15 Menu Lebaran Sederhana Tapi Mewah

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Minggu, 9 April 2023 05:25
15 Menu Lebaran Sederhana Tapi Mewah
Kamu butuh menu learan sederhana tapi mewah untuk menghadirkan makanan istimewa tanpa perlu ribet

Lebaran merupakan momen yang identik dengan perayaan untuk menunjukkan rasa syukur. Namun harus tetap disikapi dengan bersahaja ya Diazens, termasuk dengan pemilihan menu yang akan disajikan. Agar tak ribet di dapur namun tetap berkesan memberikan yang terbaik untuk tamu, solusinya adalah menghadirkan menu lebaran mewah.

Pilih bahan-bahan premium yang mudah diolah, nmaun jumlahnya tak berlebihan. Biar nggak bingung, nih Diadona kasih daftar menu lebaran sederhana tapi mewah yang bisa dijadikan inspirasi untuk menjamu para tamu saat lebaran nanti.

 

1 dari 7 halaman

Opor Ayam

Resep Opor Ayam Lebaran Spesial © Diadona

Menu lebaran sederhana tapi mewah yang pertama tentu saja ada opor ayam. Opor Ayam seakan sudah menjadi makanan wajib saat lebaran. Biasanya, Opor Ayam akan lebih nikmat bila disantap sebagai sayur ketupat.

Opor Ayam dimasak dengan menggunakan bumbu dasar putih dan bumbu dasar kuning. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Opor Ayam cukup sederhana. Namun, cita rasa Opor Ayam nggak pernah gagal menggugah selera.

Rendang

Rendang DAging untuk Lebaran © Diadona

Siapa yang nggak kenal dengan makanan satu ini? Masakan khas Minang ini sering kali kita jumpai di rumah makan Padang. Meski begitu, kamu tetap bisa menjadikan Rendang sebagai menu lebaran yang sederhana tapi mewah.

Kesederhanaannya datang dari rendang yang cukup dimakan tanpa perlu tambahan menu lainnya. Namun karena terbuat dari daging yang dimasak dengan rempah-rempah tradisional yang kuat, membuatnya jadi terasa istimewa.

2 dari 7 halaman

Sop Iga

Sop Iga untuk Lebaran Sederhaan tapi Mewah © Diadona

Menu lebaran umumnya identik dengan masakan berbahan dasar santan. Namun, kamu juga bisa menyajikan masakan berkuah bening seperti sop iga untuk lebaran nanti. 

Iga sapi yang kaya rempah dilengkapi dengan aneka sayuran pasti menggugah selera. Apalagi dengan siraman kuah bening yang menambah kesegaran. Makanan ini nampak mewah tapi tetap sederhana dibuat.

Semur Daging

Semur Daging Kentang © Diadona

Selain diolah menjadi rendang khas Minang, kamu juga bisa mengolah daging sapi menjadi semur untuk menu lebaran. Bagi kamu yang bosan makan opor ayam saat lebaran, semur daging bisa jadi pilihan menu baru.

Masakan berbahan dasar daging sapi ini sangat cocok disantap dengan ketupat. Kamu juga bisa menambahkan potongan kentang dan tahu agar lebih mengenyangkan. Rasanya yang manis dan gurih akan menambah keistimewaan lebaran kamu. 

3 dari 7 halaman

Rawon

Rawon, MEnu Lebaran Sederhana tapi Mewah © Diadona

Masakan satu ini mungkin lebih sering kamu jumpai di acara hajatan. Namun, Rawon juga bisa jadi ide menu lebaran sederhana tapi mewah lho, Diazens. Kuahnya yang berwarna hitam pekat dengan cita rasa kluwek sebagai bumbu utamanya memberikan kemewahan tersendiri bagi masakan satu ini.

Masakan yang terbuat dari daging sapi ini biasanya disajikan bersama nasi putih hangat. Namun, kamu bisa menggantinya dengan lontong atau ketupat, kok. Kamu juga bisa menambahkan telur asin, kecambah, dan kerupuk udang sebagai pelengkap. Dijamin bikin keluarga kamu nambah makannya.

Tongseng Daging

Tongseng Daging yang Mewah namun Sederhana © Diadona

Selain rendang dan opor ayam yang sudah biasa disajikan saat lebaran, kamu juga bisa menyajikan tongseng daging sapi.

Namun, untuk memasak Tongseng Daging kamu memerlukan banyak bumbu dan rempah. Inilah yang membuat cita rasa tongseng daging sapi lebih kaya dan nikmat. Untuk menambah kesegaran, kamu bisa menyajikan Tongseng Daging dengan acar timun dan wortel sebagai pelengkap.

4 dari 7 halaman

Krengsengan Daging Sapi

Krengsengan Daging Sapi © Diadona

Krengsengan daging sapi memang biasanya disajikan sebagai menu makanan sehari-hari. Namun, masakan ini bisa jadi ide menu lebaran sederhana tapi mewah. Krengsengan Daging Sapi bisa disantap sebagai pelengkap rawon atau sate.

Masakan khas Surabaya ini biasanya terbuat dari daging sapi atau kambing. Tapi, kalau kamu ingin lebih sederhana bisa diganti dengan daging ayam. Krengsengan Daging Sapi memiliki cita rasa yang manis dan tekstur daging yang empuk sehingga menggiurkan para penikmatnya.

