Suara Serak saat Bangun Tidur? Mungkin Ini 4 Penyebabnya!

Reporter : Mila
Selasa, 6 Juli 2021 18:57
Suara Serak saat Bangun Tidur? Mungkin Ini 4 Penyebabnya!
Meski sering dianggap 'seksi', suara serak saat bangun tidur kadang mengganggu.

Sebagian orang mungkin bertanya-tanya, apa penyebab suara serak saat baru bangun tidur di pagi hari. Padahal sehari sebelumnya, tidak merasakan ada masalah pada tenggorokannya. 

Meski bagi sebagian orang suara serak itu seksi, tapi tentu membuat rasa tak nyaman. Apalagi jika kamu ada pertemuan penting di pagi hari yang mengharuskan untuk berbicara di depan banyak orang.

Untuk mengetahui penyebab suara serak saat bangun tidur, simak ulasan berikut ya.

1 dari 2 halaman

Penyebab Suara Serak saat Bangun Tidur

Suara serak umumnya terjadi karena ada masalah pada pita suara ataupun terjadi peradangan pada laring. Kondisi kesehatan dan aktivitasmu juga bisa memengeruhi keluarnya suara serak ketika Anda baru bangun tidur.

Ketahui hal yang bisa menjadi penyebab suara serak di pagi hari:

  • Terlalu Banyak Bersuara
    Apakah kamu terlalu banyak bersuara pada hari-hari sebelumnya? Kalau iya, bisa jadi ini penyebab suaramu serak. Sama seperti penggunaan otot lainnya, otot tenggorokan dan mulut bisa menyebabkan pita suara menjadi lelah, tegang, bahkan cedera jika digunakan secara berlebih. Suara serak saat bangun tidur bisa terjadi ketika kamu terlalu sering bicara, menyanyi, berteriak, bahkan batuk.
  • Merokok
    Kebiasaan merokok juga bisa mengiritasi pita suara. Ini salah satu penyebab suaramu serak termasuk di pagi hari saat bangun tidur. Tak hanya menimbulkan risiko kesehatan kardiovaskular, merokok juga meningkatkan peluang gangguan pita suara dalam jangka panjang.
  • GERD
    Saat seseorang mengalami GERD, asam lambung dapat berpotensi mengiritasi tenggorokan, pita suara, dan kerongkongan. Kenaikan asam lambung dapat memperburuk suara serak di pagi hari, diikuti dengan gejala batuk kronik, sakit tenggorokan, serta lendir yang mengalir ke tenggorokan.
  • Alergi
    Penyebab suara serak di pagi hari saat bangun tidur yang keempat, bisa jadi karena akibat reaksi alergi yang melanda. Dalam kondisi alergi, lendir dapat masuk ke tenggorokan secara mudah dan mengiritasi pita suara. Selain itu, batuk dan berdeham untuk membersihkan tenggorokan juga memicu suara serak.

2 dari 2 halaman

Mencegah Suara Serak saat Bangun Tidur

Kamu bisa mengatasi suara serak saat bangun tidur dengan cara-cara berikut:

  • Mengistirahatkan suara beberapa hari.
  • Banyak konsumsi air putih.
  • Hindari minuman kafein dan alkohol.
  • Mandi air hangat.
  • Berhenti merokok.
  • Kunyah permen karet.

Semoga informasi ini bisa bermanfaat ya!

Beri Komentar