Sering jadi Bahan Lucu-lucuan, Ini Fakta Tentang Latah Menurut Kacamata Medis!

Reporter : Mila
Kamis, 6 Januari 2022 07:57
Sering jadi Bahan Lucu-lucuan, Ini Fakta Tentang Latah Menurut Kacamata Medis!
Kenapa sih kok ada orang yang suka latah?

Pernahkah kamu menemui orang yang melakukan latah saat kaget? Biasanya, orang yang menderita gangguan ini akan merespons kekagetan mereka dengan gerakan tubuh tertentu atau menyebut kata-kata spontan tertentu. Contohnya, "eh, copot.. copot..".

Lantas, apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan latah? Bisakah latah dihentikan? Cari tahu selengkapnya yuk!

1 dari 5 halaman

Latah Itu Apa Sih?

Ilustrasi Latah © Diadona

 

Latah atau dalam istilah medis disebut dengan jumping frenchmen of maine adalah kelainan yang ditandai dengan reaksi terkejut dari yang ringan sampai yang cukup ekstrem.

Istilah ini pertama kali ditemukan pada akhir abad ke-19 di Maine, Amerika Serikat, dan Quebec, Kanada. Kondisi ini terjadi di antara populasi penebang pohon keturunan Kanada-Prancis yang terisolasi.

Orang yang latah akan menunjukkan reaksi yang tidak terduga saat ia merasa kaget. Seseorang yang mengalaminya bisa menunjukkan reaksi berlebihan yang tidak biasa. Mulai dari mengulang kata-kata tertentu, melompat, menjerit, memukul, hingga melempar sesuatu.

Respons ini terjadi sangat cepat, natural, dan tanpa disengaja. Oleh karena itu, penderitanya tidak mampu mengendalikan kondisinya sendiri sehingga kata-kata atau respon yang keluar tidak terduga.

2 dari 5 halaman

Tipe dan Jenis Latah

Setiap orang yang latah ini menunjukkan respons yang berbeda-beda setelah mendapat 'rangsanga'n yang tiba-tiba dan tak terduga. Latah terbagi ke dalam beberapa tipe, seperti:

  1. Ekolalia: adalah pengulangan kata atau frase tertentu yang tak disengaja. Orang yang mengalami ekolalia akan seperti burung beo yang selalu mengulang perkataan orang. Misalnya: " Eh, copot copot!"
  2. Ekopraksia: Seseorang yang mengalami ekopraksia justru membuat atau meniru gerakan tubuh tertentu secara berulang dan tidak sengaja saat ia terkejut.
  3. Koprolalia: Seseorang yang latah koprolalia akan mengucapkan kata atau frasa yang tidak senonoh sebagai respons terkejutnya. Ini bisa merujuk pada alat kelamin, kotoran, atau tindakan seksual.
  4. Automatic Obedience: Pada beberapa orang, respons kaget ditunjukkan dengan mengikuti arahan atau bergerak sesuai dengan perintah orang yang mengagetkan, misalnya lari atau pukul.

3 dari 5 halaman

Penyebab Latah

Ilustrasi Latah © Diadona

Sejauh ini belum ada penelitian dan penjelasan medis yang mendukung penyebab dari latah. Jadi, bisa dikatakan kalau penyebab dari latah itu sendiri belum diketahui secara pasti.

Tapi, kondisi ini sering kali diyakini sebagai gangguan neuropsikiatri. Sebab, terkejutnya orang latah dianggap berlebihan dan tidak sewajarnya. 

Ada juga teori lain yanh menyebutkan bahwa kondisi ini diakibatkan oleh gangguan neurologis somatik. Gangguan somatik disebabkan oleh mutasi gen yang terjadi setelah pembuahan dan tidak diwariskan oleh orang tua atau diteruskan ke anak.

Selain itu, pengaruh budaya juga disebut-sebut bisa memengaruhi tingkat keparahan.

 

4 dari 5 halaman

Apakah Latah Bisa Disembuhkan?

Pada dasarnya, tidak ada terapi khusus untuk orang yang punya latah. Cara terbaik untuk mengurangi latah adalah dengan tidak mengagetkan orang yang memiliki gangguan ini.

Umumnya, kondisi ini akan menurun keparahannya seiring dengan pertambahan usia. Saat stres atau kecemasan berkurang, latah akan menjadi menurun frekuensi dan tingkat keparahannya. Oleh karena itu, mengurangi stres dan kecemasan pun bisa menjadi salah satu jalan untuk meredakan gangguan ini.

Tapi, kalau dirasa kondisi ini benar-benar mengganggu, kamu bisa berkonsultasi dengan terapis atau dokter untuk mengendalikan diri pada saat-saat tertentu.

Beri Komentar