Minum Air Kelapa Bisa Hilangkan Efek Vaksinasi, Mitos atau Fakta?

Reporter : Mila I
Rabu, 7 Juli 2021 18:57
Minum Air Kelapa Bisa Hilangkan Efek Vaksinasi, Mitos atau Fakta?
Apa kata para ahli?

Vaksin jadi salah satu senjata untuk melawan ancaman Covid-19. Vaksin setidaknya membuat seseorang terhindar dari ancaman gejala berat infeksi virus mematikan ini. Namun, seiring maraknya vaksinasi, bermunculan sejumlah informasi yang salah kaprah. Salah satunya soal air kelapa, yang dipercaya dapat menghilangkan efek vaksin.

Benarkah demikian?

1 dari 4 halaman

Air Kelapa Bisa Hilangkan Efek Vaksinasi?

Ternyata kepercayaan tentang air kelapa bisa hilangkan efek vaksinasi tidak benar adanya. Hal tersebut dibantah tegas oleh dokter spesialis penyakit dalam, Edi Hidayat. Ia mengatakan bahwa fenomena yang tengah ramai khususnya di Aceh ini tidak benar.

Kandungan yang ada di dalam vaksin itu bukan racun. Melainkan di dalam vaksin COVID-19 terdapat antigen yang dimasukkan ke dalam tubuh manusia, dengan tujuan untuk membentuk antibodi, guna memperkuat imunitas seseorang dan kebal terhadap virus.

" Jadi, jangan berpikir minum air kelapa untuk menetralisasi racun. Vaksin itu bukan racun," katanya.

2 dari 4 halaman

Hal senada juga dikatakan oleh Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Aceh, Dr dr Safrizal Rahman MKes SpOT.

“ Vaksin disuntikkan dalam otot kita dan air kelapa itu masuk dalam saluran cerna kita, jadi butuh waktu sekian lama untuk bertemu dalam sistem tubuh, jadi enggak ada hubungannya itu,” kata Safrizal.

3 dari 4 halaman

Mengonsumsi Air Kelapa selama Masa Pandemi

Melansir CNN, Ahli gizi FKUI, Saptawati Bardosono, mengatakan air kelapa banyak mengandung elektrolit yang berguna untuk mendukung keseimbangan cairan dan elektrolit tubuh. Sementara itu, vaksin mengandung senyawa yang dapat memicu terbentuknya antibodi untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Oleh karena itu ia menyarankan untuk minum air kelapa selama masa pandemi seperti saat ini untuk menghidrasi tubuh.

4 dari 4 halaman

Manfaat Air Kelapa

Mengutip Healthline, air kelapa sendiri mengandung karbohidrat, serat, protein, vitamin C, kalsium, magnesium, dan potasium. Semuanya ada nutrisi yang dibutuhkan tubuh tetap sehat. Selain hidrasi, minum air kelapa juga membantu menjaga kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah. Minuman ini juga bisa jadi pilihan tepat untuk diminum setelah berolahraga.

Sementara, mengutip Medical News Today, air kelapa mampu menjalankan fungsi layaknya minuman olahraga dalam kemasan. Air kelapa membantu tubuh tetap terhidrasi dan menggantikan cairan tubuh dengan cepat.

Itu tadi seputar konsumsi air kelapa dan vaksinasi Covid-19. Semoga informasi ini bermanfaat ya!

Beri Komentar