8 Jenis Atap Rumah yang Bikin Rumah Tidak Panas

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Sabtu, 25 November 2023 14:04
8 Jenis Atap Rumah yang Bikin Rumah Tidak Panas
Jenis atap rumah yang bikin rumah tidak panas ini bisa bikin rumahmu tetap sejuk meski di cuaca kemarau

Pasti di antara kalian pengen punya rumah yang adem dan nggak kepanasan, kan? Nah, salah satu kunci kenyamanan itu bisa dimulai dari jenis atap rumah yang dipilih. Hawa panas bisa jadi tantangan buat kenyamanan di dalam rumah.

Kita semua setuju, kan, kalau tinggal di negara tropis kadang bikin suhu di dalam rumah naik tinggi, apalagi kalo atapnya nggak mendukung. Jadi, kalo kamu lagi bingung milih atap buat rumah, yuk kita bahas beberapa jenis atap rumah yang bikin rumah tidak panas, guys!

Ada banyak jenis atap rumah yang bikin rumah tidak panas dan tetap nyaman. Mulai dari atap metal yang punya kemampuan pantulan sinar matahari yang baik, sampai genteng tanah liat yang dapat menyerap panas dengan baik.

Selain itu ada juga atap polikarbonat atau fiberglass yang transparan. Pilihan jenis atap ini nggak cuma punya tampilan yang kece, tapi juga memberikan manfaat langsung buat ngalahin panas. 

Nah, ngomongin jenis atap rumah yang bikin rumah tidak panas, kelebihannya banyak sekali termasuk menjaga suhu di dalam rumah tetap nyaman meski cuaca sedang terik. Selain itu, atap anti panas ini juga bisa menghemat biaya listrik karena kamu tidak perlu menyalakan pendingin ruangan lagi.

Tips tambahan agar rumah tetap sejuk, pastikan juga ada ventilasi yang cukup untuk menjaga sirkulasi udara di dalam rumah. Daripada penasaran, Yuk kita intip penjelasannya!

 

1 dari 9 halaman

Atap Genteng/Tanah Liat

Jenis Atap Rumah yang Bikin Rumah Tidak Panas © Diadona

Kalau Diazen lagi mikirin soal jenis atap rumah yang bikin rumah nggak panas, nih, coba deh pertimbangkan atap genteng dari tanah liat! Atap genteng tanah liat ini keren banget, nggak cuma tahan panas, tapi juga punya gaya klasik yang nggak lekang oleh waktu.

Kemampuannya yang alami bisa menjaga suhu di dalam rumah, jadi nggak perlu lagi siap-siap nyari kipas angin atau AC. Selain bikin rumah jadi sejuk, atap genteng tanah liat juga punya daya tahan yang oke banget. Cuaca ekstrem, hujan deras atau panas terik, atap ini tahan banting!

 

2 dari 9 halaman

Atap Metal (Zincalume atau Galvalume)

Jenis Atap Rumah yang Bikin Rumah Tidak Panas © Diadona

Nih, kalau lagi cari jenis atap rumah yang bikin rumah nggak panas plus bisa jadi pilihan keren. Atap metal terbuat dari bahan Zincalume atau Galvalume, atap ini efektif menghalau panas terik matahari, menjadikan rumah tetap adem dan nyaman. Tak hanya itu, atap ini tahan lama dan kokoh di berbagai kondisi cuaca.

Desain modern atap metal ini juga memberikan sentuhan estetis yang membuat rumah terlihat stylish. Dengan keunggulan tahan panas, ketahanan, dan penampilan keren, atap metal Zincalume atau Galvalume menjadi pilihan cerdas untuk menjadikan rumah kamu nyaman, tahan lama, dan tampil kekinian!

 

3 dari 9 halaman

Atap Polikarbonat atau Fiberglass

Jenis Atap Rumah yang Bikin Rumah Tidak Panas © Diadona

Jenis atap rumah yang bikin rumah tidak panas selanjutnya adalah polikarbonat atau fiberglass! Atap polikarbonat atau fiberglass ini punya kemampuan istimewa buat memfilter cahaya matahari dengan lembut, sehingga rumah tetap cerah tapi nggak panas berlebihan.

Selain itu, atapnya ringan dan tahan banting, jadi nggak perlu khawatir soal cuaca yang berubah-ubah. Nggak hanya itu, atap ini juga bisa bikin rumah punya sentuhan modern yang elegan. Jadi, selain fungsional, juga bisa bikin rumah jadi lebih gaya, cocok jadi pertimbangan yang menarik untuk rumahmu! 

