7 Rekomendasi Produk Waterproofing, Solusi Tepat untuk Masalah Kebocoran dan Rembesan Air Hujan

Reporter : Yayuk Harini
Minggu, 27 September 2020 11:00
7 Rekomendasi Produk Waterproofing, Solusi Tepat untuk Masalah Kebocoran dan Rembesan Air Hujan
Musim hujan akan segera tiba, apakah hunain sudah aman dari kemungkinan rembesan air Moms?

Musim hujan memang sudah jadi langganan untuk negara beriklim tropis khususnya di Indonesia. Salah satu permasalahan yang umum terjadi adalah hunian yang biasanya mengalami kebocoran serta rembesan air. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan mengaplikasikan pelindung anti bocor atau waterproof.

Waterproofing adalah bahan pelindung kedap air yang digunakan untuk mencegah adanya air rembesan yang masuk ke dalam rumah, biasanya berasal dari dinding atau atap. Nah, cara ini umumnya sering jadi solusi saat musim hujan melanda Moms.

 
 

1 dari 7 halaman

Idealnya, pengaplikasian waterproof ini digunakan pada tahapan awal pembangunan rumah. Hal tersebut menjadi bagian dari antisipasi dan pencegahan kebocoran atau rembesan sejak awal pembangunan.

Sebaiknya pelindung anti bocor diaplikasikan pada dinding bagian luar atau pada sisi positif. Untuk mencari bahan waterproof sendiri kini sudah mudah ditemui di berbagai toko bangunan.

 

2 dari 7 halaman

Waterproofing © Diadona

Terdapat tiga macam waterproofing yang sering digunakan Moms, seperti anti bocor integral, anti bocor ini merupakan produk yang dicampurkan dengan adukan beton sebelum dicor. Kelebihan dari jenis waterproofing ini adalah selain praktis, kedap air, tentunya juga tidak mudah retak.

Selanjutnya ada pula yang berbentuk jenis lembar yang umumnya dibuat dari bahan plastik dengan permukaan yang dilapisi dengan pasir, batu atau fiber untuk memperkuat struktur. Terakhir adalah jenis coating, merupakan anti bocor yang diaplikasikan ke beton/dinding dengan menggunakan kuas atau coating.

 

3 dari 7 halaman

Beberapa ruangan yang pada umumnya diberi lapisan waterproof antara lain ruangan basement, atap dan area berair lainnya seperti kamar mandi. Beberapa produk berikut ini mungkin juga bisa Moms pilih sebagai pelindung anti air yang tepat.

1. Drylok

Produk Cat Waterproof © Diadona

Daya tahan Drylok Latex Extreme memiliki daya tahan tekanan air hingga 15 psi yang setara dengan kedalaman air 10 meter. Selain itu, produk ini juga telah bersertifikasi Green Wise®? yang terjamin aman bagi kesehatan serta lingkungan. Tak hanya itu, produk ini juga bergaransi hingga 15 tahun, lho.

 

4 dari 7 halaman

2. Aquaproof

Produk Cat Waterproof © Diadona

Produk ini menonjolkan beberapa kelebihan utama seperti catnya elastis, kedap air, tahan leleh, dan tentunya tahan lama. Selain untuk genting, cat anti bocor aquaproof juga bisa dimanfaatkan untuk tembok, talang,  serta permukaan rumah lainnya. Kelebihan lain dari cat ini yaitu bahannya yang terbuat dari polimer thixotropic bikin kualitas cat ini sangat baik.

3. Dulux 40504 Aquashield

Produk Cat Waterproof © Diadona

Cukup terkenal di Indonesia, Dulux punya produk unggulannya yaitu Dulux 40504 aquashield. kualitas cat waterproof ini dijamin dapat melindungi dari kebocoran dengan jangka waktu yang lama. Jangan salah, produk cat ini juga mampu mengering dengan cepat hanya butuh waktu 4-6 jam setelah diaplikasikan.

 

5 dari 7 halaman

4. No Drop 010

Produk Cat Waterproof © Diadona

Tak mau kalah dengan produk lainnya, Cat waterproof No Drop ini memiliki fungsi yang jauh lebih beragam lagi, dari mulai tembok, beton, asbes, galvanis, hingga terakota. Salah satu produk cat anti bocor unggulan No Drop yaitu No Drop 010 yang kedap air sekaligus anti jamur. Elastis dan tahan lama deh pokoknya.

5. Propan DLI480 Decorlotus

Produk Cat Waterproof © Diadona

Cat anti bocor Propan DLI480 Decorlotus perlu masuk dalam pertimbangan karena dilengkapi dengan teknologi canggih serta bahan berkualitas tinggi.

Teknologi Pearl Lotus Effect pada cat ini mampu melindungi atap rumah dari air hujan, lumut, jamur, serta kotoran yang merusak. bahan Teflar Fuloro Polymer dari produk ini membuat tembok yang dilapisinya bisa membersihkan sendiri.

 

6 dari 7 halaman

6. Sika Raintite

Produk Cat Waterproof © Diadona

Walau enggak setenar merek-merek cat tembok sebelumnya, namun bukan berarti produk ini tak berkualitas! Sika Raintite jadi salah satu pilihan cat waterproof yang harus masuk ke dalam pertimbangan Moms.

Selain memiliki kualitas tahan air yang sangat baik, harganya juga cukup murah dibandingkan dengan merek cat anti bocor lainnya.

 

7 dari 7 halaman

7. Welproof

Produk Cat Waterproof © Diadona

Tak hanya dapat mencegah bocor tapi juga dapat melindungi tembok dari kelembapan dan serangan jamur. Kelebihan lainnya selain harganya yang relatif murah yaitu bahannya yang disebut anti alkali. Ini berarti, cat tembok welproof juga relatif lebih aman bagi kesehatan manusia.

Nah, sudah enggak bingung lagi dong Moms mengatasi masalah kebocoran dan rembesan air hujan. Yuk, sebelum musim penghujan intens terjadi, cek dulu kondisi rumah biar tetap prima menghadapi segala macam cuaca. Semoga membantu!

 

Beri Komentar