8 Cara Menata Kasur di Lantai tanpa Dipan agar Cantik dan Nyaman

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Selasa, 19 Desember 2023 16:45
8 Cara Menata Kasur di Lantai tanpa Dipan agar Cantik dan Nyaman
Cara menata kasur di lantai penting untuk diperhatikan agar meminimalisir terjadinya cedera atau jatuh sehingga akan lebih aman dan nyaman

Menata kasur di lantai semakin populer diterapkan untuk menciptakan ruang yang santai dan nyaman. Terlepas dari ukuran rumah atau apartemen, cara menata kasur di lantai dapat menjadi alternatif solusi yang dapat dilakukan untuk menciptakan suasana yang nyaman dan menenangkan saat beristirahat. Jika kamu memiliki lahan ruang tidur yang terbatas, maka perlu untuk menata kasur di lantai agar ruangan terlihat lebih lapang.

Cara menata kasur di lantai dapat meminimalisir penggunaan perabotan yang terlalu banyak di dalam kamar tidur. Sehingga ranjang lebih mudah untuk dipindahkan ke posisi atau tempat yang sesuai dengan keinginanmu.

Selain membantu untuk meminimalisir ruang, ternyata menata kasur di lantai juga dapat menambahkan estetika di dalam kamar loh! Asalkan, kamu harus menata tata letak ruangan dengan benar dan efektif. Untuk kamu yang tinggal di kamar kos atau rumah dengan ukuran kecil, maka dekorasi dan isi ruangan penting untuk diperhatikan. 

Jika kamu memiliki sang buah hati, maka cara menata kasur di lantai penting untuk diperhatikan agar  meminimalisir terjadinya cedera atau jatuh sehingga akan lebih aman dan nyaman. Kasur yang diletakkan di lantai juga dapat memberikan kenyamanan bagi tulang belakang, sehingga mengurangi adanya resiko nyeri pada punggung.

Sebagian orang merasa jika tidur di kasur yang menempel pada lantai dapat meningkatkan kualitas tidur dan membuat lebih rileks. Apakah kamu sedang berencana untuk menata kasur di lantai? Berikut ini ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk memberikan kenyamanan saat beristirahat. Check it out!

 

1 dari 8 halaman

Bersihkan Ruangan dan Pilih Lokasi yang Tepat

Cara Menata Kasur di Lantai © Diadona

Cara menata kasur di lantai yang pertama adalah dengan membersihkan ruangan terlebih dahulu dan memilih lokasi yang tepat. Mulailah dengan membersihkan lantai dari debu atau kotoran lainnya dengan vacuum cleaner agar lebih efektif menjangkau area yang sulit untuk dibersihkan.

Pilih lokasi yang mendapatkan pencahayaan matahari secukupnya dan pastikan jika ruangan kamar memiliki ventilasi udara dengan baik agar sirkulasi udara dapat berjalan dengan lancar.

 

2 dari 8 halaman

Tambahkan Karpet Sebagai Alas Kasur

Cara Menata Kasur di Lantai © Diadona

Menambahkan karpet sebagai alas kasur tidak hanya memberikan sentuhan estetis namun juga meningkatkan kenyamanan. Cara menata kasur di lantai menggunakan karpet biasanya dipilih berdasarkan gaya dekorasi ruangan agar menciptakan kombinasi yang kontras.

Kamu dapat memilih warna, pola, dan tekstur yang mudah dipadukan dengan elemen lainnya dalam ruangan. Pastikan jika karpet memiliki ukuran yang cukup untuk menutupi area di sekitar kasur. 

 

3 dari 8 halaman

Gunakan Material Pendukung Kasur yang Bagus

Cara Menata Kasur di Lantai © Diadona

Selain menambahkan karpet sebagai alas, menggunakan material pendukung kasur yang baik juga menjadi salah satu cara efektif untuk menata kasur di lantai. Pilih kasur yang memiliki ketebalan dan kepadatan sesuai dengan kebutuhanmu.

Sebagian besar orang memilih menggunakan kasur dengan busa yang tebal untuk memberikan kenyamanan saat beristirahat. Pilih alas kasur yang mampu menopang ukuran ranjang seperti alas busa, matras tipis hingga kayu. 

