8 Air Terjun Taman Rumah Minimalis, Bikin Makin Adem dan Estetik

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Rabu, 8 November 2023 18:17
8 Air Terjun Taman Rumah Minimalis, Bikin Makin Adem dan Estetik
Air terjun taman rumah minimalis cocok banget jadi pemanis yang ciamik buat rumah kamu.

Air terjun taman rumah minimalis menjadi salah satu pemanis yang memperkaya tampilan dan suasana rumah. Di era urbanisasi yang semakin pesat dan hiruk pikuk kehidupan perkotaan, semakin banyak orang mencari cara untuk menyatukan keindahan alam ke dalam kehidupan mereka, terutama di dalam rumah.  

Air terjun dapat memberikan suasana yang tenang dan menyejukkan. Suara gemericik air terjun yang lembut menjadi daya tarik utama pada taman rumah. Dengan ini kamu dapat menciptakan zona ketenangan di rumah yang bisa digunakan untuk bersantai atau meditasi setelah seharian menghadapi padatnya lingkungan perkotaan. 

Air terjun taman dalam rumah minimalis tidak hanya menyediakan ketenangan bagi pemilik rumah, tetapi juga menjadi elemen estetika yang memukau. Elemen estetika dalam air terjun mencakup pencahayaan, tekstur batu, dan hijaunya tanaman yang tumbuh di sekitarnya. Air terjun dapat menjadi fokus visual yang menarik dalam taman minimalis. Pastinya kamu tertarik bukan untuk membuat air terjun taman rumah? 

Nah, berikut ini ada beberapa desain air terjun taman rumah minimalis yang bisa menjadi inspirasi kamu untuk mempercantik taman di rumah.

1 dari 8 halaman

Air Terjun Taman Rumah Minimalis Model Dinding

Air Terjun Taman Rumah Minimalis © Diadona

Salah satu yang perlu kamu perhatikan ketika ingin menambahkan air terjun di taman rumah yakni luas ruang yang tersedia. Kamu masih bisa mewujudkan air terjun yang estetis, modern sekaligus saving space, loh! Dalam desain ini, air mengalir langsung dari dinding vertikal, yang memungkinkan kamu menghemat ruang dan menciptakan tampilan yang menarik. 

Material batu alam yang digunakan sebagai latar belakang air terjun menciptakan tekstur alami pada aliran air yang mengalir. Agar tampilannya semakin estetis, kamu dapat menambahkan tanaman-tanaman gantung pada bagian atas air terjun.

2 dari 8 halaman

Air Terjun Taman Rumah Minimalis dengan Lampu

Air Terjun Taman Rumah Minimalis © Diadona

Membuat air terjun taman terlihat unik dan menarik tidak hanya melibatkan ukuran struktur yang besar. Menambahkan berbagai elemen desain dan kreativitas dapat memberikan tampilan yang istimewa pada air terjun taman kamu. 

Kamu dapat menggunakan pencahayaan LED yang ditempatkan di setiap tingkat air terjun untuk menyoroti tampilan air yang mengalir. Hal ini akan menciptakan efek visual yang menarik dan menakjubkan, terutama saat malam hari atau kondisi pencahayaan rendah.

3 dari 8 halaman

Air Terjun Taman Rumah Minimalis yang Vertikal

Air Terjun Taman Rumah Minimalis © Diadona

Memiliki taman vertikal memang menciptakan keindahan yang unik dan mempercantik taman indoor atau outdoor, terutama ketika kamu memiliki keterbatasan ruang untuk menempatkan berbagai tanaman. Meskipun sudah terlihat cantik, kamu dapat menambahkan elemen yang lebih menarik dengan membuat air terjun. 

Air terjun dapat memberikan tampilan yang alami, menyegarkan dan menambah sentuhan indah dalam tanaman vertikal yang memikat perhatian siapa pun yang melihatnya. Menempatkan posisi aliran air terjun mengalir secara langsung dapat menciptakan suara yang menenangkan.

