7 Penyebab Rumah Selalu Berantakan Meski Sudah Dibersihkan

Reporter : Arif Mashudi
Rabu, 17 April 2024 15:56
7 Penyebab Rumah Selalu Berantakan Meski Sudah Dibersihkan
Jangan sampai rumah jadi tidak nyaman dan nggak terawat ya

Pernah nggak sih kamu merasa kalau rumah masih terasa berantakan meskipun sudah membersihkan rumah bolak-balik. Seperti ada yang kurang gitu aja. Jadinya, rumah tidak nyaman untuk ditinggali dan kesannya tidak terawat.

Tenang, hal bisa saja karena kamu melewatkan beberapa hal penting. Misal, bisa saja karen akamu terlalu memiliki banyak barang, terlalu banyak barang yang sembarangan dan lain sebagainya. Diadona telah merangkum beberapa penyebab rumah selalu berantakan.

Jadi, untuk selengkapnya mari kita simak detail artikelnya yang ada di bawah ini ya, Diazens!

1 dari 8 halaman

Penyebab Rumah Selalu Berantakan © Diadona© Freepik.com

Terlalu Banyak Barang

Salah satu penyebab utama rumah yang selalu berantakan adalah terlalu banyaknya barang. Semakin banyak barang yang kamu miliki, semakin sulit untuk menjaga kebersihan dan kerapihan rumah. Barang-barang yang tidak terpakai atau tidak diperlukan hanya akan menumpuk dan menciptakan kekacauan.

Jadi, lakukan evaluasi menyeluruh terhadap barang-barang di rumah kamu. Pisahkan barang yang masih berguna dan yang tidak lagi dibutuhkan. Berikan atau sumbangkan barang-barang yang tidak terpakai tersebut agar tidak menumpuk di rumah.

2 dari 8 halaman

ilustrasi rumah berantakan © Diadona© remaxaberdeenblog.com

Meletakkan Barang Sembarangan

Kemudian, cara meletakkan barang-barang juga dapat mempengaruhi kebersihan rumah. Jika kamu cenderung meletakkan barang sembarangan setelah menggunakannya, maka otomatis rumah akan terlihat berantakan dengan cepat.

Berusahalah untuk memiliki tempat penyimpanan yang jelas dan terorganisir untuk setiap barang. Biasakan meletakkan barang setelah digunakan di tempatnya dengan baik. Jika memungkinkan, beri label pada tempat penyimpanan untuk memudahkan dalam menemukan kembali barang-barang tersebut.

3 dari 8 halaman

Penyebab Rumah Selalu Berantakan © Diadona© Freepik.com

Tempat Tidur Berantakan

Selanjutnya, tempat tidur yang berantakan dapat membuat kamar terlihat berantakan meskipun bagian lainnya sudah rapi. Menyisakan tempat tidur yang berantakan juga dapat membuat kamu merasa kurang nyaman dan sulit untuk bersantai di kamar tidur.

Kamu bisa mencoba membiasakan diri untuk merapikan tempat tidur setiap pagi setelah bangun tidur. Ini tidak hanya akan membuat kamar tidur terlihat lebih rapi, tetapi juga akan membantu kamu untuk memulai hari dengan suasana yang lebih baik.

4 dari 8 halaman

Penyebab Rumah Selalu Berantakan © Diadona© Freepik.com

Menumpuk Piring Kotor

Penyebab rumah selalu berantakan yang selanjutnya adalah menumpuk piring kotor di dapur setelah makan. Menumpuknya piring kotor dapat menciptakan kesan berantakan dan memancing timbulnya bau tidak sedap di rumah kamu loh Diazens.

Usahakan untuk langsung mencuci piring secara teratur setelah selesai makan. Jika memungkinkan, ajak anggota keluarga lainnya untuk membantu dalam membersihkan piring agar beban pekerjaan tidak terlalu berat bagi kamu sendiri.

5 dari 8 halaman

Penyebab Rumah Selalu Berantakan © Diadona© Freepik.com

Mainan Anak Berserakan

Lalu, mainan anak yang berserakan akan membuat rumah terasa berantakan. Untuk mengatasinya, kamu bisa membuat wadah penyimpanan yang mudah diakses untuk mainan anak-anak, seperti kotak penyimpanan atau rak khusus mainan.

Selain itu, jangan lupa untuk mengajari anak-anak untuk membersihkan mainan mereka setelah selesai bermain. Lakukan rutinitas membersihkan mainan secara berkala bersama anak-anak untuk mengajarkan pentingnya kebersihan dan kerapihan di dalam rumah.

6 dari 8 halaman

Penyebab Rumah Selalu Berantakan © Diadona

Kabel Berantakan

Kabel berantakan juga salah satu faktor yang membuat rumah terlihat berantakan loh Diazens. Kabel elektronik yang berantakan dapat membuat ruangan terlihat berantakan dan berpotensi membahayakan keselamatan, apalagi kalau ada anak kecil di rumah.

Untuk mengatasi hal tersebut kamu bisa menggunakan pengikat kabel atau organizer kabel untuk menjaga kabel tetap teratur dan tersembunyi di belakang meja atau perabotan. Atau kamu juga bisa melabeli kabel untuk mengidentifikasi kabel-kabel yang berbeda, sehingga lebih mudah untuk mengelolanya.

7 dari 8 halaman

Penyebab Rumah Selalu Berantakan © Diadona

Terlalu Banyak Hiasan Dinding

Terakhir nih, pastikan rumah kamu tidak terlalu banyak hiasan dinding ya. Pasalnya, selain membuat rumah terlihat berantakan, terlalu banyak hiasan dinding juga membuat ruangan terasa begitu sempit dan sesak.

Jadi, cukup pilih hiasan dinding yang paling kamu sukai saja. Kemudian, jangan lupa untuk menyesuaikan ukuran hiasan dinding dengan ukuran ruangan untuk menciptakan tampilan yang seimbang dan tidak terlalu penuh.

Jadi itu ya beberapa penyebab rumah selalu berantakan yang bisa kamu jadikan refleksi. Dengan begini jadi tahu kan mana yang harus dilakukan agar rumah terlihat bersih dan rapi.

Beri Komentar