Sering Makan Pedas Bisa Bikin Sariawan, Benar Gak Sih?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Kamis, 6 Januari 2022 18:27
Sering Makan Pedas Bisa Bikin Sariawan, Benar Gak Sih?
Katanya sih demikian. Cek kebenarnya di artikel ini, yuk!

Salah satu gangguan kesehatan yang sering terjadi di antara kita adalah sariawan. Banyak hal yang menyebabkan kenapa seseorang bisa menyebabkan sariawan. Namun, katanya sering makan pedas bisa jadi salah satu penyebabnya. Namun, benarkah demikian?

 

1 dari 4 halaman

Ilustrasi Makan PedasIlustrasi Makan Pedas © Shutterstock

Ternyata melansir dari Halodoc.com, makan pedas tidak menyebabkan sariawan. Namun jika kamu sudah sariawan sebelumnya, rasanya akan terasa perih karena ada efek panas dari makan pedas yang merupakan efek kapsaisin, berasal dari cabai.

Jadi, efek pedas dari kapsaisin bukanlah efek kenapa ada luka pada bibir alias sariawan. Justru sebaliknya, kandungan kapsaisin sebenarnya bisa mencegah terjadinya sariawan, karena kapsaisin bisa mengunbah keasaman rongga mulut. Bakteri penyebab sariawan pun tidak hidup alias mati.

2 dari 4 halaman

Ilustrasi Makan PedasIlustrasi Makan Pedas © Shutterstock

Lalu apa yang menyebabkan seseorang bisa sariawan? Yaitu bisa dikarenakan kekurangan vitamin C, karena vitamin tersebutlah yang menjaga kesehatan mulut dan gusi. Meski demikian, kekurangan vitamin C bukanlah penyebab utama seseorang sariawan. Sebab, kelebihan konsumsi vitamin C juga bisa menyebabkan sariawan.

Kurang vitamin B12 dan B19 juga bisa menyebabkan sariawan. Selain itu, hal yang bisa menyebabkan sariawan adalah merokok atau berhenti merokok, tertular dari ciuman, penggunaan pasta gigi dan obat kumur.

 

3 dari 4 halaman

Makanan pedas bukanlah penyebab sariawan. Jika emang iya, itu berarti bibir atau mulut sensitif terhadap makanan pedas. Namun untuk lebih jelasnya, bisa diperiksa dan dikonsultasikan kepada dokter terkait, ya!

Semoga bermanfaat!

Beri Komentar