4 dari 8 halaman

Air Terjun Taman Rumah Minimalis Batu Alam

Air Terjun Taman Rumah Minimalis © Diadona

Banyak desain air terjun yang estetis dapat kamu terapkan di taman rumah, salah satunya model air terjun yang satu ini. Walaupun terlihat sederhana, desain air terjun seperti itu dapat memberikan kesan estetik, terutama saat disandingkan dengan tanaman berbunga. Hal ini dapat menciptakan kontras yang menarik dan memberikan daya tarik visual di taman kamu. 

Desain air terjun ini memiliki bentuk lingkaran dengan susunan batu-batu alam di sisi-sisinya yang menciptakan cekungan kolam di tengah. Bentuk ini memberikan kesan alami dan menarik dalam taman kamu.

5 dari 8 halaman

Air Terjun Taman Rumah Minimalis Mini Bertingkat

Air Terjun Taman Rumah Minimalis © Diadona

Kamu berencana menempatkan air terjun di taman rumah, tetapi tidak ingin tampilan yang rumit dan memakan banyak tempat?  Air terjun satu ini dapat menjadi salah satu rekomendasi buat kamu. Desain air terjun taman dengan bentuk bertingkat ini tersusun secara rapi dan menciptakan efek kenaikan yang berangsur-angsur untuk air terjun. 

Jika biasanya identik dengan unsur bebatuan, struktur air terjun ini memiliki sentuhan kayu yang memberikan nuansa organik dan alami. Selain itu, kamu dapat menambahkan beberapa tanaman hias untuk ditempatkan di setiap titik tingkatan atau di bagian atas air terjun yang memberikan tampilan hijau dan menyegarkan.

6 dari 8 halaman

Air Terjun Taman Rumah Minimalis Tumpahan

Air Terjun Taman Rumah Minimalis © Diadona

Ingin tampilan air terjun terlihat unik? Air terjun dengan model tumpahan dari kendi ini dapat menjadi saran yang oke buat kamu terapkan di taman rumah. Model air terjun ini menambahkan elemen batuan yang tersusun tinggi dengan posisi kendi yang miring di bagian atasnya, menciptakan efek visual tumpahan air yang menarik. 

Selain itu, desain air terjun ini tanpa kolam yang mana dapat menjadi pilihan kamu untuk menciptakan tampilan taman yang lebih ringkas dan minimalis. Hal ini memberikan sentuhan estetik yang menawan dalam desain air terjun kamu.

7 dari 8 halaman

Air Terjun Taman Rumah Minimalis di Kolam

Air Terjun Taman Rumah Minimalis © Diadona

Agar tampilan air terjun tidak terlihat membosankan dan monoton, salah satunya dapat menambahkan ikan hias ke kolam air terjun. Ikan hias akan memberikan tampilan yang hidup dan menarik yang mempercantik kolam dan air terjun. 

Jika kamu memiliki halaman yang luas, kamu bisa mengadopsi desain air terjun dengan kolam seperti pada gambar di atas. Bentuk kolam dan air terjun di desain senyata mungkin dengan menggunakan bebatuan untuk menghasilkan tampilan ala sungai air terjun. Kamu juga dapat menambahkan beberapa tanaman hijau yang ditempatkan di antara bebatuan untuk menambah kesan alami dan mempercantik desain taman rumah kamu.

8 dari 8 halaman

Air Terjun Taman Rumah Minimalis Bentuk Guci

Air Terjun Taman Rumah Minimalis © Diadona

Terakhir, air terjun dengan bentuk guci ini merupakan ide kreatif untuk menciptakan taman rumah minimalis yang unik dan eye chatching. Struktur guci pada air terjun ini menggunakan batu alam yang disusun membentuk guci. Aliran air yang mengalir dari bagian atas guci memberikan tampilan seperti guci yang penuh. 

Desain air terjun ini dirancang tanpa kolam yang menciptakan tampilan yang lebih sederhana dan alami, di mana aliran air terjun dari guci mengalir langsung ke tanah. Tentunya dengan membuat air terjun tanpa kolam, kamu harus memastikan sistem drainase dengan baik agar tidak menimbulkan genangan air di sekitarnya.

Berbagai desain air terjun taman rumah minimalis di atas dapat menjadi rekomendasi kamu untuk membuat taman rumah semakin ciamik dan estetik. Kalau kamu berencana menerapkan desain air terjun yang mana nih untuk taman kamu?  

Penulis : Aulia Amanda Safitri

Beri Komentar