Tidak Boleh Mandi saat Demam, Benaran Gak Sih?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Sabtu, 8 Januari 2022 07:27
Tidak Boleh Mandi saat Demam, Benaran Gak Sih?
Banyak yang mengatakan ketika demam tidak boleh mandi.

Ketika demam melanda, orang akan beristirahat full. Selain itu, orang-orang sekitar biasanya juga tidak memperbolehkan orang yang demam untuk mandi, karena katanya akan membuat demam tidak sembuh dan malah membahayakan. Namun, apakah benar demikian?

 

1 dari 4 halaman

Wanita Sakit DemamWanita Sakit Demam © Shutterstock

Ternyata, merangkum dari Hellosehat, mandi saat demam itu diperbolehkan. Sebenarnya pun, tak ada kaitannya antara mandi dengan proses demam. Malah kalau memang kondisi memungkinkan, mandi 2 kali sehari begitu disarankan agar kebersihan tubuh tetap terjaga, serta agar menghindari infeksi lainnya.

Yang perlu diperhatikan bukanlah mandinya, melainkan air yang digunakan untuk mandi. Jika masih ada pemikiran mandi air dingin agar demam turun, itu salah, justru bisa memperburuk keadaan. Sebab jika mandi air dingin, tubuh akan menganggapnya ancaman, sehingga suhu tubuh bisa jadi lebih tinggi.

 

2 dari 4 halaman

Atau justru sebaliknya. Namun bukannya lebih mending, justu bisa lebih parah. Mandi dengan air dingin saat demam bisa menurunkan suhu tubuh secara drastis. Bisa-bisa nanti tubuh menggigil, deh.

Untuk itu, disarankan untuk mandi dengan air hangat ya sobat. Namun perlu diperhatikan juga cara mandinya. Yang paling penting adalah memandikan suam-suam kuku agar suhu tubuh sama.

3 dari 4 halaman

Ilustrasi Perempuan Sakit DemamIlustrasi Perempuan Sakit Demam © 2020 shutterstock.com/alysun

Perlu diketahui bahwa demam merupakan akibat peradangan tubuh. Misalnya sistem imun yang sedang melawan infeksi. Peradangan tersebut membuat tubuh melepaskan senyawa kimia khusus yang dibawa ke hipotalamus, struktur otak untuk mengatur suhu tubuh.

Namun jika sudah mandi air hangat namun suhu tubuh makin naik, bisa minum obat pereda nyeri seperti acetaminophen, ibuprofen, atau aspirin, agar gejalanya mereda.

 

Beri Komentar