13 Cara Mengobati Asam Urat pada Kaki secara Alami dan Tradisional

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 11 Februari 2020 15:37
13 Cara Mengobati Asam Urat pada Kaki secara Alami dan Tradisional
Pernah dengar kan ada orang yang menolak konsumsi makanan tertentu karena takut asam urat yang kambuh. Nah, trus gimana ya cara mengobatinya?

Asam urat terjadi karena adanya penumpukan asam urat yang tinggi dalam darah. Asam urat kemudian menumpuk di sendi, menyebabkan peradangan dengan ketidaknyamanan dan rasa sakit.

Dari medicalnewstoday.com menyebut, nggak ada obat untuk penyakit ini, jdi kombinasi beberapa obat-obatan dan pengobatan alami mungkin membantu dalam cara mengobati asam urat.

Beberapa orang mengatakan kalau gejala asam urat dimulai dengan rasa terbakar, gatal, atau kesemutan dalam sendi. Selanjutnya, sendi akan terasa sedikit kaku atau agak sakit.

1 dari 4 halaman

Cara Mengobati Asam Urat secara Alami

kopi hitam © Diadona


Obat untuk asam urat sendiri sudah tersedia banyak sekali. Namun siapa tahu kamu ingin mempertimbangkan cara mengobati asam urat secara alami. Tapi sebelum memakaian perawatan tersebut, nggak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter untuk menimbang manfaat dan risikonya.

Kopi

Dikutip dari lama mayoclinic.org, peneliti mengungkapkan hubungan antara minum kopi tanpa kafein dan kadar asam urat yang lebih rendah. Meski begitu, belum ada yang menunjukkan gimana atau mengapa kopi bisa sebagai cara mengobati asam urat.

Jus Ceri

Sebuah servey di tahun 2016 lalu membuktikan kalau konsumsi ceri asam, manis, merah maupun hitam dalam bentuk apapun merupakan cara mengobati asam urat yang populer dengan potensi keberhasilan yang tinggi bagi banyak orang.

ilustrasi buah apel © Diadona

Apel

Apel dianggap sebagai cara mengobati asam urat karena mengandung asam malat. Sayangnya nggak ada penelitian yang mendukung tentang ini. Ditambah apel juga mengandung fruktosa yang dapat memicu hiperurisemia, yang memicu timbulnya asam urat.

Kalau kamu ingin mengkonsumsi apel sebagai cara mengobati asam urat, coba deh konsumsi satu buah per hari. Selain untuk menambah manfaat kesehatan secara keseluruhan, ada sedikit manfaat untuk asam urat meski dengan catatan tidak menambah konsumsi gula harian yang berlebihan.

Pisang

Pisang dianggp baik sebagai cara mengobati asam urat karena kaya kandungan kalium. Kalium ini membantu jaringan dan organ dalam tubuh untuk berfungsi dengan baik.

Namun harus hati-hati karena pisang mengandung gula, termasuk fruktosa, yang bisa menjadi pemicu asam urat. Banyak makanan mengandung kalium lebih tinggi dan gula lebih rendah dari pisang, seperti sayuran berdaun gelap dan alpukat.

Kembang Sepatu

Kembang sepatu ternayat bsia lho sebagai cara mengobati asam urat. Sebuah penelitian menyebut kalau bahwa kembang sepatu dapat menurunkan kadar asam urat, meskipun penelitian ini dilakukan pada tikus. Meski begitu, nggak ada salahnya mencoba konsumsi suplemen, teh kembang sepatu atau ekstraknya dengan mengikuti label petunjuk dengan cermat.

2 dari 4 halaman

Cara Mengobati Asam Urat Tradisional

Ilustrasi Jahe © Diadona

Saat melaukan pengobatan tradisional dalam cara mengobati asam urat, perhatikan juga anjuran dario dokter. Alami belum tentu nggak memberikan efek samping apa-apa, kan?

Selain itu, juga penting untuk mengetahui apakah cara mengobati asam urat yang dilakukan secara alami ini akan mengganggu obat yang diberikan oleh dokter.

Jahe

Jahe sudah dikenal baik sebagai cara mengobati asam urat. Satu studi menemukan, mengoleskan jahe dapat mengurangi rasa sakit yang terkait dengan asam urat

Sementara itu, penelitian lain adanya pengurangan kadar asam urat yang signifikan dengan konsumsi jahe. Untuk cara mengobati asam urat, masukkan 1 sendok makan jahe segar parut ke dalam air mendidih dan rendam qwashlap di dalamnya. Saat sudah dingin, oleskan waslap ke area di mana asam urat sering kambuh.

