

  1. Menjaga zona ruangan, misalnya zona belajar, zona pakaian hingga zona untuk makan.
  2. Setiap barang memiliki tempatnya dan harus dikembalikan ke tempatnya semula setelah digunakan.
  3. Pastikan kamu cuman menyimpan barang-barang yang penting.
  4. lakukan decluttering secara teratur.

7 dari 20 halaman

Kamar Kos Estetik - Partisi Tempat Tidur © Diadona

Tips membuat kamar kos estetik berikut ini sangat sederhana, yakn temmpatkan meja atau rak di dekat tempat tidur kamu seperti pada gambar. Rak berikut bisa berfungsi sebagai nakas seklaigus bikin tempat tidur kamu seolah jadi gua yang nyaman untuk beristirahat.

Pilih rak dua sisi sehingga kamu bisa mengambil barang dari masing-masing sisi. Tempatkan barang-barang secara rapi dan teratur.

 

 

8 dari 20 halaman

Kamar Kos Estetik - Rak di Meja Belajar © Diadona

Untuk meningkatkan estetika dan fungsi meja belajarmu, kamu bisa menambahkan rak kayu di atasnya. Penambahan rak kayu ini ngasih perbedaan ketinggian pada meja, membuat fungsinya jadi lebih optimal. Misalnya untuk menyesuaikan ketinggian layar monitor komputer kamu, sebagai 'zona' di meja belajar dan lainnya.

Rak kayu serbaguna portable ini harganya murah banget lho, mulai dari Rp. 30.000 - 78.000 tergantung ukuran dan bahan. 

9 dari 20 halaman

Kamar Kos Estetik © Diadona

Selain rak kayu, tambahkan juga grid wall wire untuk menempatkan foto estetik, kertas catatan penting, hingga sebagai 'cantolan' untuk keranjang dan lainnya. Grid wall wire nggak cuman punya fungsi estetika, tapi juga punya fungsi penyimpanan dinding yang minim ruang dan murah meriah.

Di e-commerce, grid wall wire dijual mulai dari Rp. 20.000 sesuai ukuran dan desainnya.

10 dari 20 halaman

Kamar Kos Estetik - Tirai © Diadona

Ngak hanya berfungsi untuk memberikan privasi, tapi tirai punya potensi untuk merusak atau meningkatkan tampilan ruangan kamu. Tirai nggak cuman membuat ruangan terasa lengkap, tapi secara ajaib punya kemampuan buat mengubah interior. Bahkan nih seorang desain interior bilang kalau menambahkan tirai dalam ruangan sama dengan memakai maskara di bulu mata.

Trus apa yang harus kamu lakukan dengan tirai di kamar kos estetik kamu?

Buat menghadirkan ruangan yang nyaman, estetik sekaligus elegan, gunakan tirai putih lembut. Kalau bisa effort lebih, tambahkan lampu hias cantik buat ngasih tampilan magical di ruangan kamu. Jangan lupa tambahkan lapisan tirai lain untuk perlindungan ekstra agar pandangan nggak bisa tembus ke jendela kamu ya!

11 dari 20 halaman

Kamar Kos Estetik - Headboard Kasur © Diadona

Sebagian besar kamar kos menggunakan tempat tidur tanpa headboard yang minim budget. Tapi tunggu, kamu bisa berkreasi membuat headboard sendiri.

Dalam menghadirkan kamar kos estetik, headboard ternyata punya peran vital lho! Hoadboard estetik bisa meningkatkan tampilan kamar tidur, membuatnya menarik secara visual. Selain itu, headbord juga berfungsi sebagai titik fokus dan dapat melengkapi keseluruhan desain ruang kamu.

Bikin headboard murah merah dengan kreativitas. Misalnya, headboard dari kertas yang dibentuk setengah lingkaran, headboard dari bantal dan lainnya.

