Penyakit Gout Arthritis adalah Penyakit Asam Urat, ini Penyebab, Gejala dan Pengobatannya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Sabtu, 20 Maret 2021 13:14
Penyakit Gout Arthritis adalah Penyakit Asam Urat, ini Penyebab, Gejala dan Pengobatannya
Penyakit gout bisa membuat penderitanya merasakan sakit di sendi yang parah dan tak tertahankan.

Penyakit gout lebih dikenal dengan nama asam urat bisa dibilang sebagai salah satu penyakit yang paling sering dikeluhkan. Menurut penderitanya sih asam urat yang kambuh terasa sangat menyakitkan.

Penyakit gout atau asam urat adalah radang sendi yang umum dan kompleks yang dapat menyerang siapa saja, tak perduli usia. Biasanya ini muncul di bagian jempol kaki.

Seperti apa gejalanya? Bagi penderitanya, penyakit gout yang kambuh terasa seperti serangan rasa sakit parah yang tiba-tiba serta rasa panas sampai bengkak. Sakit sakitnya, penderita kadang sampai terbangun di tengah malam.

1 dari 4 halaman

Penyakit Gout © Diadona

Apa penyebabnya?

Begini. Di dalam makanan dan secara alami pada tubuh, terdapat zat bernama purin yang saat proses pemecahannya menghasilkan asam urat, melansir Mayo Clinic.

Purin bisa didapat dari makanan tertentu, misalnya daging merah, jeroan, juga makan laut seperti teri, sarden, kerang dan lainnya.

Pada orang yang masih sehat, asam urat ini nggak menimbulkan masalah karena tubuh bisa membuang kelebihan asam urat tersebut. Tapi ada kalanya asam urat yang dihasilkan terlalu banyak atau kerja ginjal yang tak efisien, maka terjadi penumpukan asam urat di dalam tubuh.

Kok bisa terasa sakit dalam sendi? Asam urat ini membentuk kristal urat tajam seperti jarum di sendi atau jaringan sekitarnya. Makanya, penderita bakalan ngerasain gejala.

2 dari 4 halaman

Penyakit Gout adalah Penyakit Asam Urat

Penyakit Gout © Diadona

Informasi yang sering beredar di masyarakat adalah penyakit gout ini disebabkan karena konsumsi makanan tinggi asam urat. Tepi ternyata ini bukan satu-satunya penyebab terjadinya penyakit ini.

Faktor risiko penyakit gout diantaranya:

Makanan

Makanan tinggi purin meningkatkan kadar asam urat di dalam tubuh. Makanan yang dimaksud diantaranya daging merah, kerang, dan masih banyak lagi. Kamu bisa mengintip daftar lengkapnya di artikel berikut.

Berat Badan

Tubuh dengan bobot yang berat bakalan menghasilkan asam urat lebih banyak. Ginjal juga lebih sulit menghilangkan asam urat dalam tubuh.

Kondisi Medis

Kehadiran penyakit atau kondisi medis tertentu meningkatkan terjadinya penyakit gout dalam tubuh. Penyakit yang dimaksud adalah diabetes, obesitas, sindrom metabolik, dan penyakit jantung dan ginjal.

Konsumsi Obat Tertentu

Beberapa obat tertentu yang digunakan untuk mengontrol hipertesi bisa meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh lho.

Riwayat Keluarga dengan penyakit Gout

Kalau salah satu di anggota keluaga kamu meiliki penyakit gout ini, ada kemungkinan kamu juga bisa memilikinya.

Jenis Kelamin dan Umur

Wanita cenderung punya kadar asam urat yang lebih rendah ketimbang pria. Tapi saat wanita mendekati menopause, kadar asam urat keduanya hampir setara

3 dari 4 halaman

Penyakit Gout Arthritis

Penyakit Gout © Diadona

Yang disebut dengan gout arthritis adalah bentuk arthritis yang disebabkan karena tingginya kadar asam urat dalam darah. Arthritis sendiri merupakan istilah untuk menyebut penyakit radang sendiri dengan gejala nyeri dan juga kaku. Jadi, sebenarnya yang disebut dengan penyakit gout arthritis sendiri adalah penyakit asam urat tersebut.

Penyakit gout sering muncul secara tiba-tiba dengan gejala berupa:

Nyeri Sendi yang Intensi

Nyeri ini umumnya muncul di jempol kaki, meski nggak menutup kemungkinan juga terjadi di sendi manapun serti pergelangan kaki, lutut, siku, pergelangan tangan dan jari. Rasa sakitnya terasa dalam empat sampia 12 jam setelah serangan dimulai.

Rasa Nggak Nyaman

Setelah sakit mereda, penyakit gout bakalan meninggalkan rasa nggak nyaman di lokasi tersebut selama beberapa hari sampai beberapa minggu. Namun serangan selanjutnya bakalan terjadi lebih lama dan berpengaruh di banyak persendian.

Kemerahan dan Radang

Lalu sendi akan bengkak, terasa kayak lunak, terasa hangat dan berwarna merah. Lalu, kaki akan terasa sangat sakit ketika digunakan untuk berjalan. Mengapoa ini terjadi? Kristal asam urat yang menetap di sendi bakalan memicu bengkak dan peradangan.

Benjol

Penyakit gout yang nggak ditangani segera bakalan memebntu thopi, yakni benjolan di bawah kulit di sekitar sendi. Ini muncul karena kristal asam urat.

Penyakit gout sering kali susah didiagnosis karenan gejala yang muncul hampir serupa dengan penyakit lainnya. Salah satu yang paling dapat dipertanggung jawabkan adalah dengan tes cairan sendi. Bagian yang sakit akan disuntik dengan jrum untuk mendapatkan cairan sendi dan kemudian diteliti apakah ada kristal urat atau tidak.

4 dari 4 halaman

Penyakit Gout Arthritis disebabkan oleh Penumpukan Asam Urat

Maka, untuk menghindari kekambuhannya yaitu dengan menghindari makanan tinggi purin. Selain itu juga jangan lupa untuk berobat karena penyakit gout yang nggak diobati bisa menyebabkan radang sendi.

Obat yang diberikan oleh dokter untuk menangani penyakit gout biasanya bekerja dengan dua cara, yakni meredakan nyeri dan peradangan atau mencegah kambuhya penyakit. Selain itu ada beberap pengobatan tradisional penyakit ini, mulai dari konsumsi jahe dan yang lainnya.

Namun bersamaan dengan pemberian obat-obatan itu harus dilakukan poerubahan gaya hidup untuk menghindari penyakit gout, mulai dari menghindari makan tinggi purin, berhenti merokok atau menurunkan berat badan.

 

Beri Komentar