12 Ide Molding Dinding, Bikin Rumah Terlihat Berkelas, Makin Estetik dan Modern

Reporter : Arifina
Selasa, 12 Maret 2024 17:00
12 Ide Molding Dinding, Bikin Rumah Terlihat Berkelas, Makin Estetik dan Modern
Hunian semakin cantik dan menarik banget dengan model molding dinding lho!

Wall molding atau molding dinding, biasa disebut juga sebagai sekat hias. Ini adalah salah satu elemen dekoratif yang banyak dicari untuk desain interior rumah.

Sentuhan-sentuhan yang diberikan oleh molding dinding di setiap desainnya akan mampu menghasilkan tampilan yang elegan dan klasik untuk hunian rumah. Jika kamu menggunakannya, bisa dijamin area rumah bakal semakin estetika dan modern.

Dilansir dari Scribd Id, Antokin xx mengatakan, dekorasi moulding dinding saat ini banyak dijumpai dalam rumah bergaya klasik maupun minimalis. Teknik ini dapat membuat rumah terlihat lebih rapi dan estetik.

Tertarik untuk mencoba desain molding dinding di hunian rumah yang kamu miliki? Berikut ini diadona.id rangkumkan ide desain molding dinding yang cantik, dan elegan!

1 dari 13 halaman

Picture Frame Molding Dinding

Molding Dinding © Diadona

Picture frame molding jenis model yang menggunakan minimal empat potongan trim berukuran seperempat hingga dua inci. Tujuannya untuk menciptakan dekorasi bingkai foto di dinding.

Dekorasi ini menarik perhatian ruang kosong di atas bagian dinding. Selain itu, picture frame molding juga membantu mengisi dinding besar dan kosong.

Kamu dapat membuat cetakan yang tetap sederhana atau mengubah ukuran trim dan detail untuk menambah daya tarik visualnya ya. Desain dinding satu ini cocok untuk dinding besar dan kosong.

2 dari 13 halaman

Molding Dinding Shiplap

Molding Dinding © Diadona

Desain molding dinding shiplap awalnya dirancang untuk penggunaan eksterior, mengacu pada jenis papan yang digunakan untuk membuat geladak kapal.

Shiplap kini juga digunakan untuk melapisi dinding interior sebelum adanya kayu lapis dan drywall. Wall moulding ini disukai untuk menambahkan detail pada interior.

Dengan desain ini, area ruangan bakal memberikan tekstur dan dimensi yang menarik pada dinding.

3 dari 13 halaman

Crown & Baseboard Molding Dinding

Molding Dinding © Diadona

Crown & baseboard molding dinding menampilkan dua jenis cetakan dinding yang paling umum. Cetakan crown ditempatkan pada persimpangan dinding dan langit-langit.

Crown & baseboard moulding digunakan untuk menutup celah dan menciptakan tampilan yang lebih mewah. Baseboard bersifat dekoratif dan fungsional, diletakkan antara bagian bawah dinding dan lantai untuk menutupi bagian yang tidak rata.

Selain memberikan kesan dekoratif, cetakan ini juga melindungi bagian bawah dinding dari kerusakan akibat air atau faktor lain yang dapat merusak struktur.

4 dari 13 halaman

Molding Dinding Wainscoting

Molding Dinding © Diadona

Wainscoting adalah jenis cetakan tradisional yang telah digunakan sejak lama. Biasanya model ini dipasang pada sepertiga hingga setengah bagian dinding dan lantai.

Kemudian, pemasangan molding dinding ini ditutup dengan trim kayu yang lebih besar untuk menutupi tepi kasarnya. Model yang satu ini akan memberikan kesan tradisional dan elegan pada hunian rumah lho!

5 dari 13 halaman

Board & Batten Molding Dinding

Molding Dinding © Diadona

Board & Batten awalnya digunakan pada eksterior rumah dan gudang. Model dinding satu ini mengacu pada penggunaan potongan kayu dan panel yang lebih lebar.

Tujuannya, tak sekedar estetika semata tapi juga untuk menciptakan pola geometris berlapis. Ide wall moulding ini dapat digunakan di setiap ruangan rumah.

Jika kamu menerapkannya, maka rumah akan memberikan kesan pedesaan tapi dengan sentuhan unik dan modern.

 

6 dari 13 halaman

Molding Dinding Sampai Atap

Molding Dinding © Diadona

Kalau desain molding dinding panjang lurus sampai ke atap ini bakal mempercantik area rumah minimalis kamu. Sehingga, tempat dengan peletakan molding dinding tersebut justru akan terlihat menarik dan mewah.

Penempatan desain ini pada ruangan seakan menciptakan tambahan dekorasi pada atap rumah lho! Menyatukan dinding dengan atap begini juga memberi kesan ruangan lebih tinggi.

