Tips Cegah Virus Corona saat Traveling ke Luar Negeri, Terutama China

Reporter : Mila
Sabtu, 25 Januari 2020 16:00
Tips Cegah Virus Corona saat Traveling ke Luar Negeri, Terutama China
Langkah pencegahan lebih baik daripada mengobati.

Informasi tentang virus corona belakangan ini membuat banyak orang panik, terutama orang yang ingin bepergian ke luar negeri, khususnya China. Pasalnya virus corona disebut-sebut sebagai virus yang mematikan, terbukti dari laporan adanya beberapa korban meninggal di berbagai negara.

Lalu bagaimana untuk menghindari virus ini jika akan bepergian ke luar negeri? Melansir Fimela (24/1), Prof. Ari Fahrial Syam, Akademisi dan Praktisi klinis, mengatakan sebaiknya kita (yang akan bepergian) harus memastikan dulu kondisi tubuh dalam keadaan fit.

Berikut adalah beberapa tips untuk cegah virus corona bagi kamu yang ingin bepergian ke luar negeri, khususnya China.

1 dari 5 halaman

Makan dan Minum Cukup

Prof. Ari menyarankan untuk selalu mengonsumsi makanan dan minuman yang higienis. Selain itu hindari makanan dan minuman yang manis, gorengan, dan minuman dingin yang bisa merangsang sakit tenggorokan.

2 dari 5 halaman

Tidur Cukup

Tidur yang cukup membuat badan menjadi lebih fit dan daya tubuh menjadi lebih baik, sehingga mengurangi risiko terpaparnya virus. Disarankan untuk tidur sekitar 6-8 jam setiap harinya.

3 dari 5 halaman

Pakai Masker

Ada baiknya untuk selalu menggunakan masker, terutama jika sedang berada di tempat umum atau kerumunan. Masker N95 sangat dianjurkan, karena dapat memfilter udara lebih baik dari masker biasa.

4 dari 5 halaman

Selalu Cuci Tangan

Tangan adalah tempat penularan virus paling cepat. Untuk menghindarinya, maka rajinlah mencuci tangan. Lebih disarankan menggunakan sabun yang mengandung antiseptik. Kamu dapat melakukannya sebelum dan sesudah makan, maupun setelah kontak dengan sesuatu yang juga disentuh oleh orang lain.

5 dari 5 halaman

Jika Terjadi Gejala Segera Hubungi Dokter

Gejala dari virus corona yang umum terjadi antara lain, demam, batuk, dan nyeri tenggorokan. Jika kamu mengalami hal-hal seperti yang disebutkan tadi, segeralah minta bantuan medis. Karena mencegah lebih baik daripada mengobati.

Semoga tips ini bermanfaat. Tetap waspada, ya!

Beri Komentar