7 Cara Atap Asbes Tidak Panas, Rumah Tetap Terasa Dingin dan Tetap Estetik

Reporter : Arifina
Senin, 12 Februari 2024 16:17
7 Cara Atap Asbes Tidak Panas, Rumah Tetap Terasa Dingin dan Tetap Estetik
Terapkan cara-cara ini agar rumah yang beratap asbes tetap terasa dingin.

Cara atap asbes tidak panas bisa kamu jadikan acuan untuk mendekorasi rumah. Ya, belakangan ini atap asbes memang menjadi pilihan populer untuk konstruksi bangunan karena harganya yang terjangkau dan mudah dipasang.

Selain itu, banyaknya pilihan jenis atap asbes yang menarik menjadikan pemilik rumah memilihnya untuk hunian yang minimalis juga estetika. Sayangnya, penggunaan atap asbes terkenal mudah menyerap panas.

1 dari 9 halaman

Cara Atap Asbes Tidak Panas © Diadona

Sehingga, kebanyakan rumah yang menggunakan atap asbes akan menjadikan ruangan di bawah terasa panas dan tidak nyaman. Namun, bukan berarti persoalan yang satu ini tidak dapat diatasi lho!

Penggunaan atap rumah minimalis dengan asbes masih bisa terasa dingin untuk hunian asal kamu tahu cara yang tepat dalam menambahkan beberapa ornamen di dalam rumah. Dilansir dari berbagai sumber, ada beberapa cara untuk menyiasati atap asbes tidak panas untuk hunian. Apa saja? Simak yang berikut!

2 dari 9 halaman

Cat Atap dengan Warna Cerah atau Putih

Penggunaan atap asbes bisa dilakukan pengecatan agar tampilannya lebih menarik. Pemilihan warna cat atap dapat berpengaruh besar pada sejuknya suhu di dalam rumah.

Nah, dalam hal ini kamu bisa memilih penggunaan warna cerah atau putih. Warna cat putih ini selain untuk memperindah tampilan atap rumah, juga salah satu cara menyiasati agar rumah beratap asbes tidak panas lho!

Sebab, warna putih atau cerah lebih lambat menyerap panas dibandingkan dengan waarna gelap seperti hitam. Sehingga, jika kamu menginginkan ruangan di rumah lebih dingin meski menggunakan atap asbes maka penggunaan warna dasar perlu diperhatikan dengan tepat ya!

3 dari 9 halaman

Gunakan Jenis Cat Peredam Panas

Selain menggunakan warna cat cerah, kamu juga bisa menyiasati panasnya ruangan karena atap asbes dengan jenis cat. Dalam hal ini, pilih jenis cat untuk atap asbes berupa cat peredam panas khusus.

Jenis itu bernama polyurethane foam yang memiliki keunggulan untuk menahan panas, goresan hingga bahan kimia. Sehingga, dengan penggunakan jenis cat ini akan membuat hunian lebih terasa dingin meski memakai atap asbes.

Dengan begitu, cuaca panas tidak akan merembes ke dalam ruangan karena terhalang oleh cat jenis polyurethane foam tersebut.

4 dari 9 halaman

Manfaatkan Tanaman Hijau

Cara Atap Asbes Tidak Panas © Diadona

Penggunaan atap asbes memang akan menjadikan suhu dalam ruangan menjadi lebih panas dibandingkan atap genteng. Karena itu, untuk menyiasati agar ruangan lebih dingin kamu bisa memanfaatkan tanaman hijau di dalam rumah.

Kamu bisa menanam tanaman hijau di sekitar atap atau dinding rumah. Cara ini akan membantu menurunkan suhu panas secara alami.

Tanaman hijau juga memberikan efek penyejuk dan dapat menyerap sebagian sinar matahari yang diterima oleh atap asbes. Selain rumah terasa lebih segar dan dingin, juga akan menjadikan tampilan lebih asri dan indah lho!

5 dari 9 halaman

Penggunaan Double Layer

Pemasangan double layer atau lapisan tambahan pada atap asbes dapat membantu meningkatkan isolasi termal. Cara ini bisa digunakan sebagai alat peredam panas pada asbes.

Penambahan lapisan ini beragam, untuk versi simpelnya kamu bia menggunakan kardus. Letakkan kardus pada bagian bawah atap asbes. Setelah itu sanggah dengan papan triplek untuk memaksimalkan kardus dalam penyerapan panas.

Dengan menambahkan lapisan insulasi di antara dua lapisan atap, panas yang masuk ke dalam rumah dapat diminimalkan, menjadikan suhu interior lebih nyaman dan dingin.

6 dari 9 halaman

Pasang Ventilasi Tambahan

Ventilasi yang cukup dapat membantu mengurangi suhu panas di dalam ruangan akrena atap asbes. Pemasangan ventilasi dapat memungkinkan udara panas untuk keluar dari ruangan, mengurangi panas yang diserap oleh bahan atap.

Khusus untuk penggunaan atap asbes, disarankan menggunakan ventilasi udara lebih banyak. Kamu bisa memasang ventilasi di atas jendela dan pintu.

Cara ini agar sirkulasi udara yang keluar masuk lebih mudah. Sehingga ruangan akan lebih nyaman dan sejuk.

7 dari 9 halaman

Gunakan Penutup Atap Reflektif

Cara Atap Asbes Tidak Panas © Diadona

Memasang penutup atap reflektif atau cool roof coating bisa menjadi salah satu pilihan untuk menyiasati panasnya ruangan karena atap asbes. Penutup atap yang satu ini dapat membantu mengurangi panas yang diserap oleh atap.

Penutup atap reflektif dapat memantulkan lebih banyak sinar matahari. Sehingga dapat mengurangi transfer panas yang masuk ke dalam rumah.

Penggunaan atap asbes kini tak perlu dikhawatirkan lagi jika dengan penambahan penutup ini ya!

8 dari 9 halaman

Pasang AC atau Kipas Angin

Cara ini bisa menjadi pilihan yang praktis dan mudah untuk digunakan jika kamu memiliki atap asbes. Ya, pemasangan AC ataupun kipas angin akan sangat membantu meredam suhu panas karena atap asbes.

AC dan kipas angin akan mampu memberikan hawa dingin dalam suatu ruangan. Bahkan, meski tidak menggunakan atap asbes penggunaan dua barang ini juga tetap bisa dipilih untuk mengatasi cuaca panas berlebih ya.

Itulah beberapa cara atap asbes tidak panas untuk hunian rumah. Dengan menerapkan trik di atas dapat mengurangi efek panas dalam ruangan. Semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar