Sering Diremehkan, Ini 6 Kesalahan Memakai Softlens yang Berisiko untuk Mata

Reporter : Mila I
Jumat, 7 Januari 2022 07:57
Sering Diremehkan, Ini 6 Kesalahan Memakai Softlens yang Berisiko untuk Mata
Sudah benar belum cara kamu pakai softlens?

Penggunaan lensa kontak atau softlens kini semakin dilirik sebagai alat bantu penglihatan ataupun menunjang penampilan. Meskipun populer, sayangnya tidak sedikit orang yang masih melakukan kesalahan saat memakainya.

Tak bisa dianggap sepele, kebiasaan-kebiasaan buruk itu bisa menganggu kesehatan mata. Melansir Centers for Disease Control and PreventionMayo Clinic dan Cleveland Clinic, berikut ini kesalahan-kesalahan saat memakai softlens yang harus dihindari.

1 dari 6 halaman

Tidak Mencuci Tangan Dulu

Demi menyingkat waktu, banyak orang yang melewatkan mencuci tangannya sebelum menyentuh softlens. Padahal, tangan yang kotor bisa jadi media kuman untuk berpindah ke softlens

Saat softlens telah terkontaminasi oleh kuman, jelas akan berpotensi menimbulkan iritasi pada mata. Oleh karena itu, cucilah tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh softlens

2 dari 6 halaman

Mencampurkan Cairan Softlens Lama dengan yang Baru

Ilustrasi Memakai Softlens © Diadona

Ingat, jangan mencampurkan sisa cairan softlens lama dengan yang baru. Sebab, hal ini akan mengurangi efektivitas cairan. 

Tak hanya itu, sisa cairan lensa kontak sangat berpotensi menjadi tempat perkembangbiakan bakteri. Wadah penyimpanan softlens juga perlu diganti setiap tiga bulan sekali agar selalu terjaga kesterilannya.

3 dari 6 halaman

Tidak Memperhatikan Kedaluwarsa Softlens

Setiap jenis softlens punya tanggal kedaluwarsa masing-masing. Sayangnya, masih banyak orang yang menggunakannya melewati jangka waktu yang ditentukan. Hal tersebut jelas akan merugikan bagi kesehatan mata.

4 dari 6 halaman

Tidak Melepas Softlens saat Tidur

Ilustrasi Memakai Softlens © Diadona

Lupa melepas softlens saat tidur sering dianggap sepele. Padahal, hal ini adalah salah satu kesalahan besar.

Memakai softlens saat tidur akan membuat mata menjadi kering, kemerahan, dan iritasi. Pasalnya, mata akan tertutup oleh softlens sepanjang malam sehingga menghambat sirkulasi udara ke mata. Lebih parahnya lagi, softlens bisa saja bergeser terus-menerus ketika tidur yang menyebabkan luka pada kornea mata.

5 dari 6 halaman

Membersihkan Softlens dengan Air Keran

Beda seperti cairan lensa kontak yang steril, air keran mengandung kuman. Ini artinya membersihkan atau membilas softlens dengan air keran sangatlah berisiko.

Salah satu parasit yang biasa ditemui di air tawar ialah Acanthamoeba. Kalau softlens yang terkena air keran tadi telah terkontaminasi oleh amuba ini, maka akan menyebabkan infeksi pada kornea mata.

6 dari 6 halaman

Memakai Softlens saat Berenang atau Mandi

Ilustrasi Berenang © Diadona

Berenang atau mandi tanpa melepaskannya terlebih dahulu juga tidak kalah berisiko. Hal ini karena air keran ataupun kolam renang mungkin saja mengandung bakteri yang membahayakan mata.

Kebiasaan ini nantinya bisa menyebabkan peradangan pada kornea mata atau biasa disebut keratitis.

Demi menjaga kesehatan matamu, mulai dari sekarang cobalah hindari keenam kesalahan di atas, ya!

Beri Komentar