Cara mengobati asam urat dengan jahe ini mungkin akan sedikit mengiritasi kulit, jadi yang terbaik adalah melakukan tes pada sepetak kecil kulit terlebih dahulu.

Untuk cara mengobati asam urat dengan konsumsi jahe, ambil 2 sendok teh jahe dan rebus dalam air mendidih selama 10 menit, minum sebanyak 3 gelas per hari.

Ilustrasi buah lemon © Diadona

Air Lemon

Minum dua lemon yang diperas dalam dua liter air, disebut sebagai cara mengobati asam urat. Hal tersebut dibuktikan pada penelitain yang dilakukan pada 2015 lalu. Para peneliti menyimpulkan bahwa air lemon membantu menetralkan asam urat dalam tubuh, sehingga membantu mengurangi kadar asam urat.

3 dari 4 halaman

Cara Mengobati Penyakit Asam Urat

Ilustrasi Orang Tua © Diadona

Penyakit asam urat umumnya menimpa orang lanjut usia, dan lebih disebabkan karena konsumsi makanan tertentu. Gimana cara mengobati asam urat agar keberadaannya tak mengganggu aktivitas?

Suplemen Magnesium

Beberapa penelitian menyebut kalau konsumsi magnesium dalam jumlah yang cukup, dikatkan sebagai cara mengobati asam urat. Coba deh mengonsumsi suplemen magnesium, namun tetap baca petunjuk label dengan seksama. Atau, makan makanan kaya magnesium setiap hari untuk cara mengobati asam urat dan mengurangi risiko asam urat jangka panjang.

Banyak Minum

Ini karena minum banyak air penting untuk fungsi ginjal. Menjaga ginjal dalam kondisi yang baik juga dapat sebagai cara mengobati asam urat karena mengurangi penumpukan kristal asam urat dan serangan asam urat.

Banyak Istirahat

Serangan asam urat dapat mengganggu gerakan dan mobilitas. Makanya, untuk menghindari gejala yang memburuk dan cara mengobati asam urat, pastikan untuk ileks dan tetap di tempat saat sendi meradang. Hindari berolahraga, menahan beban yang berat, dan menggunakan sendi secara berlebihan, yang dapat memperburuk rasa sakit dan durasi kambuh.

Pemilihan Makanan

Makanan sering dikaitkan sebagai penyebab asam urat. Maka, untuk mempertahakankan kondisi asam urat yang baik, perlu untuk minum obat, dan kontrol makanan diri sendiri.

Menilik hasil penelitian, daging merah, makanan laut, gula, dan alkohol adalah pemicu yang paling mungkin. Untuk kadar asam urat yang nggak bikin kambuh, tetap berpegang pada makanan kaya buah-buahan rendah gula, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, kacang-kacangan, dan produk susu rendah lemak.

4 dari 4 halaman

Cara Mengobati Asam Urat pada Kaki

Kram Kaki © Diadona

Serangan asam urat bisa bikin rasa sakit dan bengkak terutama di kaki, tangan, dan dan pergelangan kaki.

Mengangkat Bagian yang Sakit

Salah satu cara mengobati asam urat dan mengurangi pembengkakan yakni dengan mengangkat sendi tersebut. Gerakan tersebut akan mendorong darah dan cairan bergerak menjauh dari sendi dan kembali ke jantung.

Obat Penghilang Rasa Sakit

Cara mengobati asam urat dengan obat antiinflamasi seperti ibuprofen (Advil) dan naproxen sodium (Aleve), mungkin bukan altermatif yang alami. Tapi obat tersebut adalah pilihan yang sangat baik untuk mengobati rasa sakit dan ketidaknyamanan akibat asam urat.

Untuk menggunakan obat tersebut sebagai cara mengobati asam urat, konsultasikan dulu ke dokter mengenai dosis dan yang lainnya.

Kompres Air Dingin Atau AIr Hangat

Menerapkan air panas atau air dingin ke daerah sendi yang sakit merupakan kemungkinan yang efektif dalam cara mengobati asam urat. Dan studi atau pendapat mengenai hal tersebu juga banyak macamnya.

Yang plings ering dan direkomendasikan sebagai cara mengobati asam urat yakni dengan berendam air dingin, dan merendam air panas hanya dianjurkan sebagai cara mengobati asam urat yang tidak terlalu kuat.

Beri Komentar