7 Cara Menghilangkan Coretan Pilox di Tembok, Tak Perlu Repot Cat Ulang

Reporter : Arifina
Jumat, 22 Maret 2024 17:17
7 Cara Menghilangkan Coretan Pilox di Tembok, Tak Perlu Repot Cat Ulang
Ternyata pembersihan coretan pilox bisa dilakukan dengan mudah lho!

Cara menghilangkan coretan pilox di tembok bisa dilakukan dengan mudah. Bahkan, tanpa perlu mengecat ulang, tembok juga bisa kembali bersih.

Coretan pilox di tembok memang bisa membuat jengkel. Apalagi, jika hal itu menghiasi area rumah, akan membuatnya terlihat kotor dan sangat menganggu estetika.

Cat semprot yang mengotori bagian tembok rumah tidak bisa asal dihilangkan dengan air atau diusap dengan kain basah. Kamu harus menggunakan pembersih warna khusus cat tembok untuk membersihkannya.

 

1 dari 8 halaman

Cara Menghilangkan Coretan Pilox © Diadona

Namun, tidak perlu khawatir berlebih karena kamu bisa mengatasi hal tersebut dengan mudah. Beberapa cara membersihkan noda di tembok termasuk coretan pilox bisa dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan sehari-hari lho!

Meski tanpa pengecatan ulang, kamu bisa membuat tembok di rumah kembali seperti sedia kala. Berikut cara menghilangkan coretan pilox di tembok yang dirangkumkan diadona.id dari berbagai sumber dengan mudah!

 

2 dari 8 halaman

Pakai Pelarut Cat

Cara membersihkan coretan pilox pada tembok salah satunya bisa dilakukan dengan menggunakan bahan pelarut. Kamu bisa gunakan bahan pelarut berupa thinner atau pengecer cat.

Hal itu bisa dilakukan dengan mudah, kamu cukup menuangkan thinner pada kain bersih. Kemudian, gosok coretan cat pilox di tembok menggunakan kain tersebut.

Cara lainnya, kamu juga bisa menggunakan botol semprotan. isi botol semprot dengan larutan thinner, lalu tinggal semprotkan pada permukaan tembok yang ingin dibersihkan.

Tunggu selama 15-20 menit, dan bersihkan dengan kain atau spons yang telah dibasahi. Pembersihan ini bisanya untuk coretan pada cat Lateks berbasis Air (Water-Based Latex Paint).

 

3 dari 8 halaman

Baking Soda

Cara Menghilangkan Coretan Pilox © Diadona

Pembersihan tembok dari coretan pilox juga bisa dilakukan dengan bahan-bahan rumahan lainnya. Salah satunya, dengan penggunaan baking soda.

Umumnya, penggunaan baking soda ini cocok untuk pembersihan pada jenis cat tembok berbahan dasar minyak. Caranya mudah, kamu bisa menghilangkan coretan cat pilox dengan mencampurkan baking soda dan air.

Kemudian, masukkan campuran tersebut ke dalam botol semprotan dan semprotkan pada bagian yang ingin dibersihkan. Diamkan selama 15 menit lalu bersihkan menggunakan kain atau spons.

 

4 dari 8 halaman

Bersihkan dengan Air Sabun

Air sabun juga bisa menjadi salah satu cara ampuh untuk memghilangkan coretan pilox di tembok. Caranya, campur deterjen cain dengan air hangat hingga larut.

Kemudian, gunakan spons atau kain halus lalu gosokkan pada bagian tembok yang ingin dibersihkan. Lalu, bilaslah permukaan tembok dengan air bersih.

Penggunaan air sabun ini akan membantu menghilangkan residu bahan pembersih lainnya pada tembok yang mungkin tertinggal. Cara ini juga dapat memberikan hasil yang bersih dan rapi.

 

5 dari 8 halaman

Pakai Pasta Gigi

Ilustrasi Pasta Gigi © Diadona

Nah, cara lainnya yang juga ampuh dalam menghilangkan noda coretan pilox di tembok dengan menggunakan pasta gigi. Namun, dalam hal ini pilihlah jenis pasta gigi non-abrasif.

Cukup oleskan pasta gigi ke bagian tembok yang tercoret pilox. Kemudian, gosok perlahan menggunakan sikat gigi bekas. Setelah itu, bilas hasil pembersihan tembok dengan air.

 

6 dari 8 halaman

Gunakan Minyak Zaitun

Cairan lembut pada minyak zaitun juga bisa digunakan untuk menghilangkan noda coretan pilox pada tembok lho. Penggunaannya pun cukup praktis dan mudah banget nih!

Kamu hanya perlu menyiapkan minyak zaitun dan kain. Lalu, tuangkan minyak zaitun pada permukaan kain dan gosokkan pada coretan pilox di tembok.

Diamkan selama beberapa menit, kemudian bersihkan dengan sabun dan air. Tembok akan kembali bersih deh!

 

7 dari 8 halaman

Gunakan Alkohol

Cara Menghilangkan Coretan Pilox © Diadona

Alkohol dapat menjadi solusi yang efektif untuk menghilangkan coretan pilox pada tembok. Dalam hal ini kamu dapat menggunakan alkohol isopropil atau bahkan alkohol biasa yang bisa tersedia di rumah.

Caranya, basahi kain bersih dengan alkohol dan usaplah coretan pilox ditembok yang ingin dibersihkan dengan lembut. Pastikan sebelumnya untuk menguji area kecil terlebih dahulu ya.

Hal itu untuk memastikan jika alkohol tidak merusak cat tembok. Sehingga, hasil pembersihan akan sempurna.

 

8 dari 8 halaman

Gunakan Produk Pembersih Khusus

Jika coretan pilox terlalu sulit dihapus dengan metode sederhana, kamu mungkin perlu menggunakan produk pembersih khusus. Ada beberapa produk pembersih yang dirancang khusus untuk menghilangkan coretan cat semprot dari berbagai permukaan, termasuk tembok.

Kamu bida mendapatkan produk pembersih tersebut di toko-toko bangunan. Pastikan untuk mengikuti petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan agar hasilnya bersih maksimal.

Itulah sederet cara menghilangkan coretan pilox di tembok. Pilihlah metode yang sesuai dengan jenis cat pilox dan kondisi tembok. Semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar