10 Inspirasi Desain Rooftop Rumah Semi Indoor yang Estetik, Bisa untuk Nyantai Ala Cafe Sky Lounge

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Rabu, 25 Oktober 2023 15:20
10 Inspirasi Desain Rooftop Rumah Semi Indoor yang Estetik, Bisa untuk Nyantai Ala Cafe Sky Lounge
Desain rooftop rumah semi indoor bisa disulap menjadi tempat nyantai bersama keluarga atau teman-teman dengan gaya estetik ala cafe, sky lounge restaurant, sampai taman minimalis lho!

Setiap penghuni rumah tentunya mendambakan tempat yang nyaman untuk bersantai atau berbincang sejenak bersama keluarga. Salah satunya area rooftop rumah semi indoor yang dapat menjadi tempat untuk melindungi rumah sekaligus melepas penat setelah beraktivitas seharian dengan keluarga tercinta.

Penggunaan desain rooftop rumah semi indoor terkadang digunakan sebagai area jemuran baju atau penyimpanan tandon air, namun kini seiring berkembangnya waktu mulai beralih menjadi tempat yang hangat untuk berkumpul bersama keluarga atau kerabat.

Jika hunian Indonesia memanfaatkan atap rooftop rumah semi indoor sebagai jemuran minimalis atau bahkan menjadi area terabaikan. Berbeda halnya dengan hunian luar negeri seperti Eropa atau Amerika yang memanfaatkan desain rooftop rumah semi indoor sebagai ruangan semi indoor yang estetik. Dilengkapi dengan berbagai tema menarik layaknya modern, tropis, minimalis, monokrom dan lainnya agar semakin mempercantik area desain rooftop rumah semi indoor. 

Selain berfungsi untuk melindungi rumah, nyatanya rooftop bisa dijadikan sebagai area multifungsi untuk berkumpul dan bersantai bersama keluarga. Meskipun hunianmu berukuran minimalis, hal tersebut bukanlah menjadi masalah untuk menciptakan area rooftop yang menawan.

Dengan menyusun tata letak ruang secara tepat, desain rooftop rumah semi indoor tidak akan terlihat sempit atau sesak. Untuk menciptakan area rooftop yang menarik, berikut ini telah kami rangkumkan beberapa referensi yang dapat kamu coba. Yuk simak di bawah ini!

 

1 dari 10 halaman

Desain Rooftop Rumah Semi Indoor Bernuansa Tropis

Desain Rooftop Rumah Semi Indoor © Diadona

Rekomendasi desain rooftop semi indoor yang pertama ini sangat cocok untuk kamu yang menyukai tampilan asri dan rindang pada sebuah hunian. Kamu dapat menambahkan beberapa jenis tanaman pot atau tanaman hias taman minimalis untuk mempercantik sudut-sudut area rooftop.

Desain rooftop rumah semi indoor bernuansa tropis menciptakan suasana alam yang eksotis pada area atap rumah. Material alam seperti kayu dan bambu dapat memberikan atmosfer alami pada desain rooftop rumah semi indor bergaya tropis, baik itu dari sentuhan taman semi indoor, pemilihan sofa, sampai ambience yang pas. 

 

2 dari 10 halaman

Desain Rooftop Rumah Semi Indoor Dilengkapi Dengan Jacuzzi

Desain Rooftop Rumah Semi Indoor © Diadona

Desain rooftop rumah semi indoor dengan jacuzzi merupakan pilihan yang menarik jika ingin menghadirkan fasilitas berupa kolam untuk berendam. Pertimbangkan dengan cermat dimana kamu menempatkan lokasi jacuzzi. Jacuzzi yang diterapkan pada area rooftop akan memanjakan penghuni rumah untuk berendam sambil melihat pemandangan luar yang menyenangkan.

Tambahan furnitur outdoor yang nyaman seperti kursi atau sofa di sekitar jacuzzi. Pastikan jika semua material yang digunakan baik untuk dinding, lantai atau furnitur lainnya yang tahan terhadap cuaca maupun kondisi eksternal lainnya.

3 dari 10 halaman

Desain Rooftop Rumah Semi Indoor dengan Gazebo atau Pergola

Desain Rooftop Rumah Semi Indoor © Diadona

Mengubah desain rooftop rumah semi indoor menjadi semacam cafe adalah ide yang menarik untuk menciptakan ruang santai. Area ini menjadi pilihan yang ideal untuk bersantai, berkumpul atau menghabiskan waktu dengan teman dan keluarga.

Gunakan pergola minimalis dengan atap terbuka untuk menciptakan ruang atap yang terlindung dari sinar matahari dan memberikan estetika ala cafe.

Kamu juga bisa menggunakan gazebo minimalis jika kamu lebih suka nongkrong di gazebo panggung sambil menyantap makanan sore. Pilihlah beberapa furnitur yang mencerminkan suasana cafe seperti tempat duduk berbantal melingkar yang panjang. Dengan memasang lampu gantung atau lentera akan menciptakan suasana yang hangat di malam hari. 

 

4 dari 10 halaman

Desain Rooftop Rumah Semi Indoor Berpadu Rustik Dengan Tropis

Desain Rooftop Rumah Semi Indoor © Diadona

Kombinasi rooftop rumah semi indoor dengan memadukan desain rustik dan tropis dapat menciptakan suasana yang alami dan hangat untuk berkumpul. Kamu dapat menggunakan material alami seperti kayu untuk melapisi area duduk, pagar atau elemen dekoratif lainnya untuk menciptakan kesan rustik yang estetis.

Tanaman tropis seperti palem atau bromelia dalam pot kayu akan memberikan nuansa tropis dan rustik yang kuat pada area rooftop. Pastikan jika rooftop rumahmu memiliki pemandangan alami yang menakjubkan seperti taman atau area hijau lainnya agar memperkuat kesan tropis alami.

 

5 dari 10 halaman

Desain Rooftop Rumah Semi Indoor Dilengkapi Dengan Outdoor Kitchen

Desain Rooftop Rumah Semi Indoor © Diadona

Mengintegrasikan outdoor kitchen pada desain rooftop rumah semi indoor memungkinkan kamu untuk melakukan kegiatan memasak sambil bersantai di area atap rumah. Pastikan tata letak area tersebut dilengkapi dengan atap untuk menahan hujan atau sinar matahari dan mudah diakses dalam rumah.

Kamu dapat menambahkan peralatan dapur outdoor yang sesuai dengan kebutuhanmu seperti grill, kompor, oven outdoor, wastafel dan lemari penyimpanan yang tahan terhadap cuaca. Sediakan juga area makan yang nyaman dilengkapi dengan meja dan kursi outdoor untuk menyantap makanan bersama keluarga. 

 

6 dari 10 halaman

Desain Rooftop Rumah Semi Indoor Untuk Area Hiburan Anak

Desain Rooftop Rumah Semi Indoor © Diadona

Ingin menghadirkan tempat bermain untuk sang buah hati? Desain rooftop rumah semi indoor dengan area hiburan layaknya di atas dapat menjadi solusi yang paling tepat.

Pastikan untuk memasang pagar pengaman yang cukup tinggi di sekitar area rooftop agar lebih aman bagi anak-anak. Untuk mendukung konsep area bermain, tambahan fasilitas seperti perosotan, ayunan, jungkat jungkit dan sepeda mainan.

Sediakan juga area untuk bermain kreatif seperti meja bermain pasir dan zona crafting yang dilengkapi dengan meja serta peralatan seni. Pastikan jika area lantai bermaterial lembut seperti rumput sintetis untuk meminimalisir rasa sakit ketika anak-anak terjatuh. 

 

7 dari 10 halaman

Desain Rooftop Rumah Semi Indoor Cocok Untuk Area Bersantai

Desain Rooftop Rumah Semi Indoor © Diadona

Jika kamu ingin menikmati pemandangan luar sambil melihat city light kota, desain rooftop rumah semi indoor di atas dapat dijadikan inspirasi yang menarik. Area ini sangat cocok untuk dijadikan tempat bersantai sambil menikmati waktu luang. Lengkapi dengan karpet outdoor untuk melapisi lantai, pastikan nyaman untuk dibuat jalan kaki atau duduk.

Pasang kursi sofa lounge yang dilengkapi dengan bantal agar terasa lebih nyaman. Untuk memberikan nuansa romantis di malam hari, kamu dapat menambahkan lampu gantung yang terurai. Jika cuaca dingin mulai menghampiri, pertimbangkan juga untuk memasang fireplace agar menjaga suhu tetap hangat. 

 

8 dari 10 halaman

Desain Rooftop Rumah Semi Indoor Bohemian Style

Desain Rooftop Rumah Semi Indoor © Diadona

Menggabungkan gaya bohemian ke dalam desain rooftop rumah semi indoor merupakan cara yang tepat untuk menciptakan atmosfer yang unik pada area rooftop. Pilih lantai yang nyaman untuk bersantai seperti bantal busa besar sehingga dapat memberikan kenyamanan saat duduk di atasnya.

Agar area rooftop terlindungi dari paparan matahari secara langsung, kamu dapat menambahkan payung besar atau ata pergola. Tambahkan juga tanaman hias dalam kotak kayu untuk menciptakan nuansa asri di sekitar area lesehan. 

 

9 dari 10 halaman

Desain Rooftop Rumah Semi Indoor Bergaya Mediterania

Desain Rooftop Rumah Semi Indoor © Diadona

Kamu mendambakan area bersantai ala Spanyol atau Italia? Desain rooftop rumah semi indoor bergaya mediterania seperti contoh di atas dapat kamu coba. Desain ini mencakup elemen seperti palet warna yang hangat, tekstur alami dan elemen arsitektural yang khas. Dinding berbatu alam dan lantai berlapis ubin terakota akan memberikan nuansa mediterania yang khas.

Sofa bernuansa putih yang dilengkapi dengan bantal akan memanjakan penghuni rumah ketika berkumpul bersama keluarga. Jika memungkinkan, pilih area rooftop dengan pemandangan laut untuk menciptakan atmosfer mediterania.

 

10 dari 10 halaman

Desain Rooftop Rumah Semi Indoor Ala Desain Santorini

Desain Rooftop Rumah Semi Indoor © Diadona

Inspirasi terakhir yang dapat kamu terapkan adalah desain rooftop rumah semi indoor bergaya santorini. Desain santorini terinspirasi oleh pulau Yunani yang indah dengan ciri khas bangunan bernuansa putih dan pemandangan laut yang menawan. Untuk menciptakan tampilan khas ala santorini kamu dapat menggunakan cat dinding berwarna putih agar menghasilkan suasana yang cerah.

Meja kayu dan sofa putih dapat menambah aksen ala santorini. Gantungkan lentera maroko atau lampu gantung berwarna cerah untuk memberikan pencahayaan yang hangat di malam hari. 

Desain rooftop rumah semi indoor menjadi solusi cerdas bagi kamu yang ingin menikmati suasana bersantai di area outdoor. Pastikan untuk memasang kanopi atau atap pergola agar melindungi area rooftop dari cuaca yang tidak menentu. Bagaimana Diazen dari sejumlah inspirasi di atas, adakah desain rooftop rumah semi indoor yang sesuai dengan gaya dekorasi dan seleramu?



Editor: An Nisa Maulidiyah

 

 

Beri Komentar