 

4 dari 8 halaman

Pilih Kasur yang Sesuai

Cara Menata Kasur di Lantai © Diadona

Memilih kasur yang tepat juga menjadi salah satu cara menata kasur di lantai yang cukup penting. Pilih kasur yang sesuai dengan ukuran ruangan dan kebutuhan pribadi, ukuran king size atau queen bed dapat memberikan lebih banyak ruang untuk tidur.

Namun perlu dipastikan jika masih terdapat ruang sisa untuk memudahkan pergerakan dalam kamar dan untuk meletakkan furnitur lainnya. Sebelum membeli kasur, pastikan untuk disesuaikan dengan budget mu. Kasur memiliki berbagai harga dan kualitas, maka pilih yang sesuai dengan kebutuhan. 

 

5 dari 8 halaman

Tambahkan Aksesori Dekoratif

Cara Menata Kasur di Lantai © Diadona

Menambahkan aksesori dekoratif dapat menjadi cara untuk menata kasur di lantai dengan memberikan sentuhan pribadi dan estetika yang akan mempercantik ruangan. Tambahkan selimut, bantal dan guling yang sesuai dengan warna atau desain kasur.

Hal ini tidak hanya memberikan nuansa hangat, namun juga menambahkan elemen visual menarik. Hias area dinding dengan seni, foto keluarga atau dekoratif lainnya untuk memberikan sentuhan karya seni yang menawan dalam ruangan. 

6 dari 8 halaman

Berikan Pencahayaan yang Tepat

Cara Menata Kasur di Lantai © Diadona

Untuk mendukung cara menata kasur di lantai, kamu juga dapat menambahkan pencahayaan yang baik. Tambahkan lampu hias atau lampu tidur di sekitar kasur untuk memberikan pencahayaan yang lembut dan mendukung kualitas tidur menjadi lebih nyenyak.

Lampu dinding dapat menjadi pilihan yang baik untuk menciptakan pencahayaan yang fungsional dan estetis tanpa menghabiskan banyak ruang. Pemilihan pencahayaan yang tepat juga dapat memberikan sentuhan estetika yang menawan ke dalam ruangan. 

 

7 dari 8 halaman

Jadikan Kamar dengan Nuansa Monokrom

Cara Menata Kasur di Lantai © Diadona

Cara menata kasur di lantai ternyata juga dapat didukung dengan menjadikan kamar bernuansa monokrom. Pilih palet monokrom yang terdiri dari warna hitam, putih dan abu-abu. Gunakan karpet berpola monokrom sebagai alas kasur untuk dijadikan sebagai elemen dekoratif utama dalam ruangan.

Tambahkan aksesori pendukung seperti lampu, bingkai foto yang memiliki satu tone warna dengan monokrom. Jika ada jendela di dekat area kasur, pilih gorden dengan warna yang menyatu dengan nuansa monokrom.

8 dari 8 halaman

Ciptakan Sudut Ruangan yang Menarik

Cara Menata Kasur di Lantai © Diadona

Menciptakan sudut ruangan yang menarik di sekitar kasur dapat menjadi cara kreatif untuk menata kasur di lantai. Pilih lokasi yang menciptakan tata letak fungsional dan pastikan tidak menghambat pergerakan penghuninya.

Agar tidak terkesan monoton, kamu dapat menciptakan sudut ruangan yang menarik dengan menambahkan gantungan dinding atau panel seni di sekitar kasur berupa lukisan atau makrame untuk memberikan daya tarik visual yang estetis. Kamu juga dapat menambahkan bantal empuk sebagai sandaran kepala pada sudut ruangan, sehingga memberikan kenyamanan saat membaca buku atau menonton film. 

 

Nah, itulah beberapa cara menata kasur di lantai yang dapat kamu jadikan inspirasi untuk meningkatkan kualitas tidur agar lebih nyaman. Pastikan beberapa cara di atas disesuaikan dengan kebutuhan atau budget pribadimu ya. Semoga bermanfaat!

 

Beri Komentar