6 Cara Membersihkan Selang Air Berlumut dengan Alat Seadanya, Dijamin Efektif!

Reporter : Aditia
Kamis, 10 November 2022 13:24
6 Cara Membersihkan Selang Air Berlumut dengan Alat Seadanya, Dijamin Efektif!
Begini cara membersihkan selang air berlumut agar bersih dan tidak bau dengan alat seadanya

Air merupakan salah satu elemen terpenting di rumah. Air yang kotor menjadi penyebab datangnya berbagai penyakit. Salah satu penyebab kotornya air adalah selang yang berlumut, kamu perlu mengetahui cara membersihkan selang air berlumut agar tidak menimbulkan bakteri yang berbahaya bagi tubuh.

Munculnya lumut merupakan hal yang wajar, sebab mengalirnya air dapat menyebabkan selang menjadi selalu lembab dan membawa kotoran sehingga mengendap menjadi lumut. Cara membersihkan selang air berlumut cukup mudah, ini penting kamu lakukan agar air lebih bersih dan tidak bau.

Untuk membersihkan saluran air, ikuti beberapa tips dan cara membersihkan selang air berlumut ini dengan alat seadanya dan mudah. Simak artikel lengkapnya berikut.

1 dari 6 halaman

Gunakan Sponge

Cara Membersihkan Selang Air Berlumut - Sponge © Diadona

Cara membersihkan selang air berlumut yang pertama adalah menggunakan sponge. Sponge dapat mudah kamu jumpai di minimarket mau pun warung kelontong terdekat.

Caranya cukup mudah, pertama potong sponge seukuran lubang selang air. Kemudian masukkan potongan sponge tersebut ke dalam selang hingga memenuhi ruang selang.

Alirkan air yang deras untuk mendorong sponge ke ujung sponge lainnya, sponge akan mendorong kotoran dan lumut keluar, selang air pun menjadi bersih.

 

2 dari 6 halaman

Memakai Batang Bambu atau Ranting Pohon

Cara Membersihkan Selang Air Berlumut - Ranting Bambu © Diadona

Kamu juga dapat menggunakan batang bambu atau ranting pohon sebagai cara membersihkan selang air berlumut.

Untuk menggunakan kedua bahan ini, pertama kamu siapkan ranting bambu atau ranting pohon. Kemudian lapisi ranting tersebut dengan kain, tujuannya agar selang air tidak kena bagian ranting yang tajam dan pecah.

Lalu, pukul-pukullah selang hingga lumut rontok. Alirkan kembali air yang deras ke selang hingga lumut dan kotoran yang telah rontok tadi keluar.

3 dari 6 halaman

Menggunakan Kerikil atau Pecahan Batu Bata

Cara Membersihkan Selang Air Berlumut - Kerikil © Diadona

Mudah dan sederhana, cara membersihkan selang air berlumut selanjutnya adalah menggunakan kerikil atau pecahan batu bata.

Langkah-langkahnya sangat mudah. Kumpulkan beberapa kerikil atau pecahan batu mata yang kecil. Masukkan ke dalam selang air.

Alirkan air yang deras di selang air, lumut dan kotoran akan keluar dan terbawa oleh kerikil dan pecahan batu bata.

4 dari 6 halaman

Gunakan Bahan Kimia Pembersih Kerak

Cara Membersihkan Selang Air Berlumut - Pembersih Kerak © Diadona

Apabila Diazens ingin tahu cara membersihkan selang air berlumut yang lebih instant. Maka, bahan kimia pembersih kerak bisa jadi solusi.

Masukkan cairan pembersih kerak ke dalam selang secukupnya, lalu masukkan sedikit air, dan diamkan sejenak sesuai instruksi di kemasan pembersih agar bereaksi. Lalu masukkan sponge seperti langkah 1, kemudian dorong menggunakan air yang deras.

5 dari 6 halaman

Jemur di Bawah Sinar Matahari

Cara Membersihkan Selang Air Berlumut - Dijemur © Diadona

Cara membersihkan selang air berlumut yang paling mudah adalah dengan mengeringkan selang di bawah sinar matahari. Hal ini dilakukan agar lumut di dalam selang menjadi kering dan rontok sehingga mudah untuk dibersihkan.

Pertama, jemur selang air di bawah sinar matahari selama 2 hingga 3 hari. Kamu juga dapat sambil menginjak-nginjak selang atau memukulnya dengan ranting dilapisi kain agar lumutnya terlepas. Gulingkan sisi selang hingga seluruh lumut di ruang selang mengering.

6 dari 6 halaman

Alirkan Air yang Cukup Deras

Cara Membersihkan Selang Air Berlumut - Mengalirkan Air © Diadona

Setelah selang kering dan lumut terlepas dari selang air, cara membersihkan selang air berlumut yang terakhir adalah dengan mengalirkan air yang cukup deras agar kerak lumut yang membandel dapat keluar bersamaan dengan air.

Nah itu tadi 6 langkah cara membersihkan selang air berlumut yang mudah dan dengan alat yang sederhana. Selang yang bersih akan mengalirkan air yang berkualitas dan menggunakan air untuk keperluan rumah tangga pun jadi lebih nyaman.

Apabila kamu memiliki selang yang berlumut, yuk coba terapkan 6 cara membersihkan selang air berlumut di atas. Semoga membantu ya!

 

 

Beri Komentar