Tidak Pernah Sakit Ternyata Juga Penyakit, Kok Bisa?

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Jumat, 3 Januari 2020 14:20
Tidak Pernah Sakit Ternyata Juga Penyakit, Kok Bisa?
Jika seseorang tidak pernah sakit tentu hal ini merupakan suatu hal yang luar biasa. Namun ternyata kondisi tersebut juga merupakan suatu penyakit. Simak artikel dibawah ini yuk!

Beberapa kali beredar berita yang cukup mengundang keheranan yaitu tentang orang-orang yang menggoreng sesuatu dengan mencelupkan tangannya pada penggorengan tanpa merasa kepanasan atau kesakitan. Karena pada umumnya kulit akan merasakan panas bahkan dapat melepuh jika terkena sesuatu yang bersuhu tinggi. Namun ternyata terdapat beberapa orang yang tidak dapat merasakan panas, dingin, tidak berkeringat, tidak merasakan sakit bahkan ketika mereka mengalami cedera, terbentur ataupun terluka.
Apakah kamu juga salah satu orang yang mengalami hal serupa?

Menurut artikel verywellhealth.com (09/03) Congenital Insensitivity to Pain with Anhidrosis atau dapat dengan mudah disebut CIPA, adalah sebutan medis bagi mereka yang tidak dapat merasakan sakit. Kondisi ini tergolong sangat langka terjadi dan merupakan penyakit bawaan lahir. Biasanya sejak kecil kondisi ini dapat langsung di sadari.

Normalnya, saat tubuh mengalami luka maka ujung-ujung sel saraf akan mengirimkan pesan ke otak berupa rasa nyeri atau sakit.
Selanjutnya, otak akan memberi perintah ke bagian tubuh tersebut untuk menjauh dari penyebab luka dan melakukan gerakan untuk melindungi diri atau mengurangi nyeri.

Pada orang yang mengalami CIPA, terjadi mutasi pada gen NTRK1 yang bertanggung jawab untuk mengirimkan pesan ini.
Jadi meskipun terkena benda yang panas atau terluka sekalipun, penderita CIPA tidak akan memberikan respon karena tidak merasa sakit.

Adanya mutasi genetik ini juga menyebabkan penderita CIPA tidak bisa mengeluarkan keringat, walaupun ia merasa gerah setelah berolahraga atau saat cuaca sedang panas. Hal ini tentu berbahaya, karena berkeringat adalah salah satu cara tubuh untuk menyeimbangkan suhu.

Pada anak-anak, orang tua perlu memberi perhatian lebih pada luka yang ada pada tubuh anak.
Karena jika terdapat luka yang tidak segera di obati, maka akan terjadi infeksi.
Hingga saat ini belum ada perawatan yang dapat menyembuhkan penyakit CIPA atau menggantikan sensasi rasa sakit yang hilang atau fungsi berkeringat.

Beri Komentar