Seberapa Besar Kapasitas Otak Manusia Dalam Gigabyte?

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Selasa, 16 Februari 2021 09:25
Seberapa Besar Kapasitas Otak Manusia Dalam Gigabyte?
Ternyata fakta tentang otak ini mengejutkan banget lho..

Manusia memiliki kapasitas memori yang besar untuk menampung beberapa informasi sekaligus. Dalam sehari kita dapat menampung berbagai informasi, terlebih seminggu, setahun hingga sepanjang hidup kita.

Terdapat berbagai memori yang tersimpan di dalam otak. Dilansir dari TechTimes.com, menurut penelitian ang dilakukan oleh peneliti dari Salk Institute ini menemukan bahwa otak manusia ternyata memiliki kapasitas memori setidaknya 1 petabyte atau setara dengan 1 juta gigabyte. Jumlah itu diperkirakan setara dengan internet saat ini.

1 dari 2 halaman

Ilustrasi otak perempuan © Diadona

Angka ini diperoleh berdasarkan sebuah perhitungan terhadap euron-neuron di dalam otak manusia, yang satu sama lainnya mampu terhubung membentuk koneksi sinapsis.

Otak manusia mengandung sekitar 100 miliar neuron, dimana masing-masing neuron mampu menghasilkan sekitar 1000 koneksi yang mewakili 1000 sinapsis potensial. Sebagian besar sinapsis menjalankan fungsinya sebagai penyimpanan data. Maka jika 100 miliar neuron masing-masingnya dikalikan dengan 1000 koneksi yang dihasilkan, akan diperoleh 100 triliun titik data atau sekitar 100 terabyte informasi mampu tersimpan dalam otak kita.

2 dari 2 halaman

Ilustrasi Otak © Diadona

Jumlah kategori sinapsis yang tak terduga itu kemudian membawa pada kesimpulan bahwa potensi kapasitas memori otak manusia ternyata lebih hebat dari yang diketahui sebelumnya. Bahkan, Sejnowski menuturkan akibat dari penemuan ini lebih jauh dari yang pernah dipikirkan sebelumnya.

Wah keren banget ya. Memiliki kemampuan memori yang tak terbatas sebaiknya kita menggunakannya sebaik mungkin dengan ilmu pengetahuan atau hal-hal positif lainnya ya.

Beri Komentar