Memahami Penggunaan Atap Transparan, Kelebihan, Kekurangan, Hingga Ragam Pilihan untuk Nuansa Estetika Rumah

Reporter : Arifina
Jumat, 26 April 2024 18:07
Memahami Penggunaan Atap Transparan, Kelebihan, Kekurangan, Hingga Ragam Pilihan untuk Nuansa Estetika Rumah
Pengunaan atap transparan akan membuat rumah lebih terang secara alami dan estetik lho!

Bagaimana jika atap rumah bisa tembus pandang? Atap transparan menjadi alternatif bagi yang menginginkan penampilan rumah untuk lebih terlihat estetik.

Bisa kamu bayangkan sebuah atap tembus pandang yang membiarkan sinar matahari alami membanjiri area ruangan. Nah, seperti itulah konsep dari atap transparan yang inovatif dan bisa untuk dijadikan pilihan dekorasi hunian yang menarik.

Namun, sebelum memakai mode atap transparan untuk rumah, ada baiknya kenalan dulu yuk mengenai hal tersebut. Mulai dari pengertian, kegunaan, kelebihan dan kekurangan, hingga ragam jenisnya!

1 dari 5 halaman

Apa itu Atap Transparan?

atap transparan © Diadona

Dilansir dari Interior Design, sesuai dengan namanya, atap transparan ini memungkinkan cahaya matahari masuk ke dalam ruangan dengan alami. Berbeda dengan atap tradisional, jenis atap ini memberikan sensasi ruang yang lebih terbuka dan terang.

Dengan atap transparan, maka ruangan di rumah akan tercukupi kebutuhan penerangan secara alami. Pengunaan dari atap ini pun juga dinilai lebih hemat energi karena tak memerlukan aliran listrik.

Hadirnya atap transparan juga akan membantu menciptakan suasana yang lebih nyaman di dalam ruangan. Termasuk, menambah estetika rumah dengan desain yang cantik.

 

2 dari 5 halaman

Kelebihan dan Kekurangan Atap Transparan

Adapun, penggunaan atap transparan ini memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu diperhatikan. Kamu bisa menjadikannya sebagai acuan sebelum memilih untuk memasangnya untuk interior rumah.

Kelebihan Atap Transparan

  • Pencahayaan Alami: Sinar matahari yang masuk secara alami membantu menghemat energi dan menciptakan suasana yang lebih nyaman di dalam ruangan.
  • Hemat Energi: Pencahayaan alami dapat mengurangi penggunaan lampu, sehingga menghemat tagihan listrik.
  • Suhu Ruangan Stabil: Atap transparan membantu menjaga suhu ruangan tetap stabil, terutama di daerah yang panas.
  • Udara Segar: Sirkulasi udara alami yang lebih baik membantu mengurangi polusi udara dalam ruangan.
  • Estetika Modern: Tampilan atap transparan yang unik dan modern dapat meningkatkan nilai estetika bangunan.

3 dari 5 halaman

Kekurangan Atap Transparan

atap transparan © Diadona

Meski lebih terlihat estetik untuk interior rumah, bukan berarti atap transparan aman begitu saja. Kenali dulu kekurangan dari penggunaan jenis atap ini sebelum memberlinya ya!

  • Biaya: Biaya bahan dan pemasangan atap transparan umumnya lebih mahal dibandingkan atap tradisional.
  • Perawatan: Perawatan atap transparan memerlukan perhatian khusus untuk menjaga kejernihan dan keawetannya.
  • Privasi: Sifat transparan atap ini dapat mengurangi privasi ruangan, terutama di malam hari.

 

4 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Atap Transparan

Adapun, atap transparan ini terbagi menjadi beberapa jenis. Hal ini akan mempengaruhi kualitas, hingga estetika ruangan. Apa saja?

  • Atap Polikarbonat: Atap ini terbuat dari plastik berkualitas tinggi, tahan lama, ramah lingkungan, dan hemat energi. Jenis atap ini juga memiliki kemampuan menyerap panas matahari dan mengeluarkannya saat malam hari, menjaga suhu ruangan stabil.
  • Atap Kaca: Tipe atap tranaparan dari kaca akan memberikan tampilan terbuka dan terang. Model ini sangat ideal untuk bangunan komersial seperti mall dan perkantoran.
  • Atap Akrilik: Jenis atap akrilik terbuat dari plastik, namun memiliki kekuatan, ketahanan, dan transparansi tinggi. Jenis ini menawarkan keindahan dan fungsionalitas yang serupa dengan atap kaca. Atap akrilik sering digunakan pada bangunan komersial.

5 dari 5 halaman

Harga Atap Transparan

atap transparan © Diadona

Harga atap transparan bervariasi tergantung jenis, kualitas, dan desainnya. Namun, berikut ini referensi harga yang dicantumkan dari Interior Design untuk kamu jadikan acuan sebelum membelinya.

  • Atap transparan polikarbonat: Rp 400.000 - Rp 900.000 per meter persegi.
  • Atap transparan kaca: Rp 500.000 - Rp 1.500.000 per meter persegi.
  • Atap transparan akrilik: Rp 700.000 - Rp 1.500.000 per meter persegi.

Itulah mengenai atap transparan, mulai dari kegunaan, kelebihan, kekurangan, hingga ragam jenisnya. Dengan informasi di atas bisa kamu jadikan referensi sebelum memilih untuk menggunakan atap transparan untuk hunian rumahmu ya!

Pastikan kamu memilih jenis atap transparan yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran yang dimiliki. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar