4 Cara Membuat Cetakan Pot Bunga Minimalis dengan Bahan Beton, Ga Perlu Beli!

Reporter : Aditia
Jumat, 2 Desember 2022 12:56
4 Cara Membuat Cetakan Pot Bunga Minimalis dengan Bahan Beton, Ga Perlu Beli!
Dijamin kuat dan cantik untuk dijadikan saranan media tanam di rumahmu

Menata taman tentu membutuhkan beberapa pernak-pernik pendukung seperti pot. Tak harus mengeluarkan biaya yang banyak, kamu juga bisa menciptakan pot sendiri. Cara membuat cetakan pot bunga minimalis bisa kamu lakukan agar taman rumahmu makin tertata rapi.

Cara membuat cetakan pot bunga minimalis juga tidak membutuhkan bahan yang banyak lho. Hasilnya juga bisa beragam dan bisa kamu gunakan di berbagai sudut taman atau tanaman hias yang kamu inginkan.

Salah satu cara membuat cetakan pot bunga minimalis yang paling mudah adalah menggunakan semen atau beton. Nah, berikut beberapa langkah yang bisa kamu ikuti untuk membuat pot bunga minimalis sendiri di rumah.

1 dari 4 halaman

Menyiapkan Cetakan

Langkan pertama untuk cara membuat cetakan pot bunga minimalis adalah dengan menyiapkan cetakan yang tepat. Siapkan dua buah cetakan, cetakan untuk bagian luar dan bagian dalam. Kemudian, bentuk sama persis namun dengan ukuran yang berbeda.

Cara membuat cetakan pot bunga minimalis juga harus memerhatikan selisih ukuran dua cetakan. Selisih ukuran keduanya tidak boleh kurang dari 5 cm, sebab dapat memengaruhi ketebalan pot.

Misalnya, jika kamu ingin membuat pot dengan tinggi 70 cm, maka kamu perlu membuat ketebalan pot bunga minimalis setidaknya 8,5 cm. Tinggi dan tebal ini dapat memengaruhi kekuatan pot.

2 dari 4 halaman

Melapisi Cetakan

Cara membuat cetakan pot bunga minimalis kedua adalah melapisi cetakan yang telah diukur menggunakan minyak mineral seperti bensin, solar, atau minyak tanah. Cara ini dilakukan agar kamu lebih mudah mengeluarkan cetakan nantinya.

3 dari 4 halaman

Pencetakan

Setelah melapisi cetakan, cara membuat cetakan pot bunga minimalis selanjutnya adalah dengan melaukan pencetakan. Pertama, campurkan beton di wadah atau ember yang tidak terpakai lagi. Tuangkan adonan beton tersebut dalam wadah lain untuk membuat takaran adonan sesuai keinginan kamu. Jangan lupa memakai sarung tangan untuk melindungi kulitmu.

Kemudian, letakkan beberapa batu pada dasar cetakan sebagai sarana drainase atau tempat jalan keluar air ketika kamu menyiram tanaman. Tuangkan adonan yang telah dibuat tadi ke dalam cetakan, ratakan memakai sekop.

Pastikan bagian dasar pot memiliki ukuran yang lebih tebal dibanding dinding potnya. Masukkan kembali adonan beton di dalam ruang antara dua cetakan. Pastikan setiap ruang cetakan sudah terisi dan padat hingga memenuhi cetakan.

4 dari 4 halaman

Pengeringan

Setelah penuangan adonan beton tadi, langkah cara membuat pot bunga minimalis selanjutnya adalah melakukan pengeringan. Pertama, bungkus adonan beton yang sudah dicetak tadi menggunakan plastik. Lalu diamkan selama kurang lebih 2 hari.

Untuk mengetahu apakah pot yang kamu diamkan sudah mengering, goreskan obeng ke permukaan, apabila goresan membekas pada beton, maka adonan belum kering.

Untuk mendapat hasil maksimal dan lebih keras, kamu dapat menjemurnya di bawah sinar matahari. Setelah 2 hari, lepaskan cetakan pot secara perlahan. Bersihkan pot dan diamkan selama kurang lebih 1 minggu. Bersihkan dengan lap basah agar membuat tampilan pot lebih bersih dan cerah. Setelah itu, kamu bisa menggunakan pot beton minimalis untuk diisi berbagai tanaman hias maupun bunga.

Kamu juga bisa menambahkan warna dengan mengecat pot bungamu sebagai cara membuat pot bunga minimalis kamu makin terlihat cantik.

 

Nah itu tadi cara membuat pot bunga minimalis dengan bahan beton yang sederhana dan mudah, serta dijamin kuat untuk dijadikan saranan media tanam di rumahmu.

 

Beri Komentar