7 Menu Lebaran Modern dan Kekinian yang Sederhana dan Gampang Dibuat

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 10 April 2023 08:12
7 Menu Lebaran Modern dan Kekinian yang Sederhana dan Gampang Dibuat
Ada nasi goreng rempah, lasagna hingga ragam masakan ayam untuk menu lebaran modern dan kekinian

Lebaran identik dengan makanan khas dan tradisional seperti rendang dan opor ayam. Tapi momen ini tak boleh membatasi kamu bisa ingin menghadirkan menu lebaran modern dan kekinian sesuai selera keluarga lho!

Ada banyak pilihan menu lebaran sederhana, praktis namun mewah dan kekinian. Menu-menu ini tak mengharuskan kamu menyajikannya dalam porsi besar sehingga nggak bikin tamu kekenyangan. Apa saja?

Yuk intip rekomendasi Diadona dalam menu lebaran kekinian

 

1 dari 3 halaman

Sop Iga

Sop Iga untuk Menu Lebaran yang Modern © Diadona

Gurihnya kuah kaldu sop yang menghangatkan dipadukan dengan irisan daging iga yang lembut, emang bukan pilihan yang salah jika kamu mau mencoba menyajikan makanan ini sebagai menu lebaran. 

Jika kamu mau ingin membuat sop iga, jangan gunakan iga yang lapisan lemaknya tebal. Gunakanlah iga bagian bawah (short ribs), karena bagian ini lebih tipis dan cocok untuk dijadikan sop. Untuk menambah kelezatan dan bernutrisi, kamu juga bisa menambahkan aneka sayur seperti wortel, kentang, tomat, atau lainnya. 

Dijamin deh menu lebaran ini nggak cuman modern tapi juga nampak mewah walaupun sederhana.

Beef Black Pepper

Sapi Lada hitam ala Restoran © Diadona

Rendang seringkali menjadi menu wajib yang disajikan di meja makan saat lebaran. Tapi penggunaan santan dan minyak berlebih pada proses pembuatannya, nyatanya tidak baik bagi kesehatan.

Nah dari pada bingung mau makan olahan daging sapi tapi takut makan santan, beef black pepper bisa menjadi alternatif yang cocok untuk kamu sajikan saat lebaran. 

Beef black pepper terbuat dari bahan utama daging sapi yang dibumbui dengan bawang putih, paprika, saus tiram, kecap manis, minyak wijen dan lada hitam sebagai pelengkap. Ditambah cara masaknya yang di panggang dengan minim minyak membuat menu makanan yang satu ini pastinya lebih sehat dan nikmat untuk disantap saat lebaran. 

Jadi nggak cuman jadi menu lebaran modern yang kekinian tapi juga nggak mengandung banyak risiko kesehatan deh!

2 dari 3 halaman

Nasi Goreng Rempah 

Nasi Goreng Rempah untuk Lebaran yang Modern dan Kekinian © Diadona

Nasi goreng yang dimasak dengan campuran berbagai rempah ini dapat menciptakan rasa berbeda saat momen lebaran.  Terlebih cara buatnya yang praktis membuat kamu tidak perlu butuh waktu lama dalam memasak menu modern dan kekinian ini

Untuk membuatnya semakin istimewa, kamu bisa banget memadukan nasi goreng rempah dengan olahan daging sapi atau kambing. Dijamin nasi goreng kamu semakin spesial saat disantap di hari yang spesial juga. 

Lasagna

LAsagna, Makanan Modern Kekinian dan Cocok buat Lebaran © Diadona

Selain ketupat, pasta seperti lasagna bisa loh menjadi alternatif karbohidrat untuk kamu sajikan saat lebaran. Termasuk makanan yang praktis dan tahan lama, lasagna emang cocok jika kamu mencari menu makanan lebaran kekinian tapi tetap sesuai dengan selera indonesia. 

Olahan kulit lasagna dengan saus tomat daging sapi yang nikmat ditambah lelehan keju mozzarella, cocok banget untuk menambah kemeriahan suasana lebaran. Secara umum membuat lasagna memang terlihat rumit karena harus sabat membuatnya berlapis-lapis, tapi tenang kini kamu bisa dengan mudah menemukan resep simpel makanan italia ini di berbagai pencaharian. 

3 dari 3 halaman

Chicken Black Pepper

Chicken Black Pepper yang Lezat dan Kekinian, Cocok disantap Jadi Menu Lebaran © Diadona

Selain daging sapi, daging ayam juga bisa loh kamu masak dengan bumbu black pepper. Untuk resep dan cara pembuatannya sebetulnya sama saja dengan beef black pepper, hanya penggunaan dagingnya saja yang berbeda.  

Gurihnya bumbu black pepper serta juicynya daging ayam emang paling pas untuk disajikan saat momen lebaran. Nah untuk pelengkapnya biar tambah nikmat kamu bisa sajikan chicken black pepper dengan nasi hangat atau bahkan dengan kentang rebus.

Dijamin deh para tamu langsung semangat makannya!

Chicken Mentai

Chicken Mentai © Diadona

Bosan dengan menyantap sajian ayam yang dimasak dengan konvensional? Mungkin chicken mentai bisa menjadi ide baru menu lebaran yang modern kekinian yang bisa kamu coba.

Saus mental khas jepang ini memang sangat populer dikalangan anak muda. Daging ayam yang lembut ditambah siraman saus mentai yang gurih bisa jadi tren baru menu lebaran di keluarga kamu nih!

Apalagi kalau kamu memiliki banyak  saudara yang berusia muda yakin deh menu yang kamu buat ini langsung diserbu dalam sekejap mata.

Daging Sapi Masak Cabe Hijau

Daging Sapi Cabe Hijau jadi Menu Lebaran © Diadona

Satu lagi olahan daging sapi tanpa santan yang bisa kamu coba untuk lebaran nanti. Lembutnya daging sapi disiram dengan cabe hijau yang pedas ini emang paling pas menjadi lauk saat menyantap nasi hangat. Apalagi kalau dimakan di suasana lebaran pastinya semakin mantap. 

Untuk cara buatnya juga sangat mudah jadi kamu perlu menghabiskan waktu yang lama untuk memasak di dapur. Tips jika kamu mau mencoba menu ini, gunakanlah daging sapi bagian sengkel ya agar tekstur daging lebih kenyal dan empuk. Resepnya ada di video di bawah ini!

Mimin sih udah mengincar chicken mentai, ayam lada hitam dan nasi goreng rempah sebagai menu lebaran modern dan kekinian besok. Kalau kamu? Share juga ide menu ala kamu di kolomkomentar ya!

Editor : Husnul Khotimah

Beri Komentar