13+ Cara Menghilangkan Kutu Kasur dengan Bahan Dapur dan Alat Sederhana, Efektif!

Reporter : Aditia
Rabu, 21 Desember 2022 11:51
13+ Cara Menghilangkan Kutu Kasur dengan Bahan Dapur dan Alat Sederhana, Efektif!
Sebelum berkembang biak terlalu banyak, yuk bersihkan dengan cara sederhana ini!

Kutu kasur merupakan serangga yang sangat menganggu. Kutu kasur dapat menyebabkan gatal-gatal pada kulit karena gigitannya. Nah, kamu perlu tahu cara menghilangkan kutu kasur agar tidurmu semakin nyenyak.

Cara menghilangkan kutu kasur rupanya cukup mudah, kamu juga dapat menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemui. Kutu kasur harus segera dibasmi sebelum berkembang biak lebih banyak. Serangga ini disebut dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti scabies hingga penyakit sistem pernafasan.

Cara menghilangkan kutu kasur ini tidak bisa hanya dengan obat pembasmi serangga saja, kamu perlu menggunakan beberapa tips agar serangga yang satu ini tidak mudah berpindah ke pakaian, perabot, sofa, hingga bantal dan guling.

Kutu kasur adalah serangga yang suka meminum darah dan agresif saat malam hari, tentu ini akan menganggu jam istirahatmu. Jika kamu tidak segera melakukan cara menghilangkan kutu kasur, kutu-kutu ini akan berkembang biak dan bertelur yang membuat kasurmu semakin berbau busuk.

Nah, untuk itu kamu perlu melakukan 10 cara menghilangkan kutu kasur berikut. Simak di sini!

Cara Menghilangkan Kutu Kasur

- Cara Menghilangkan Kutu Kasur
1 dari 14 halaman

Menjemur Kasur

Cara Menghilangkan Kutu Kasur - Menjemur Kasur © Diadona

Langkah pertama cara menghilangkan kutu kasur adalah dengan menjemur kasur di bawah sinar matahari yang terik selama seharian penuh. Menjemur kasur juga akan membunuh telur-telur kutu yang akan berkembang biak.

Untuk memaksimalkan penjemuran, jangan lupa sekali-kali kamu perlu memukul-mukul kasur menggunakan kayu atau rakit khusus pemukul kasur. Ini berguna agar kutu-kutu dapat lenyap dari kasur juga merontokkan telur-telur di dalam kasur.

Selama menjemur kasur, jangan lupa bersihkan juga perlengkapan kamar tidur lain, gunakan semprotan serangga pada tiap sudut kamar agar kutu tidak berpindah ke perabotan lain.

2 dari 14 halaman

Penguapan Ketel Listrik

Cara Menghilangkan Kutu Kasur - Penguapan Ketel Listrik © Diadona

Cara menghilangkan kutu kasur yang efektif lainnya adalah dengan menggunakan ketel listrik. Langkah ini dilakukan dimulai dengan menyiapkan ketel listrik dengan menambahkan selang kecil dan menguapkannya di sepanjang jahitan pada kasur.

Untuk memaksimalkan cara menghilangkan kutu kasur ini jangan lupa untuk memastikan setiap sudut dan sela-sela kasur mendapatkan uap panas.

3 dari 14 halaman

Cuka

Cara Menghilangkan Kutu Kasur - Cuka © Diadona

Cara menghilangkan kutu kasur juga dapat menggunakan bahan sederhana nan multifungsi yaitu cuka. Caranya cukup menyemprotkan bahan ini ke kasur.

Sebagai informasi tambahan, kamu tidak perlu menambahkan air, cukup cuka murni yang kamu pindahkan ke botol semprotan lalu semprotkan secara merata pada kasur. Jangan lupa, pindahkan kasur terlebih dahulu ke luar rumah agar kutu tidak berpindah ke perabot rumahmu yang lain.

4 dari 14 halaman

Garam

Cara Menghilangkan Kutu Kasur - Garam © Diadona

Bahan sederhana yang bisa kamu gunakan untuk cara menghilangkan kutu kasur lainnya adalah dengan garam. Caranya, campurkan garam dengan air secukupnya, lalu pindahkan ke botol semprotan.

Sama seperti cuka, kamu perlu menyemprotkan larutan garam ini ke seluruh permukaan kasur dan area jahitan kasur secara merata.

5 dari 14 halaman

Silika Gel

Cara Menghilangkan Kutu Kasur - Silika Gel © Diadona

Selain sebagai bahan yang bisa membuat barang awet, silika gel juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan kutu kasur. Langkahnya cukup mudah, cukup taburkan silika gel ke seluruh kasur dan kamar.

Biasanya kutu kasur akan menempel pada silika gel dan mati dengan sendirinya.

 

6 dari 14 halaman

Kapur Barus dan Minyak Tanah

Cara Menghilangkan Kutu Kasur - Kapur Barus dan Minyak Tanah © Diadona

Cara menghilangkan kutu kasur selanjutnya adalah menggunakan minyak tanah dan kapur barus. Caranya cukup mudah. Campurkan minyak tanah dan kapur barus lalu semprotkan pada sudut yang disinyalir sebagai tempat kutu dan tungai bersarang.

Larutan dua bahan ini diklaim ampuh membunuh kawanan kutu kasur. Selain itu, dua bahan ini sangat praktis dan mudah dijumpai.

7 dari 14 halaman

Lilin

Cara Menghilangkan Kutu Kasur - Lilin © Diadona

Lilin juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan kutu kasur. Langkahnya sangat mudah. Cukup teteskan beberapa kali cairan lilin yang telah dibakar ke celah tempat kutu kasur.

Untuk takaran cairan lilin, dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan kamu. Tips ini selain alami, caranya cukup efektif untuk menghilangkan kutu kasur.

8 dari 14 halaman

Cuci Kasur dengan Air Panas

Cara Menghilangkan Kutu Kasur - Cuci Kasur dengan Air Panas © Diadona

Cara menghilangkan kutu kasur selanjutnya adalah dengan mencuci kasur dengan air panas. Jangan lupa untuk mencuci sarang bantal, boneka, sprei hingga karpet yang juga bisa menjadi sarang bagi kutu kasur.

Kamu bisa melakukannya sendiri di rumah dengan menyiapkan air panas lalu cuci bersama dengan sabun antibakteri. Jemur perlengkapan tidur di bawah sinar matahari langsung sambil sesekali dipukul.

9 dari 14 halaman

Jus Bawang

Cara Menghilangkan Kutu Kasur - Jus Bawang © Diadona

Bahan mudah yang dapat kamu temui untuk cara menghilangkan kutu kasur lainnya yakni bawang putih. Caranya, hancurkan bawang dan ambil sari airnya. Menurut penelitian, bau jus bawang yang tajam disinyalir mampu membunuh kutu kasur karena diyakini dapat menganggu saluran pernafasan serangga satu ini.

10 dari 14 halaman

Minyak Teh

Cara Menghilangkan Kutu Kasur - Minyak Teh © Diadona

Bahan sederhana untuk cara menghilangkan kutu air adalah minyak pohon teh. Caranya semprotkan minyak ini ke area kasur. Kutu tidak menyukai bau dan rasa dari minyak yang satu ini.

11 dari 14 halaman

Minyak Lavender

Cara Menghilangkan Kutu Kasur - Minyak Lavender © Diadona

Selain tidak disukai nyamuk, lavender juga tidak disukai oleh serangga pengganggu lainnya seperti kutu kasur. Kamu bisa menggunakan lavender kering yang dibungkus oleh kain atau diletakkan langsung di sekitar tempat tidur.

12 dari 14 halaman

Periksa Sudut Rumah

Cara Menghilangkan Kutu Kasur - Periksa Sudut Rumah © Diadona

Agar dapat memaksimalkan pembersihan kamar tidur dari kutu kasur, kamu perlu melakukan pemeriksaan segala sudut rumah. Hal ini perlu kamu lakukan agar kamu bisa mencegah penyebaran kutu busuk ini lebih awal.

Kutu kasur atau tungau ini suka bersarang di pinggiran serta permukaan kasur. Serangga yang satu ini juga akan mencari tempat berlindung di celah dinding, lantai, hingga di foster maupun pajangan kamar.

13 dari 14 halaman

Vacum Cleaner

Cara Menghilangkan Kutu Kasur - Vacum Cleaner © Diadona

Cara menghilangkan kutu kasur dapat kamu lakukan dengan mudah dengan vacum cleaner. Selain dapat menyedot debu, vacum cleaner akan menyedot serangga-serangga yang menganggu kasur.

Setelah kamu vacum cleaner kasurmu, semprotkan cairan antibakteri atau minyak lavender untuk mencegah kutu-kutu baru hinggap di kasur.

 

 

14 dari 14 halaman

Penyebab Kutu Kasur Bersarang

1. Berasal dari Tempat Lain atau Rumah Lain

Kutu bisa berpindah dari suatu tempat ke tempat lain. Kutu bisa bersarang di kasur, pakaian, sofa, lipatan baju, koper hingga kelambu.

2. Jarang Mencuci Perlengkapan Tidur

Kutu sangat menyukai tempat yang kotor, berbau apek, dan lembab. Nah, apabila kamu jarang mencuci perlengkapan tidurmu seperti sprei, sarung bantal dan guling maka tempat tidurmu berpotensi menjadi sarang kutu.

3. Sering Menumpuk Pakaian Kotor

Seperti yang diketahui, kutu sangat menyukai tempat lembab. Menumpuk pakaian yang bersifat lembab dapat membuat perkembangbiakan serangga ini semakin banyak di kamarmu.

 

Nah itulah tadi beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk cara menghilangkan kutu kasur dengan mudah dan sederhana. Lakukan langkahnya dengan rutin dan jangan lupa untuk selalu jaga kebersihan rumah dan perabot agar terhindar dari serangga yang berpotensi menganggu kenyamanan. Selama mencoba Diazens!

 

 

Beri Komentar