12 dari 20 halaman

 Kamar Kos Estetik © Diadona

Penataan pakaian adalah salah satu yang menentukan keestetikan kamar kos kamu. Buat melengkapi desain kamar kos yang esetik, nyaman dan rapi, pilih gantungan baju secara hati-hati.

Gantungan baju seperti pada gambar dimulai dengan harga Rp. 80 ribu tergantung ukuran dan kekuatan yang ditawarkan. Pilih yang sesuai dengan budget dan kebutuhan kamu.

Gunakan juga hanger seragam, trus urutkan pakaian sesuai dengan warna untuk memanjakan mata. 

13 dari 20 halaman

Kamar Kos Estetik - Lantai Vinyl © Diadona

Lantai vinyl saat ini banyak dipilih karena mampu meningkatkan tampilan kamar secara keseluruhan dan cocok dengan desain apapun. Well, lantai vinyl memang nggak murah, tapi kamu punya solusi jitu yang nggak bikin kantong bolong dan bisa dipasang dengan mudah : karpet vinyl.

Karet vinyl saat ini banyak dijual di e-commerce dengan harga mumer. Di salah satu toko, karpet berukuran lebar 50 cm dan lebar 2 meter dijual mulai harga Rp. 25.000. Cukup pasang dengan cermat, maka dijamin deh ruangan kamu jadi estetik dan cantik!

14 dari 20 halaman

Kamar Kos Estetik - Gantungan Tas © Diadona

Selain pakaian, tas yang tak tertata berpotensi bikin kamar kamu berantakan dan tak aestetik lagi. Solusinya tentu dengan menggunakan gantungan tas dong ya? Namun bila kamu kekurangan ruang dan jumlah tas yang kamu miliki berpotensi membuat gantungan tersebut berubah jadi kekacauan lainnya, coba deh pertimbangkan solusi penyimpaan berikut.

15 dari 20 halaman

Kamar Kos Estetik - Rak Sepatu © Diadona

Kamar kost yang estetik dan bersih bisa dimulai dengan penataan sepatu yang rapi dan apik. Jangan sampai sepatu kamu menghalangi pintu masuk atau tergeletak di lantai, yah!

Nggak ada desain pasti rak sepatu untuk membuat kamar kos estetik. Namun yang pasti, ada banyak pilihan rak sepatu dengan harga sesuai dengan kemampuan kantongmu.

Sebelum menata sepatu di rak, pastikan kamu telah menyortir sepatumu sehingga tak berlebihan ya! Singkirkan alas kaki yang sudah tak terpakai, perbaiki sepatu rusak yang masih bisa digunakan kembali serta bersihkan sepatu atau sandal kotor agar rak sepatu dan kamar kamu bersih dan tertata.

16 dari 20 halaman

Kamar Kos Estetik - Penyimpanan Snack © Diadona

Anak kos wajib punya persediaan makanan dan alat makan sendiri. Agar tak berantakan dan mengundang binatang, tata semuanya dalam rak tersendiri dan diletakkan di suatu zona kamar.

Kamu bisa memanfaatkan rak biasa atau rak dorong agar mudah dipindah. Tambah dengan keranjang atau manfaatkan rak dengan sekat untuk pengelompokan barang.

Jangan ragu untuk membeli toples plastik atau wadah transparan lain yang harganya murah meriah untuk menyimpan bahan makanan. Selain estetik, penggunaan wadah tembus pandang ini memungkinkan kamu untuk mengetahui stok bahan sehingga tak akan terlupakan.

Untuk stok mie instan dan makanan cepat saji lainnya, manfaatkan rak atau keranjang sesuai dengan ukuran. Dan yang penting, jangan membeli stok bahan makanan terlalu banyak bila kamu tak memiliki cukup ruang penyimpanan.

Bila kamu memiliki kulkas dalam kos, pastikan untuk menata dan membersihkannay secara teratur ya!