Bistik Daging 

Bistik Daging Sapi, Menu Lebaran Mewah namun Sederhana © Diadona

Bistik Daging merupakan makanan yang sering disajikan pada berbagai acara besar. Masakan khas Solo ini sekilas nampak seperti steak. Namun, cita rasanya khas Indonesia banget, deh.

Makanan yang berbahan dasar daging sapi ini biasanya disiram dengan saus bercita rasa manis. Bistik Daging sapi biasanya disajikan dengan potongan sayuran seperti wortel, buncis, jagung, dan kentang.

5 dari 7 halaman

Asem-Asem Daging

Asem-Asem Daging untuk Menu Lebaran © Diadona

Masih dari kota Solo, kali ini ada asem-asem daging yang bisa disajikan sebagai menu lebaran sederhana tapi mewah. Cocok banget buat keluarga yang nggak bisa mengonsumsi makanan bersantan.

Asem-asem Daging memiliki ciri khas tersendiri yang unik dan berbeda dari olahan daging sapi lainnya. Perpaduan tekstur daging yang empuk dan rasanya yang pedas dan asam. Hidangan mewah satu ini pasti menggugah selera keluarga saat lebaran.

Sop Tetelan

Sop Tetelan Daging Sapi © Diadona

Sop Tetelan memang cocok disantap kala dingin dan hujan. Jaid menu lebaran? Tentu pas banget dong! Masakan satu ini mungkin bisa kamu hidangkan untuk menjamu keluarga.

Kuah bening yang gurih dan sedap pasti bikin tergiur. Apalagi kalau disajikan selagi hangat. Isiannya yang beragam cocok banget disantap dengan nasi hangat.

6 dari 7 halaman

Tumis Brokoli Daging Sapi

Tumis Brokoli Daging Sapi © Diadona

Bukan sop melainkan tumisan daging sapi. Brokoli yang berwarna hijau dan tumisan daging sapi yang legit membuat hidangan ini nampak sangat cantik. 

Tumis brokoli daging sapi adalah solusi cerdas untuk tetap menyajikan sayur di kala lebaran. Dibaut dengan bahan dan cara sederhana, masakan ini tetap terasa mewah dan istimewa.

Balado Daging Sapi

Dendeng Sapi yang Mewah untuk Lebaran © Diadona

Balado daging sapi nggak boleh terlewatkan dari daftar menu lebaran sederhana tapi mewah. Apalagi kalau kamu dan keluarga termasuk pecinta masakan pedas. Menu satu ini pedasnya pasti bikin ketagihan.

Balado Daging Sapi paling enak disantap dengan nasi hangat. Agar lebih lengkap, kamu juga bisa menambahkan telur rebus ke dalam balado daging sapi. Satu piring nasi pasti nggak akan cukup untuk menikmati kelezatan masakan satu ini.

7 dari 7 halaman

Nasi Kebuli

Nasi Kebuli © Diadona

Nasi Kebuli merupakan salah satu masakan khas Timur Tengah. Aroma yang khas dari masakan satu ini pasti menggugah selera. Terlebih lagi kalau disajikan untuk menyambut tamu saat lebaran tiba.

Masakan satu ini kaya akan rempah dengan aroma dan cita rasa gurih yang khas. Biasanya, Nasi Kebuli dihidangkan dengan daging kambing sebagai lauk pelengkapnya. Kalau ingin lebih sederhana, kamu bisa mengganti daging kambing dengan daging ayam ya, Diazens.

Daging Cabai Hijau

Daging Cabe Hijau © Diadona

Rekomendasi menu lebaran sederhana tapi mewah satu ini masih berbahan dasar daging sapi nih, Diazens. Tekstur daging sapi yang empuk berpadu dengan sambal cabai hijau yang pedasnya nampol. 

Cukup dengan nasi hangat atau kami bisa tambahkan menu bercita rasa light lainnya buat bikin hidangan ini makin istimewa.

Sate Maranggi

Resep Sate Maranggi © Diadona

Diazens mungkin sudah nggak asing dengan kuliner tradisional yang sangat populer ini. Sate Maranggi adalah salah satu makanan khas Purwakarta. Nah, kalau menu lebaran sederhana tapi mewah yang ini mungkin lebih cocok kalau disantap saat malam hari.

Sate Maranggi biasanya berbahan dasar daging kambing atau daging sapi. Namun, kamu juga bisa menggunakan daging ayam, kok. Sate Maranggi akan lebih nikmat bila disajikan dengan dengan acar dan potongan tomat yang segar. 

Apakah kamu ada rekomendasi menu lebaran sederhana dan mewah lainnya? Share inspirasi masak ala kamu di kolom komentar ya!

Editor :  Shellta Zanneti Mallarangi

Baca Juga: 12 Menu Lebaran Praktis dan Sederhana Tanpa Ribet 19 Cemilan Lebaran yang Gurih dan Nagih, Bikin Nggak Berhenti Makan 16 Jajanan Lebaran Populer di Meja Ruang Tamu, Mana Favoritmu? 19 Ide Hampers Lebaran Unik dan Berkesan Tanpa Mahal

Beri Komentar