Apa Benar Gendang Telinga Pecah Bisa Sembuh Sendiri Tanpa Obat?

Reporter : Mila
Rabu, 19 Oktober 2022 07:57
Apa Benar Gendang Telinga Pecah Bisa Sembuh Sendiri Tanpa Obat?
Simak dulu ya penjelasannya!

Beberapa orang mengaku gendang telinga yang pecah bisa sembuh sendiri. Tapi, ada pula kasus gendang telinga pecah baru bisa diatasi dengan minum antibiotik secara rutin.

Lantas, apa benar gendang telinga pecah bisa sembuh sendiri? Apakah mungkin bagi seseorang yang pecah gendang telinga untuk masih dan bisa mendengar lagi? Cari tahu jawabannya di bawah ini ya!

1 dari 5 halaman

Benarkah Gendang Telinga Pecah Bisa Sembuh Sendiri?

Bagi kamu yang mengalami gendang telinga pecah tidak perlu khawatir. Faktanya, gendang telinga pecah bisa sembuh sendiri tanpa pengobatan apa pun.

Kebanyakan kasus gendang telinga pecah hanya bersifat sementara karena lubang pada gendang telinga punya kemampuan untuk menutup dengan sendirinya. Oleh karena itu, fungsi pendengaran pun bisa berangsur-angsur normal dan membuatmu bisa kembali mendengar dengan jelas.

2 dari 5 halaman

Melansir Mayo Clinic, biasanya gendang telinga pecah bisa sembuh sendiri dalam beberapa minggu sampai tiga bulan ke depan. Tapi, hal ini tergantung dari penyebab gendang telinga pecah yang kamu alami.

Pada beberapa orang, gendang telinga pecah bisa terjadi karena mendengar suara-suara keras, entah itu suara petir, ledakan, atau tembakan. Tapi, kalau disebabkan oleh infeksi telinga tengah (otitis media), maka gendang telinga biasanya akan segera membaik setelah infeksi tersebut diobati.

Dokter mungkin akan meresepkan antibiotik, baik obat minum maupun obat tetes telinga, untuk mengobati infeksi telinga. Semakin cepat infeksi telinga diatasi, maka semakin cepat pula fungsi gendang telinga kembali normal seperti semula.

3 dari 5 halaman

Cara Agar Gendang Telinga Cepat Sembuh

Meskipun gendang telinga pecah bisa sembuh sendiri, bukan berarti kamu hanya tinggal duduk dan menunggu sampai gangguan telinga tersebut benar-benar sembuh. Kamu juga perlu memastikan kondisi telinga tetap kering untuk mempercepat penyembuhan.

Artinya, kamu tidak dianjurkan untuk berenang atau menyelam sampai gendang telinga sembuh total. Begitu pula saat mandi, sebaiknya gunakan penutup kepala untuk mencegah air masuk ke dalam telinga.

Untuk sementara waktu, hindari juga bepergian naik pesawat untuk mencegah tekanan tinggi di bagian telinga (barotrauma). Kalau ada hal-hal tertentu yang mengharuskanmu naik pesawat, gunakan sumbat telinga (earplug) atau mengunyah permen karet untuk menjaga keseimbangan tekanan di telinga bagian dalam dan luar.

Dengan begitu, masalah gendang telinga bisa diatasi dengan baik dan mencegahnya kambuh lagi.

4 dari 5 halaman

Kalau Tidak Kunjung Sembuh, Harus Apa?

Kalau kamu masih saja mengalami gangguan pendengaran yang cukup mengganggu, maka sebaiknya segera konsultasikan ke dokter. Dokter biasanya akan merekomendasikan obat-obatan atau tindakan medis seperti berikut ini:

  1. Obat pereda nyeri (paracetamol atau ibuprofen, sesuai dengan kondisi kesehatanmu).
  2. Patch untuk menambal lubang pada gendang telinga.
  3. Operasi timpanoplasti adalah prosedur pembedahan dengan menutup lubang yang terbuka pada membran timpani atau gendang telinga.

Beri Komentar