Penyebab Terjadinya 'Suduken', Rasa Sakit di Perut yang Muncul Saat Berlari

Reporter : Firstyo M.D.
Senin, 22 Maret 2021 17:40
Penyebab Terjadinya 'Suduken', Rasa Sakit di Perut yang Muncul Saat Berlari
Enak-enak lari, eh kok tiba-tiba muncul rasa nyeri.

Pernahkah Diazens mengalami munculnya rasa sakit menusuk di bagian perut saat sedang berlari atau melakukan aktivitas fisik lain? Jika familiar dengan rasa sakit tersebut, maka besar kemungkinan Diazens mengalammi 'suduken'.

'Suduken' adalah istilah yang biasa digunakan oleh orang Jawa untuk menyebut side stitch, kondisi rasa sakit menusuk yang tiba-tiba muncul. Sakit yang biasa terjadi di perut bagian atas atau samping ini umum terjadi dan cukup mengganggu.

Sebenarnya, apa sih penyebab suduken alias side stitch itu? Simak ulasan berikut ya, Diazens!

1 dari 4 halaman

Apa Itu 'Suduken'?

'Suduken' menurut istilah medis disebut side stitch. Kondisi sakit di bagian perut bagian atas atau samping ini cukup mengganggu saat kita sedang melakukan aktivitas fisik jangka panjang seperti lari, bersepeda, atau olahraga kardio lain.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2014, sekitar 70 persen pelari disebut pernah mengalami rasa sakit di perut karena 'suduken' atau side stitch.

Rasa sakit yang muncul biasanya terasa seperti kram atau nyeri hingga terasa ada tarikan dan sakit yang menusuk di area sekitar bawah rusuk. Rasa nyeri menusuknya akan terasa makin parah saat kita menarik napas.

2 dari 4 halaman

Penyebab 'Suduken'

Ilustrasi perempuan suduken © Diadona

Penyebab 'suduken' atau side stitch tak pernah diketahui secara pasti. Namun ada beberapa karakteristik pada seseorang yang dipercaya dapat mempengaruhi kemunculan rasa sakit tersebut.

Dilansir dari Medical News Today, karakteristik seseorang seperti usia, postur, intensitas latihan, pola makan dan minum, suhu, dan kekuatan otot berpengaruh besar terhadap kemungkinan seseorang mengalami 'suduken'/side stitch atau tidak.

Selain dari faktor di luar tubuh, kondisi dalam tubuh juga berpengaruh pada rasa sakit yang muncul tiba-tiba itu. Salah satu teori yang paling dipercaya, dikutip dari Merdeka, adalah adanya peningkatan darah di hati dan limpa selama gerakan kardio inten yang akhirnya menimbulkan rasa sakit di perut bagian samping.

Teori lainnya menyebut bahwa rasa menusuk muncul dibebakan oleh organ dalam saat menarik diafragma. Rasa sakit bisa juga muncul karena adanya iritasi di bagian perut dan panggul. Hingga saat ini, peneliti masih terus mencari tahu penyebab pasti dari 'suduken' alias side stitch.

3 dari 4 halaman

Mencegah dan Meredakan 'Suduken'

Ilustrasi perempuan lari © Diadona

Oleh karena penyebabnya yang belum diketahui pasti, kita masih tak bisa menemukan cara paling manjur untuk menghilangkan rasa menusuk di bagian perut itu. Namun, ada beberapa cara yang, berdasarkan pengalaman, dirasa dapat mencegah dan meredakan 'suduken' atau side stitch.

Beberapa caranya adalah:

  • Menjaga postur tubuh tetap baik selama olahraga
  • Membuang napas teratur (tidak ditahan) selama olahraga berlangsung
  • Memperlambat aktivitas olahraga saat sakit muncul
  • Duduk di posisi ternyaman dan mengambil napas dalam
  • Melakukan peregangan di area sekitar perut
  • Jaga asupan cairan tubuh
  • Tidak langsung berolahraga setelah makan besar

Beri Komentar