Unik, Jajanan Berondong Jagung Tradisional Tiongkok Ini Dibuat Pakai Meriam loh!

Reporter : Nasa
Selasa, 12 Mei 2020 18:35
Unik, Jajanan Berondong Jagung Tradisional Tiongkok Ini Dibuat Pakai Meriam loh!
Jadi setiap berondong jagung ini matang, maka meriamnya akan mengluarkan suara dentuman yang sangat keras!

Buat kamu yang suka ngemil pasti familiar deh sama kudapan yang satu ini. Yap, berondong jagung atau yang dalam bahasa Inggris disebut sebagai 'pop corn'. Biasanya, berondong jagung dimasak menggunaan panci atau bisa juga menggunakan mesin modern yang membuatnya jadi lebih efisien.

Tapi ternyata nggak semua berondong jagung dimasak dengan cara tersebut loh. Jadi nih, di Tiongkok, ada cara memasak berondong jagung yang sangat unik. Yakni menggunakan meriam api!

Melansir dari laman SCMP, berondong jagung yang dimasak menggunakan meriam api tersebut merupakan cara tradisional dari penduduk Tiongkok sejak lama. Berondong jagung yang dimasak menggunakan meriam api tersebut masih bisa ditemui di sejumlah daerah di Tiongkok.

Proses pembuatan berondong jagung yang menggunakan meriam api ini sudah dipastikan selalu menarik perhatian banyak orang termasuk turis. Soalnya nih ya, proses pembuatannya akan menimbulkan suara khas yang sangat berbeda.

1 dari 3 halaman

Alat Pembuatan Berondong Jagung Tradisional Tiongkok © Diadona

2 dari 3 halaman

Jadi pertama-tama, biji jagung dimasukan ke dalam alat yang bentuknya sangat mirip dengan meriam api. Kemudian dipanaskan selama beberapa saat. Setelah itu, bagian ujung meriam akan diberi kantong kanvas.

Setelah itu, dentuman yang sangat keras akan terdengar seiring dengan keluarnya berondong jagung yang sudah matang. Katanya, berondong jagung yang dimasak menggunakan meriam api ini memiliki cita rasa gurih dan juga manis.

Bentuknya sendiri terlihat sedikit berbeda dengan berondong jagung yang diolah secara modern. Bentuknya terlihat lebih bulat sempurna namun tetap tidak jauh berbeda dengan pop corn yang diolah secara modern.

Penasaran nih pengen lihat langsung cara pembuatannya. Kamu udah pernah punya pengalaman pembuatan berondong jagung secara tradisional Tiongkok? Jangan segan bagikan pengalamanmu di kolom komentar ya.

3 dari 3 halaman

 

Beri Komentar