Kayak Raditya Dika, Makan Buah Kiwi dengan Kulitnya Ternyata Punya Sederet Manfaat Baik Lho!

Reporter : Anif Fathul Amin
Selasa, 4 Januari 2022 17:03
Kayak Raditya Dika, Makan Buah Kiwi dengan Kulitnya Ternyata Punya Sederet Manfaat Baik Lho!
Meski bertesktur bulu, ternyata kulit kiwi puny banyak kandungan baik untuk tubuh lho!

Istri Anisa Aziza, Raditya Dika bikin netizen terheran0heran di akun Instagram pribadinya. Ayah dua anak ini memang terlihat memakan buah kiwi tanpa dikupas, alias langsung dengan kulitnya.

Meski ada sedikit bulu di kulit buah tersebut, Radit justru tetap lahap memakannya. Menurutnya, buah kiwi yang dimakan dengan kulitnya, terdapat banyak vitamin dan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Beneran nggak sih ini?

1 dari 6 halaman

Ilustrasi Buah Kiwi © Diadona

Buah kiwi terkenal dengan warna hijaunya yang cerah dan cantik. Buah yang berukuran sebesar telur ayam ini memiliki biji hitam kecil dengan tekstur kulit buah yang sedikit berbulu.

Konon katanya, kulit buah kiwi yang sering kali dibuang ini justru mengandung nutrisi yang tak kalah hebat dengan daging buahnya. Kandungan serat dan vitamin C-nya yang tinggi bahkan melebihi kandungan di dalam daging buahnya.

2 dari 6 halaman

Ilustrasi Buah Kiwi © Diadona

Pernyataan tersebut turut didukung oleh beberapa penelitian yang menunjukkan hasil bahwa kandungan serat yang terdapat pada kulit kiwi tiga kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan daging kiwi itu sendiri.

Jika kamu ingin mencoba makan kulit kiwi, cuci buah beserta kulitnya hingga benar-benar bersih terlebih dahulu. Setelah itu, kamu bisa makan buah kiwi layaknya makan buah apel atau pir yang tidak harus dikupas.

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, ada berbagai nutrisi di dalam kulit buah kiwi yang baik yang sayang bila kamu lewatkan begitu saja, yakni:

 

3 dari 6 halaman

Serat

Ilustrasi Buah Kiwi © Diadona

Serat terkenal dengan fungsinya untuk memperlancar kerja sistem pencernaan. Tidak hanya itu, serat juga dipercaya dapat membantu mengontrol berat badan karena bisa mempertahankan rasa kenyang lebih lama sehingga porsi makan kamu akan lebih sedikit.

Sebuah penelitian pada 2015 yang dimuat dalam Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics menemukan bahwa makan makanan tinggi serat bisa mencegah risiko penyakit kanker, jantung, serta diabetes.

4 dari 6 halaman

Vitamin E

Vitamin E termasuk dalam rangkaian vitamin larut lemak dengan sifat antioksidan yang kuat. Maka itu, makan buah dengan kandungan vitamin E seperti kiwi bisa membantu menjaga kesehatan sel-sel tubuh dengan cara mencegah kerusakan akibat radikal bebas.

5 dari 6 halaman

Folat

Ilustrasi Buah Kiwi © Diadona

Folat merupakan salah satu nutrisi penting yang harus dipenuhi oleh ibu hamil. Pasalnya, folat memiliki andil untuk pertumbuhan dan pembelahan sel bakal bayi, sekaligus mampu mencegah risiko bayi mengalami cacat lahir.

Oleh karena itu, banyak anjuran yang menyarankan ibu hamil dan wanita yang sedang mempersiapkan kehamilan, agar memenuhi asupan folat dengan makan buah kiwi.

6 dari 6 halaman

Antioksidan

Penelitian menunjukkan bahwa kulit buah kiwi kaya akan antioksidan yang bisa menjadi pelindung alami bagi kesehatan tubuh kamu. Bahkan ada kandungan antioksidan khusus yang jauh lebih tinggi pada kulit daripada daging buahnya.

Nah, siapa di sini yang suka makan buah satu ini? beneran seenak itu ya uys?

Beri Komentar