Cara Membuat Kotak Kado dengan Mudah dan Simple namun Tetap Terlihat Elegan

Reporter : Novi Hardita Larasati
Jumat, 11 September 2020 08:24
Cara Membuat Kotak Kado dengan Mudah dan Simple namun Tetap Terlihat Elegan
Inilah cara membuat kotak kado sederhana dan mudah untuk dipraktikkan.

Pada umumnya saat pergi ke tempat pesta pernikahan atau ketempat undangan lainnya kebanyakan orang pasti membawa kado. Berbicara masalah kado, tentu tidak terlepas dari kotak tempat memasukkan isi kado.

Tapi, apakah kamu pernah terfikirkan untuk belajar cara membuat kotak kado sendiri agar lebih hemat dan bisa menyesuaikan seleramu? Mungkin sebagian dari kalian saja, dan sebagian lagi beranggapan bahwa membuat kotak kado sendiri membutuhkan keterampilan yang sudah dimiliki sejak dini.

Eits, jangan salah. Cara membuat kotak kado sendiri di rumah bisa dilakukan oleh semua orang, kok. Memang hanya saja dibutuhkan kesabaran serta kreativitas yang tinggi agar lebih menarik perhatian.

Nah, kalau kamu penasaran cara membuat kotak kado dengan mudah dan simple, langsung saja simak ulasan berikut ini yang telah dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 3 halaman

Cara Membuat Kotak Kado dari Karton

Cara Membuat Kotak Kado © Diadona

Cara membuat kotak kado sebenarnya sangat sederhana, sebab kamu bisa menggunakan bahan dari barang-barang yang tidak terpakai seperti kertas koran bekas, kardus, karton yang tidak terpakai, atau bisa juga cover majalah yang sudah tidak terpakai. Artinya semua bisa kamu gunakan sebagai media untuk membuat kotak kado.

Untuk kali ini, kami akan membahas cara membuat kotak kado dari karton. Penasaran? Yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Alat dan Bahan yang Perlu Disiapkan:

- Pensil
- Gunting
- Selotip
- Penggaris
- Lem kertas
- Kertas kado (motif sesuai selera)
- Karton (bisa dari kardus bekas atau karton yellow)

Setelah semua bahan dan alat telah disiapkan, selanjutnya kamu bisa mengkuti langkah dari cara membuat kotak kado dari karton.

1. Langkah pertama cara membuat kotak kado dari karton ialah buatlah pola pada kertas karton dengan ukuran yang kamu inginkan.

2 dari 3 halaman

Cara Membuat Kotak Kado © Diadona

2. Setelah membuat pola, selanjutnya kamu bisa memotong pola tersebut dengan cutter atau gunting (usahakan lurus supaya hasilnya rapi).

3. Cara membuat kotak kado berikutnya adalah letakan kertas kado di bawah pola kertas karton tersebut, lalu potong kertas kado sesuai pola namun dilebihkan sedikit untuk area pengeleman nantinya.

4. Karton yang sudah dipotong dan kertas kado (pelapis) yang juga sudah kamu potong tadi, selanjutnya lapisi lem secera merata dan tempelkan.

5. Kalau kertas kado sudah kamu tempelkan pada kertas karton, maka cara selanjutnya ialah rekatkan bagian pinggir (pola box) sampai menjadi kotak dengan menempelkan selotip pada bagian pinggir karton.

6. Kemudian, kamu bisa membungkus seluruh kotak kado tersebut dengan kertas kado sesuai dengan pola yang belum kamu tempeli kertas kado.   

7. Langkah terkahir adalah membuat tutupnya. Untuk langkah membuat tutup sama dengan seperti di atas. Namun, agar terlihat lebih menarik dan cantik kamu bisa menambahkan pita atau aksesoris lainnya. Selesai.

3 dari 3 halaman

Cara Membuat Kotak Kado dari Kardus

Cara Membuat Kotak Kado © Diadona

Selain menggunakan media karton, kamu juga bisa menggunakan kardus sebagai langkah cara membuat kotak kado yang unik dan simple, lho!

Alat dan Bahan:

- Lem
- Penggaris
- Kardus bekas
- Gunting/cutter

Cara pembuatan:

1. Tahap pertama adalah buatlah skema layaknya membuat box menggunakan pensil. Untuk membuat skemanya, kamu bisa melihat melalui internet atau cukup dengan memikirkannya sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan.

2. Kalau sudah, lipat bagian-bagian yang harus dilipat. Tapi kalau kamu mengalami kesulitan dalam melipat karena kardus yang cukup tebal, kamu bisa menggunakan alat bantu pisau untuk melipatnya.

3. Setelah membuat lipatan, selanjutnya mengoleskan lem pada kardus. Tapi ingat, tidak semua permukaan kardus harus diolesi lem, sehingga oleskan lem pada bagian yang harus dilipat dan pastikan lem tersebut mengering agar lem dapat merekat dengan baik.

4. Langkah terakhir cara membuat kotak kado dari kardus adalah gunakan kertas kado atau kertas lainnya sebagai lapisan kardus. Namun, sebelumnya ukurlah kertas tersebut sesuai dengan ukuran kardus yang sudah kamu buat.

Itulah cara membuat kotak kado yang unik dan simple. Dengan begitu, kamu pun bisa mengasah kreativitas dan keterampilanmu selama ini. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar