Jangan Panik! Begini 8 Cara Mengatasi Gas Bocor dengan Mudah, Cepat dan Aman

Reporter : Arifina
Kamis, 18 April 2024 19:00
Jangan Panik! Begini 8 Cara Mengatasi Gas Bocor dengan Mudah, Cepat dan Aman
Jangan panik dulu ya! Gas bocor bisa diatasi dengan mudah kok.

Cara mengatasi gas bocor di rumah ternyata bisa dilakukan dengan mudah, cepat, dan aman nih! Alih-alih panik saat terjadi kebocoran pada tabung, kamu perlu memperhatikan cara mengatasinya dengan tepat.

Kebocoran gas di rumah bisa menjadi situasi yang berbahaya dan memicu ledakan atau kebakaran. Tak jarang kondisi ini pun bisa membuat panik pemilik rumah.

Apalagi, banyak kejadian kebakaran yang diakibatkan dari tabung gas bocor yang tidak teratasi dengan baik. Biasanya, bocornya tabung gas ini disertai suara yang mendesis.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara mengatasi gas bocor dengan aman dan tepat. Hal itu bisa dilakukan dengan mudah asal tidak terburu-buru panik ya!

Berikut cara mengatasi gas bocor di rumah dilansir diadona.id dari berbagai sumber!

1 dari 8 halaman

Identifikasi Tanda-tanda Kebocoran Gas

Cara Mengatasi Gas Bocor © Diadona

Kebocoran gas ini bisa dikenali tanda-tanda awalnya. Biasanya, hal itu tercium dari bau gas yang khas.

Kemudian, adanya suara mendesis atau desisan di sekitar pipa gas atau peralatan. Tanda lainnya, bila ada tanaman di pipa gas baik di area ruangan ataupun di luar reuangan yang dekat akan mati atau daun yang menguning.

2 dari 8 halaman

Jangan Lakukan Kontak Listrik

Setelah mengidentifikasi tanda-tanda kebocoran gas di area dalam rumah, maka hal pertama yang perlu diperhatikan adalah menghindari kontak listrik. Jangan sekali-kali menyalakan ataupun mematikan kontak listrik.

Sehingga, saat terjadinya gas bocor biarkan saja kondisi listrik sebagaimana keadaan saat itu. Hal ini karena, arus listrik mudah terdetaksi semburan gas yang bisa menjadi pemicu kebakaran.

3 dari 8 halaman

Jauhkan Barang-Barang Pemicu Nyala Api

Selain mematikan kontak listrik, hal lainnya yang harus segera dilakukan ketika gas bocor adalah menjauhkan barang-barang yang mudah terbakar. Segera saja letakkan korek api, kertas, kain, kayu dan material yang mudah terbakar berada jauh dari tabung gas yang bocor.

Sebab, gas memiliki sifat yang dapat mengisi ruang dan mudah meledak jika terdapat sumber penyebab api. Dengan menjauhkan barang-barang pemicu api maka akan mengurangi risiko terjadinya kebakaran.

4 dari 8 halaman

Cabut Regulator Tabung Gas

Cara Mengatasi Gas Bocor © Diadona

Segera setelah mendeteksi adanya kebocoran gas untuk melepas regulatornya. Dimungkinkan, kebocoran ini terjadi karena ada kerusakan pada tabungnya.

Cara ini untuk menghentikan aliran gas ke kompor. Dengan begitu, kamu bisa lebih mudah dan merasa aman bila memungkinkan untuk memindahkan tabung gas ke tempat lain.

5 dari 8 halaman

Pasang Kembali Regulator Tabung Gas

Bila memang ditemui adanya gangguan pada regulatornya, kamu bisa mengatasinya dengan mencabut dan memasangnya kembali. Hal ini guna membuat bagian mulut lubang tabung gas tertutup rapat.

Sebab, kebocoran gas bisa terjadi akibat klep pada bagian kepala gas yang tidak menutup sempurna. Jadi, pastikan saat ditemui tanda kebocoran untuk memeriksa bagian regulatornya sudah terpasang dengan benar dan rapat ya.

6 dari 8 halaman

Berikan Seal Tambahan

Biasanya, kebocoran gas disertai dengan suara desisan yang membuat cepat panik. Hal tersebut bisa kamu atasi dengan memberikan seal karet tambahan pada tabung gas.

Fungsi dari seal itu sendiri untuk memastikan bagian karetnya rapat. Sehingga tidak ada gas yang keluar dari tabung.

Apabila tidak memiliki seal, kamu bisa menggunakan lakban untuk mengatasi gas bocor. Cara penggunaannya sama dengan memasang seal pada tabung gas ya!

7 dari 8 halaman

Pastikan Ventilasi Udara Terbuka

Cara Mengatasi Gas Bocor © Diadona

Cara lainnya untuk mengatasi kebocoran pada gas yakni dengan memastikan ventilasi udara dalam kondisi terbuka. Sehingga, segera buka pintu dan jendela di sekitar area tabung gas.

Dengan begitu, maka gas di dalam ruangan bisa keluar. Lalu, pindahkan tabung gas ke tempat terbuka, dan diamkan hingga gas habis dengan sendirinya.

Gas yang bercampur dengan udara sekktar akan menjadi netral dan aman. Namun, pastikan tidak berdekatan dengan barang pemicu api ya.

8 dari 8 halaman

Tutup tabung Gas dengan Kain Basah

Bila ditemui ada percikan api pada kondisi tabung gas yang bocor maka penanganannya adalah menutup bagian titik api. Kamu bisa menyiapkan kain basah, bisa menggunakan kain seprai, karung, handukm dan lainnya.

Hal ini berfungsi untuk menghindari gas oksigen pemicu kebakaran. Kemudian, lepaskan segera regulator dan pindagkan tabung gas ke luar ruangan.

Itulah tadi cara mengatasi gas bocor dengan mudah, cepat dan aman. Tetap lakukan cara-cara di atas dengan hati-hati untuk menghindari risiko kebakaran akibat gas bocor ya! Semoga bermanfaat.

Beri Komentar