 

7 dari 13 halaman

Molding Dinding Asimetris

Molding Dinding © Diadona

Buat kamu yang suka dengan tampilan dinding simpel tapi tidak pasaran, desain asimetris ini bisa jadi pilihan. Molding dinding asimetris akan memberikan kesan yang menarik pada dinding.

Teknik ini tidak memberikan batasan, sehingga kamu dapat mendesain molding dinding sesuai selera. Berkreasilah untuk menciptakan hunian yang estetik tapi juga tetap terkesan elegan.

 

8 dari 13 halaman

Molding Dinding Abstrak

Molding Dinding © Diadona

Desain molding dinding abstrak juga bisa banget dijadikan referensi untuk interior rumah lho! Penempatan model dinding rumah ini bakal memberikan kesan yang lebih unik untuk hunian kamu.

Kombinasikan garis, lengkungan, serta warna agar kesan abstrak pada desain tetap terlihat estetik ya. Kamu bisa memilih warna-warna netral seperti hitam untuk mempertahankan suasana elegan.

 

9 dari 13 halaman

Molding Dinding Sisik Ikan

Molding Dinding © Diadona

Menarik dan unik, molding dinding desain sisik ikan ini bisa untuk dijadikan referensi. Tidak perlu khawatir terlihat berlebihan, sebab tampilannya justru akan memperlihatkan kesan uang unik.

Model sisik ikan pada dinding rumah begini juga akan menjadikan area seakan memiliki hiasan pada dinding. Namun, jangan asal dalam menempatkan model desain ini ya.

Sebaiknya, letakkan model molding dinding sisik ikan ini di salah satu sudut bagian dinding saja. Sebab, jika penuh justru akan menampilkan ruangan yang ramai dan terlihat penuh.

 

10 dari 13 halaman

Molding Dinding Classy

Molding Dinding © Diadona

Tipe desain yang satu ini akan menggambarkan kesan classy pada rumah kamu lho! Warna gelap ditambah dengan akses kayu pada molding dinding juga bakal menampilkan ruangan yang vintage namun juga terlihat modern.

Bahkan, kombinasi warna gelap untuk ruangan yang senada dengan interior bakal membuat lebih menarik dan sejuk. Untuk memperkuat keasn klasik pada ruangan, kamu bisa memberikan warna-warna cat netral pada desain ini ya.

 

11 dari 13 halaman

Molding Dinding dengan Kaca Minimalis

Molding Dinding © Diadona

Nah, untuk desain yang satu ini kamu akan menjadikan ruangan terlihat lebih mewah dan berkelas banget lho! Ya, penambahan aksen kaca akan menciptakan ruangan juga terlihat makin luas.

Kaca yang dipadukan dengan dinding seakan terlihat seperti interior tempel yang menarik. Alhasil, ruangan pun tak hanya estetik tapi juga semakin menyenangkan.

 

12 dari 13 halaman

Molding Dinding Model Cross X

Molding Dinding © Diadona

Model molding dinding cross X disebut juga cuss cross. Biasanya, desain ini digunakan oleh penghuni yang menyukai tampilan-tampilan atraktif.

Biar tidak terlihat berlebihan, kamu bisa membuat model desain ini untuk bagian setengahnya saja. Pastikan memilih warna-warna cerah pastel agar kesan klasik tetap terasa ya.

 

13 dari 13 halaman

Tips Penggunaan Molding Dinding

Ada beberapa tips agar peletakan molding dinding bisa tepat sesuai kebutuhan. Di antaranya sebagia berikut:

Penempatan Pada Dinding Besar dan Kosong:
Dengan menempatkan molding dinding ini akan menambah daya tarik visual hunian.

  • Penempatan Pada Ruangan Kecil: Dengan begitu, hal ini akan mempercantik lorong, tangga, dan kamar mandi.
  • Bedakan Molding Dinding Antar Ruangan: Gunakan wall moulding berbeda untuk membedakan beberapa ruangan. Misal, jika rumah memiliki konsep terbuka, gunakan shiplap untuk area dapur dan wainscoting di area ruang makan di sebelahnya.
  • Disarankan Ditempatkan di Ruang Lembab: Molding dinding justru sangat disarankan untuk ditempatkan di area ruangan yang lembab seperti kamar mandi dan dapur.
  • Tempatkan Molding Dinding di Langit-Langit: Ini untuk mengisi langit-langit yang besar dan kosong. Sehingga lebih terlihat menarik dipandang.

Itulah ide desain molding dinding yang bisa kamu jadikan referensi dalam penataan interior rumah. Dengan beberapa model tersebut, maka hunian akan semakin estetik, berkelas dan elegan lho! Semoga bermanfaat.

Beri Komentar