7 Tips Sehat Menikmati Menu Lebaran, Makan Enak Tanpa Khawatir Kolesterol Naik

Reporter : Arifina
Kamis, 28 Maret 2024 17:00
7 Tips Sehat Menikmati Menu Lebaran, Makan Enak Tanpa Khawatir Kolesterol Naik
Lebaran tetap bisa makan enak dan sehat? Bisa banget!

Tips sehat menikmati menu Lebaran kiranya bisa menjadi perhatian. Hal ini agar moment merayakan Hari Raya Idul Fitri bisa dijalani dengan nyaman dan bugar.

Lebaran identik dengan berbagai hidangan lezat yang menggoda selera. Rendang, opor, kue kering, dan hidangan bersantan lainnya menjadi primadona di momen spesial ini.

1 dari 8 halaman

Resep Sayur Ketupat Lebaran Bumbu Padang © Diadona

Namun, kelezatan tersebut tak jarang berimbas pada kesehatan, terutama bagi yang memiliki kondisi medis tertentu. Hal ini dikarenakan menu makanan Lebaran yang cenderung tinggi lemak, gula, dan garam, yang dapat berdampak buruk pada kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan.

Maka dari itu perlu untuk dijaga agar di momen berkumpul dengan keluarga besar tetap bisa makan enak tanpa khawatir akan sakit setelahnya. Nah, berikut ini beberapa tips sehat menikmati sajian Lebaran yang bisa diterapkan di rumah!

 

2 dari 8 halaman

Perhatikan Porsi Makan

Hindari makan berlebihan. Terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi lemak dan kalori dapat meningkatkan kolesterol dan risiko penyakit lainnya.

Memang, makanan di moment Lebaran sangat menggoda. Apalagi, buat kamu yang sebulan menjalani puasa seakan bisa menjadi kalap saat mendapati berabgai makanan lezat.

Namun, agar tetap sehat sebaiknua ambil porsi secukupnya dan nikmati setiap hidangan dengan perlahan.

 

3 dari 8 halaman

Konsumsi Sayur dan Buah

Meski telah menikmati makanan mengandung kadar garam dan lemak tinggi, kamu harus tetap mengimbanginya agar tidak memicu penyakit. Salah satunya, tetap konsumsi sayur dan buah dalam menu makananmu.

Mencukupi kebutuhan sayur dan buah dapat menyeimbangkan kolesterol dalam tubuh. Kedua jenis makanan tersebut juga mampu melancarkan sistem pencernaan.

Kamu bisa menerapkan pola makan dalam satu piring dengan menambahkan sayuran. Sehingga, makanan yang masuk dalam tubuh tetap terjaga gizinya.

 

4 dari 8 halaman

Cukupi Kebutuhan Air Putih

ilustrasi air putih © Diadona

Alih-alih kalap dan meminum softdrink atau minuman manis, sebaiknya cukupi kebutuah air putih dalam tubuh. Hal ini akan membuat tubuh lebih sehat dan tidak membuat kamu berlebihan dalam mengkonsumsi minuman manis.

Minum air putih yang cukup dapat menghindarkan diri dari dehidrasi yang justru meningkatkan rasa lapar dan membuat kamu makan berlebihan. Dengan minum air putih yang cukup selama Lebaran kamu dapat menjaga tubuh tetap terhidrasi.

 

5 dari 8 halaman

Batasi Konsumsi Makanan Manis dan Berlemak

Kue kering, opor, dan rendang memang menggoda, namun batasi konsumsinya. Terlalu banyak gula dan lemak dapat meningkatkan risiko diabetes dan obesitas.

Pilihlah camilan yang lebih sehat seperti buah-buahan segar atau yoghurt. Bila memungkinkan, gantilah metode memasak yang biasa digoreng dengan memasak sehat seperti memanggang, merebus, atau mengukus.

 

6 dari 8 halaman

Buat Perencanaan Menu Lebaran

Biasanya menu masakan Lebaran memang tinggi lemak. Namun, agar lebih sehat kamu bisa membuat perencanaan menu yang lebih sehat lho!

Mulailah merencanakan menu Lebaran yang seimbang dan kaya akan nutrisi. Pilihlah beragam hidangan mulai dari sayuran, protein nabati dan hewani, hingga karbohidrat kompleks seperti nasi merah atau roti gandum.

Dengan cara ini, setidaknya menu Lebaran yang kamu makan akan tetap bergizi seimbang.

 

7 dari 8 halaman

Makanlah dengan Teratur

Tips Sehat Menikmati Menu Lebaran © Diadona

Selain membatasi konsumsi makanan berlemak, pengaturan pola makan juga penting untuk diterapkan. Jaga makan saat Lebaran tiba di jam tertentu.

Makan yang tidak teratur justru akan membuatmu mengkonsumsi makanan dalam jumlah besar. Dengan menerapkan jam aturan makan, maka kamu akan bisa membatasi setiap asupan yang masuk dalam tubuh.

 

8 dari 8 halaman

Jaga Aktivitas Fisik

Tetaplah aktif selama periode Lebaran. Luangkan waktu untuk berolahraga di tengah konsumsi makanan yang tinggi kadar garam dan lemak.

Kamu bisa melakukan aktovitas fisik yang santai, seperti berjalan-jalan santai setelah makan. Aktivitas fisik membantu membakar kalori berlebih dan menjaga keseimbangan energi dalam tubuh.

Itulah tips sehat menikmati menu Lebaran bareng keluarga. Kamu tetap bisa makan enak tanpa khawatir sakit, begah, ataupun mengalami kenaikan kolesterol deh! Semoga bermanfaat.

Beri Komentar