Jangan Sepelekan, Perut Sering Kembung Ternyata Tanda Berbahaya Lho

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Kamis, 18 Maret 2021 10:25
Jangan Sepelekan, Perut Sering Kembung Ternyata Tanda Berbahaya Lho
Meski terkesan ringan, namun perut kembung dapat jadi pertanda masalah kesehatan lho.

Perut yang kembung sering kali disebut karena kekenyangan atau juga salah satu gejala masuk angin. Jika terjadi sesekali hal ini mungkin wajar terjadi.

Tapi apakah kamu pernah merasakan kembung yang terus menerus?

Sering merasa kembung bisa jadi merupakan pertanda adanya sesuatu yang membahayakan tubuh lho.

1 dari 2 halaman

Ilustrasi Sakit Perut © Diadona

Dilansir dari Healthline.com, jika rasa kembung disertai dengan rasa sakit atau nyeri pada perut, maka hal ini bisa jadi karena penyakit mag, tukak lambung atau bahkan GERD. Perut kembung dapat disebabkan karena tiga gangguan ini.

Beberapa ahli kesehatan mengungkapkan rasa sakit pada lambung jadi salah satu gejala yang paling sering dialami.

Selain kembung, gejala lainnya biasa disebut sindroma dispepsia berupa rasa nyeri di ulu hati, kembung, mual, muntah, sendawa, dan perut terasa penuh.

2 dari 2 halaman

Penyebab Perut Kembung © Diadona

Pakar diet dari Texas Children's Hospital dan juru bicara Academy of Nutrition & Dietetics, Kristi King, menjelaskan perut kembung terjadi karena peningkatan gas atau konsumsi garam berlebihan. Jika banyak mengonsumsi asupan garam atau sodium, tubuh akan menumpuk air.

Untuk mengatasi perut kembung, kamu dapat mengonsumsi ekstrak kunyit. Kandungan pada kunyit dapat mengurangi gas yang ada pada lambung, membunuh beberapa jenis bakteri yang bisa membuat luka pada lambung, dan memiliki fungsi hepatoprotektif untuk melindungi liver.

Jika rasa kembung terjadi terus menerus dan diriringi dengan gejala lain, segera periksakanlah ke dokter. Jangan sepelekan perut kembung ya guys!

Beri Komentar