Apa yang Perlu Dipersiapkan Bila Anak Ingin Masuk Kelas Akselerasi?

Reporter : Riza Umami
Kamis, 11 Mei 2023 14:17
Apa yang Perlu Dipersiapkan Bila Anak Ingin Masuk Kelas Akselerasi?
Ini nih beberapa hal penting yang perlu dipersiapkan, Mom.

Kelas akselerasi adalah program pendidikan yang dirancang khusus untuk anak-anak yang memiliki kemampuan akademik di atas rata-rata dan memerlukan tantangan dan kurikulum yang lebih cepat dan lebih menantang.

Program ini menawarkan pendidikan yang lebih cepat, lebih dalam, dan lebih kompleks dari kurikulum biasa sehingga memungkinkan anak-anak tersebut untuk mengejar potensi akademik mereka yang sebenarnya.

1 dari 6 halaman

ilustrasi anak belajar di sekolah © Diadona

Jika Mom berencana untuk memasukkan anak ke dalam program kelas akselerasi, persiapannya bisa menjadi tugas yang menantang. Kelas akselerasi menawarkan kurikulum yang lebih cepat dan lebih menantang daripada program kelas reguler, sehingga menuntut persiapan yang lebih matang.

Nah, berikut ini beberapa hal yang perlu dipersiapkan bila ingin memasukkan anak ke kelas akselerasi.

2 dari 6 halaman

Konsultasikan dengan Pihak Sekolah

Ilustrasi Anak Sekolah © Diadona

Sebelum mendaftarkan anak untuk masuk ke kelas akselerasi, sebaiknya Mom berkonsultasi terlebih dahulu dengan pihak sekolah untuk mendapatkan informasi yang lebih jelas tentang program kelas akselerasi yang ditawarkan.

3 dari 6 halaman

Perhatikan Kemampuan dan Kebutuhan Anak

Ilustrasi Anak Belajar © Diadona

Pastikan bahwa anak memiliki kemampuan akademik yang memadai untuk mengikuti program kelas akselerasi. Selain itu, perhatikan juga kebutuhan sosial dan emosional anak agar tidak terjadi kesulitan di kemudian hari.

4 dari 6 halaman

Latihan dan Persiapan

Ilustrasi Anak Belajar © Diadona

Anak perlu dilatih dan dipersiapkan dengan materi-materi yang akan dipelajari di kelas akselerasi agar bisa mengikuti dengan baik. Banyak sumber belajar seperti buku-buku referensi, video tutorial, atau les privat yang bisa dimanfaatkan untuk membantu anak mempersiapkan diri.

5 dari 6 halaman

Motivasi dan Dukungan

Ilustrasi anak belajar di rumah © Diadona

Orang tua perlu memberikan motivasi dan dukungan yang cukup untuk anak agar merasa termotivasi untuk belajar dan merasa nyaman di lingkungan kelas akselerasi.

6 dari 6 halaman

Perencanaan dan Manajemen Waktu

Ilustrasi anak belajar © Diadona

Pastikan bahwa anak memiliki jadwal belajar yang teratur dan disiplin dalam mengatur waktu agar bisa mengimbangi beban tugas dan tanggung jawab di kelas akselerasi dengan aktivitas di luar kelas.

Yang gak kalah penting yaitu kemauan anak untuk mengikuti kelas akselerasi karena program kelas percepatan ini memang gak mudah dijalani terutama oleh siswa. Itulah beberapa hal yang perlu orang tua persiapkan jika ingin memasukkan anaknya ke kelas akselerasi. Semoga ulasan ini membantu ya.

Beri Komentar