12 Cara Mengusir Tikus di Plafon dengan Bahan Alami dan Alat Sederhana

Reporter : Aditia
Rabu, 30 November 2022 18:43
12 Cara Mengusir Tikus di Plafon dengan Bahan Alami dan Alat Sederhana
Lakukan cara mengusir tikus di plafon dengan 12 tips ini agar tidak kembali bersarang di rumahmu!

Keberadaan tikus di plafon memang sangat mengganggu. Terlebih jika mereka membuat keributan saat malam hari atau justru berkembang biak. Untuk itu, bagi pemilik rumah perlu tahu cara mengusir tikus di plafon agar populasi binatang pengerat yang satu ini tidak semakin banyak dan merusak rumah.

Cara mengusir tikus di plafon sebetulnya cukup mudah, namun kamu perlu meluangkan waktu agar keberadaan mereka tidak kembali lagi ke plafon rumahmu. Lakukan secara rutin agar tikus tidak kembali lagi ke rumahmu.

Salah satu cara mengusir tikus di plafon yang cukup efektif adalah memasang perangkap. Nah, berikut ini ada beberapa cara membuat perangkap dan tips yang bisa kamu lakukan agar tikus hengkang dari rumahmu.

1 dari 12 halaman

Pasang Perangkap Tikus

Cara Mengusir Tikus di Plafon © Diadona

Cara mengusir tikus di plafon yang sering dilakukan adalah dengan memasang perangkap tikus. Namun, agar tepat sasaran, kamu harus memasang perangkap ini dengan tidak asal-asalan. Sebelum memasang, pastikan dan perhatikan terlebih dahulu pergerakan tikus di plafon rumahmu.

Setelah kamu tahu area yang kerap dilewati tikus maupun tempatnya bersembunyi, kamu dapat memasang perangkap di area tersebut agar tikus terpancing untuk masuk ke dalam perangkap.

Kamu bisa menggunakan alat perangkap jepitan dengan memasang makanan yang mengundang tikus untuk memakannya atau lem tikus dengan aroma yang memancing hewan satu ini. Lakukan hingga semua tikus hilang dari rumahmu.

2 dari 12 halaman

Menutup Lubang Plafon

Cara Mengusir Tikus di Plafon © Diadona

Menutup lubang plafon akan mencegah tikus untuk masuk bersembunyi dan mendekam di dalamnya. Kamu perlu melakukan penyisiran di segala sudut plafonmu, kemudian tutup lubang yang sekiranya dapat menjadi jalan masuk tikus.

Pastikan semua lubang tertutup rapat agar cara mengusir tikus di plafon ini bisa efektif. Apabila di plafonmu masih ada tikus yang bersarang, lakukan pemasangan perangkap seperti cara sebelumnya.

 

3 dari 12 halaman

Semprotan Anti Tikus

Cara Mengusir Tikus di Plafon © Diadona

Selain perangkap, telah banyak semprotan anti tikus yang bisa kamu gunakan sebagai cara mengusir tikus di plafon. Cara ini cukup praktis dan tidak membutuhkan banyak tenaga.

Langkahnya cukup mudah, hanya semprotkan semprotan tikus ke area plafon dan tempat yang kerap dilalui oleh tikus. Lakukan hal ini hingga tikus pergi dari rumahmu.

4 dari 12 halaman

Lada Hitam

Cara Mengusir Tikus di Plafon © Diadona

Cara mengusir tikus di plafon juga dapat dilakukan dengan menggunakan bahan alami seperti lada hitam. Lada hitam mengandung sejenis racun piperin yang tidak disukai oleh tikus. Racun piperin ini dapat mengiritasi hidung dan membuat ketidaknyamanan bagi tikus.

Sebelum mencoba cara ini, kamu perlu membersihkan beberapa tempat atau sumber tikus bersarang agar tikus tidak mendapat celah untuk kembali bersarang di rumahmu.

5 dari 12 halaman

Minyak Essensial

Cara Mengusir Tikus di Plafon © Diadona

Minyak aromatik juga bisa jadi cara mengusir tikus di plafon. Ada beberapa aroma rempah yang tidak disukai oleh tikus, misalnya peppermint dan cengkeh. Kamu bisa menggunakan kedua aroma ini dengan memakai diffuser agar aromanya semakin menyebar ke udara.

Lakukan cara yang satu ini hingga tikus pergi dari rumahmu.

6 dari 12 halaman

Daun mint

Cara Mengusir Tikus di Plafon © Diadona

Kamu juga dapat menggunakan daun mint sebagai cara mengusir tikus di plafon. Caranya cukup mudah, tempelkan daun mint atau minyak daun mint pada karton, taruh di tempat yang biasa dilalui oleh tikus.

Tikus tidak menyukai bau menyengat dari daun mint, cara ini dijamin mampu mengusir tikus dari plafon rumahmu.

7 dari 12 halaman

Cuka

Cara Mengusir Tikus di Plafon © Diadona

Bumbu dapur lainnya yang bisa digunakan sebagai cara mengusir tikud di palfon adalah cuka. Caranya cukup simpel, teteskan cuka pada sudut ruangan atau plafon yang kerap dilewati oleh tikus. Aroma menyegat kuat dari cuka akan membuat penciuman tikus terganggu, sehingga akan pergi dari rumahmu dan dijamin tidak kembali.

8 dari 12 halaman

Suara Ultrasonik

Cara mengusir tikus di plafon rumah yang mudah selanjutnya dalah dengan memanfaatkan suara ultrasonik. Sama dengan kelelawar atau cicak, tikus tidak menyukai suara gelombang ultrasonik yang menganggu pendengaran mereka.

Kamu tidak perlu takut akan kebisingan yang ditimbulkan, sebab suara dari alat ultrasonik hanya akan didengar oleh tikus.

9 dari 12 halaman

Alat Elektromagnetik

Selain memakai suara ultrasonik, kamu juga dapat menggunakan alat elektromagnetik untuk cara mengusir mengusir tikus di plafon.

Apabila suara ultrasonik mengganggu pendengaran hewan pengerat yang satu ini. Nah, gelombang elektromagnetik ini diklaim dapat mengganggu pencernaan tikus. Sehingga tikus lama kelamaan akan merasa tak nyaman dan pergi dari rumahmu.

10 dari 12 halaman

Menggunakan Penangkal

Cara mengusir tikus di plafon adalah dengan menggunakan penangkal. Kamu bisa membeli alat penangkal tikus di market place dengan harga terjangkau yang membantumu mencegah bersarangnya tikus di plafon.

Cara yang satu ini akan mengusir tikus tanpa membunuhnya dan mencegah kawanannya berteritori masuk ke area tertentu.

11 dari 12 halaman

Amonia

Amonia merupakan musuh bau-bauan tikus. Bau zat ini mampu mengganggu penciuman tikus. Kamu dapat meletakkannya di plafon rumah dan hindari menempatkannya di ruangan rumahmu agar tidak mengganggu aroma udara.

12 dari 12 halaman

Jasa Pembasmi Tikus

Apabila kamu tidak ingin repot-repot mengeluarkan tenaga dan waktu untuk mengusir tikus, terlebih takut dengan hewan yang satu ini. Kamu dapat memanggil jasa pembasmi tikus sebagai cara mengusir tikus di plafon rumahmu.

Cara ini dijamin bikin kamu hemat waktu dan tenaga, serta tidak perlu takut dengan gerakan tikus yang menggelikan.

 

Beri Komentar