 

4 dari 9 halaman

Atap Keramik atau Glazur

Jenis Atap Rumah yang Bikin Rumah Tidak Panas © Diadona

Diazen bingung nentuin jenis atap rumah yang bikin rumah tidak panas tapi juga bisa ngasih sentuhan klasik dan estetika? Atap keramik atau glazur adalah pilihan keren untuk rumah yang nyaman dan estetis! Atap jenis ini memiliki daya tahan yang kuat dan awet meski diterpa hujan badai atau terik matahari.

Selain fungsional, atap keramik atau glazur memberikan sentuhan elegan dengan corak dan warna yang bisa di custom. Dari kejauhan kamu bisa melihat atap rumah yang paling berkilau di antara lainnya jika menggunakan atap keramik ini. 

 

5 dari 9 halaman

Atap Beton

Jenis Atap Rumah yang Bikin Rumah Tidak Panas © Diadona

Jenis atap rumah yang bikin rumah tidak panas paling sering digunakan adalah atap beton. Selain tahan banting, atap beton punya trik jitu melawan panas terik dengan daya serap panas rendah. Tanpa perlu AC, rumah tetap sejuk di siang hari. Kuat di segala cuaca, atap beton menawarkan perlindungan optimal.

Gaya timeless-nya juga bikin rumah jadi istimewa. Jadi, selain nyaman, tetangga pasti iri melihat rumah kece ini. Atap beton adalah pilihan andalan untuk rumah anti-panas yang tahan banting dan tetap kekinian. Jadikan rumahmu dingin, stylish, dan selalu kece!

 

6 dari 9 halaman

Atap Kayu Ulin

Jenis Atap Rumah yang Bikin Rumah Tidak Panas © Diadona

Kalau mau punya jenis atap rumah yang bikin rumah tidak panas tapi tetap asik, coba deh atap kayu Ulin! Ini bukan cuma atap biasa, tapi bisa membuat suasana rumah selalu dingin dan cozy.

Kayu Ulin ini punya kemampuan alami buat jaga suhu di dalam rumah. Jadi, meskipun panasnya kebangetan, di dalam rumah tetap adem! Menariknya, atap kayu Ulin ini tahan banting dan super kuat! Nggak perlu mikirin cuaca ekstrem atau badai, atapnya tetap gagah, dan kayu Ulin punya daya tahan luar biasa. Pokoknya, kalau mau rumah yang dingin, asri, dan bikin betah, atap kayu Ulin ini bisa jadi jawara. Rumah jadi keren, nyaman, dan bakal bikin tetangga penasaran!

 

7 dari 9 halaman

Atap uPVC

Jenis Atap Rumah yang Bikin Rumah Tidak Panas © Diadona

Cari jenis atap rumah anti-panas yang cerdas? Yash, pilih atap uPVC aja! Bukan cuma pelindung, tapi juga salah satu jenis atap rumah yang bikin rumah tidak panas. Tau nggak sih, ternyata atap uPVC dan PVC itu beda lho! Bedanya, uPVC itu lebih tahan lama dan nggak gampang terpengaruh sama cuaca ekstrem.

Dibandingkan sama PVC, atap uPVC juga punya keunggulan dalam hal tampilan dan warna yang lebih beragam. Jadi, kita bisa lebih bebas pilih atap yang sesuai sama desain rumah atau taman. Plus, perawatannya juga lebih mudah, nggak ribet deh! 

 

8 dari 9 halaman

Atap Berteknologi Cool Roof

Jenis Atap Rumah yang Bikin Rumah Tidak Panas © Diadona

Ngerasa panas banget di rumah? Coba deh pilih jenis atap rumah yang bikin rumah tidak panas, ya Cool Roof! Jadi, atap ini dirancang khusus buat bikin rumah kita tetep adem, bahkan di tengah teriknya matahari.

Menariknya lagi, atap Cool Roof ini ada dalam berbagai jenis dan warna, jadi kita masih bisa eksis dengan gaya desain rumah kita. Atap ini juga punya kemampuan tinggi untuk meredam panas dan menjaga suhu dalam ruangan tetap nyaman. 

 

9 dari 9 halaman

Jadi, itu dia, pilihan jenis atap rumah yang bikin rumah tidak panas dari teriknya matahari jadi, tetap sejuk! Dengan atap anti panas, penghuni rumah jadi nyaman selama beraktivitas meskipun di dalam rumah.

Pilihlah atap yang cocok dengan kebutuhan, dan biarkan rumah jadi tempat paling adem untuk berkumpul. Rumah jadi lebih nyaman, kamu jadi lebih enjoy!

 

EditorTiara Martha Asnadhinata

 

Beri Komentar