Cara Membersihkan Kaca Jendela yang Berjamur, Berkerak, dan Terkena Cat

Reporter : Arif Mashudi
Kamis, 15 Juni 2023 12:00
Cara Membersihkan Kaca Jendela yang Berjamur, Berkerak, dan Terkena Cat
Gampang gampang susah sih emang~

Kaca jendela adalah salah satu bagian rumah yang paling rawan kotor. Meski tingkat kotornya tidak parah, terkena debu, air hujan, dan juga panas akan membuat kaca bisa menjadi berjamur atau bahkan bisa menjadi berkerak loh.

Selain itu, jika kamu sedang mengecat tembok atau bagian tertentu jendela, kaca huga akan rawan terkena cipratan cat yang cukup sulit untuk dibersihkan. Tapi tenang, Diadona telah merangkum beberapa cara membersihkan kaca jendela yang berjemur, berkerak, hingga yang terkena noda cat.

Nggak perlu lama-lama, langsung saja kita simak beberap acaranya di bawah ini ya. Yuk, check these out!

1 dari 6 halaman

Cara Membersihkan Kaca Jendela yang Berjamur

Cara Membersihkan Kaca Jendela yang Berjamur, Berkerak, dan Terkena Cat © Diadona

Kaca jendela yang berjamur bisa dikatakan cukup mudah untuk membersihkannya. Ada banyak cara yang bisa kamu coba, kamu bisa menggunakan bahan alami atau pun bahan kimia yang tentu saja sama-sama efektif.

Pertama, kamu bisa memanfaatkan air perasan lemon. FYI, air lemon ini mengandung asam yang berfungsi untuk menghilangkan kamur pada kaca atau cermin. Kandungan asam tersebut juga cukup efektif untuk membuat kaca atau cermin kembali jernih.

Caranya cukup mudah kok Diazens, kamu hanya perlu menyemprotkan atau menuangkan air lemon pada permukaan kaca atau cermin. biarkan beberapa menit agar hasilnya lebih maksimal. Kemudian usap menggunakan kain yang bersih.

2 dari 6 halaman

Untuk bahan kimia kamu bisa menggunakan deterjen. Iya, selain sebagai pencuci pakaian, sabun ini bisa kamu gunakan untuk membersihkan noda dan jamur yang terdapat pada kaca atau cermin.

Caranya juga nggak kalah mudah. Jadi, campurkan detergen bubuk dengan sedikit air. Lalu, gosokkan hingga merata pada permukaan kaca. Diamkan beberapa menit dan bilas dengan air bersih. Tetapi, jika kamu menggunakan detergen cair, nggak perlu mencampurkannya dengan air ya.

3 dari 6 halaman

Cara Membersihkan Kaca Jendela yang Berkerak

Cara Membersihkan Kaca Jendela yang Berjamur, Berkerak, dan Terkena Cat © Diadona

Kaca jendela yang tidak kamu bersihkan akan dalam waktu yang lama akan timbul kerak. Kerak ini adalah kotoran yang menumpuk yang kemudian terkena panas dan air menjadi satu dan sulit untuk dibersihkan.

Nah, untuk kerak ringan kamu bisa menggunakan cairan berbahan asam, seperti cairan pembersih porselen, cuka, sitrun, dan sebagainya. Caranya mudah kok, tuangkan cairan pembersih secara merata di kaca yang berkerak. Setelah itu gunakan spons lembut untuk menggosok sampai bersih.

4 dari 6 halaman

Setelah itu, diamkan dulu selama 15 menit ya. Lalu, siapkan sedikit soda kue dan masukkan ke dalam wadah kecil, kemudian tambahkan sedikit air dan aduk-aduk sampai merata hingga menjadi pasta. Setelah itu, oleskan pasta soda kue dengan kuas ke kaca yang berkerak.

Gosok-gosok kaca hingga bersih dan kemudian bilas dengan bersih dan keringkan dengan lap kain. Jadi, jangan sampai kaca jendela di rumahmu berkerak deh daripada nanti ribet.

5 dari 6 halaman

Cara Membersihkan Kaca Jendela yang Terkena Cat

Cara Membersihkan Kaca Jendela yang Berjamur, Berkerak, dan Terkena Cat © Diadona

Noda cat baik itu cat tembok ataupun cat kayu yang membekas pada kaca jendela sangatlah mengganggu pemandangan. Tetapi, di sisi lain, menghilangkan atau membersihkan noda cat ini juga cukup sulit dan butuh usaha lebih.

Tapi tenang, ada tips khusunya biar kamu bisa membersihkannya dengan cepat dan tentu saja efisien. Begini caranya Diazens:

Pertama, siapkan dulu bahan-bahan yang nantinya akan digunakan. Siapkan cuka, sarung tangan karet, kain bersih, serta wadah tahan panas. Jika sudah, kamu bisa memulai dengan memanaskan secangkir cuka kemudian celupkan kain bersih. Jangan lupa gunakan kaos tangan yang tebal dan tahan panas ya.

6 dari 6 halaman

Kemudian, gosok nosa sisa cat yang menempel pada kaca dengan cairan cuka panas tadi. Jadi, kamu juga bisa menggunakan sedikit elbow grease untuk menggosok cat dan tentu saja basahi dengan cuka. Ini akan melunakkan cat, dan bisa menghilangkan sisa noda tersebut.

Jika noda cat tersebut masih membandel, kamu bisa mengkikisnya dengan pisau cukur. Pelan-pelan dan hati-hati ya biar nggak samapi menggores permukaan kaca.

Terakhir, bersihkan kaca jendela menggunakan pembersih kaca dan lap yang bersih. Ini bertujuan untuk membersihkan cuka, sabun, dan sisa cat. Lakukan hingga kaca bersih dan akhir dengan lap kering yang bersih juga.

Beri Komentar