17 dari 20 halaman

Kamar Kos Estetik - Lampu Belajar dan Lampu Tidur © Diadona

Lampu meja adalah pilihan populer buat menambah fungsionalitas dan desain kamar kos estetik kamu. lampu meja bisa jadi penerangan tambahan saat belajar, membaca, atau lampu tidur yang bikin nyaman sekaligus menyempurnakan dekorasi kamu.

Apalagi warna lampu tertentu nih menawarkan nuansa yang berbeda. Misalnya, lampu kuning temaram ngasih cahaya lembut dan hangat yang bisa ngasih suasana nyaman di kamar kos kamu.

Dengan banyak pilihan desain, lampu meja bisa melengkapi dekorasi kamar tidur kamu dan menambah sentuhan kepribadin di ruangan.

18 dari 20 halaman

Kamar Kos Estetik - Rak Make Up © Diadona

Jarang banget pemilik kos yang menyediakan dua macam meja, yakni meja belajar atau meja rias. Solusinya, kamu bisa menggunakan rak dorong seperti pada gambar untuk menyimpan peralatan make up dan skincare kamu.

Rak dorong estetik ini bisa kamu tempatkan di dekat kamu sata sedang berdandan, lalu dorong ke sisi ruang yang lain saat tak sedang digunakan. Jangan lupa tambahkan dengan partisi pada rak agar barang-barang kamu tercampur dan berantakan.

Di e-commerce, rak susun troli ini bisa kamu dapatkan mulai dari harga Rp. 60 ribu - 135 ribu tergantung pada bahan dan ukuran. Pilih warna yang sesuai dengan desain kamar kos kamu ya!

19 dari 20 halaman

Kamar Kos Estetik - Cable Box Management © Diadona

Masalah paling umum yang kerap dihadapi dalam mendekorasi kamar kos agar estetik adalah.... manajemen kabel. Nggak salah sih sebab di ruangan yang sempit itu terdapat banyak kebutuhan listrik, mulai dari lampu, laptop atau komputer, charger perangkat elektronik, setrika, bahkan peralatan memasak yang membutuhkan aliran listrik untuk beroperasi.

Sulit banget membuat kamar kos jadi esetetik kalau ada banyak kabel melintang, stop kontak tak tertata, bukan? Nah, menata kabel-kabel aliran listrik agar tak melintang sih memang membutuhkan sedikit pekerjaan konstruksi. Namun dengan cable box organizer, sedikit kekacauan bisa teratasi. 

Cable box organizer ini ideal untuk mengatur semua kabel yang bikin ruangan jadi kacau. Box ini juga mampu mengatasi kabel yang berantakan sehingga secara keseluruhan bikin ruangan kamu jadi makin rapi.

20 dari 20 halaman

Kamar Kos Estetik - Karpet © Diadona

Selain fungsi untuk menambah kenyamanan aktivitas di lantai, karpet juga menambah keestetikan kamar kos kamu dengan banyak alasan nih.

Pertama, karpet berfungsi menambah warna, pola dan tekstur pada ruangan, membuatnya lebih hangat dan lembut. Tanpa perlu mengeluarkan banyak uang, penggunaan karpet dijamin bikin ruangan kamu berubah cantik dalam sekejap.

Trus karpet bisa berfungsi sebagai pemisah zona ruangan. Ini berguna di kamar kos sempit di mana bagian untuk beristirahat dan bersantai perlu dipisahkan dengan zona belajar. 

Karpet bikin kaki kamu terasa nyaman, membuat kamar tidur terlihat serasi dan tenang.

Karpet bulu berukuran kecil bisa kamu dapatkan mulai dari harga Rp. 50 ribu - Rp. 200 ribu tergantung bahan. Pilih sesuai dengan kebutuhan kamu ya!

Daftar inspirasi dan to-do-list buat bikin kamar kos estetik di artikel berikut ini akan terus diupdate. Boleh banget kalau nih kamu mau ngasih saran apa aja yang harsu dilakukan biar kamar kos jadi 'gua' istirahat yang nyaman. Share di kolom komentar ya!

Beri Komentar