Sejumlah Bahaya Kuku Panjang untuk Kesehatan, Ayo Potong!

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Senin, 15 Februari 2021 16:27
Sejumlah Bahaya Kuku Panjang untuk Kesehatan, Ayo Potong!
Siapa nih yang suka memelihara kuku ampe panjang~

Salah satu agar penampilan terlihat semakin menarik mungkin dengan memanjangkan kuku. Kamu juga begini? Kalaupun bukan karena ingin terlihat keren, ya paling karena males aja sih.

Padahal, kuku panjang itu bisa menimbulkan masalah kesehatan yang cukup serius lho! Melansir dari Klikdokter.com, ini sejumlah bahaya kuku panjang.

 

1 dari 6 halaman

1. Terluka dan Melukai

Ilustrasi Kuku © Diadona

Khususnya bagi mereka yang belum biasa gimana caa hidup dengan kuku panjang, hal ini bisa berbahaya. Sebab, bisa saja ketika melakukan kegiatan tersebut, kamu bisa tergores, tertusuk atau tercakar dengan kuku panjangmu sendiri. Yang paling parah adalah kalau korbannya orang lain, gaes!

 

2 dari 6 halaman

2. Sarang Kuman dan Bakteri

Ternyata, kuku panjang bisa menjadi sarang berkumpulnya kuman dan bakteri. Dalam sehari-hari, kita bisa menyentuh berbagai macam benda bukan? Nah, kuman dan bakteri suka banget nih nyelip di kuku panjang. Soalnya kan agak susah atau males ya nyuci tangan sampai ke dalam-dalam kuku.

3 dari 6 halaman

3. Sumber Infeksi

ilustrasi Kuku © Diadona

Nah karena tempat berkumpulnya kuman dan bakteri, kalau nggak dibersihkan dengan benar nih, bisa menyebabkan infeksi. Contohnnya aja ketika ternyata kuku kita kotor dan makan dengan tangan, nanti bisa diare, bahkan sampai keracunan. Begitu juga dengan masalah infeksi lainnya gaes!

4 dari 6 halaman

4. Patah

Emang sih, beberapa orang bakal merasa dirinya keren dengan punya kuku panjang. Tapi, pernah ngebayangin nggak sih, kalau kuku yang panjang itu tiba-tiba patah karena suatu hal? Sakit banget pasti dan bakal menyebabkan pendarahan.

5 dari 6 halaman

5. Menggoda untuk Digigit

Ilustrasi Kuku Sehat © Diadona

Tahu nggak sih, kuku panjang itu punya pesonanya sendiri lho buat digigit! Kebiasaan ini bisa disebut sebagai onychophagia atau nail bitting. Untuk jadi tempat sarang kuman dan bakteri, tapi malah digigit? Ih, menyebar ke mulut dong!

Beri Komentar