Meski Terlihat Mengganggu, Bulu Hidung Ternyata Punya Sederet Manfaat Baik Lho!

Reporter : Anif Fathul Amin
Selasa, 6 Juli 2021 17:03
Meski Terlihat Mengganggu, Bulu Hidung Ternyata Punya Sederet Manfaat Baik Lho!
Ternyata bulu hidung memiliki manfaat yang penting lho.

Bulu hidung merupakan salah satu bagian tubuh yang jarang diperhatikan. Selain karena letaknya yang tersembunyi, namun juga jumlahnya yang tak banyak. Meski terkadang kemunculan bulu hidung dapat mengganggu penampilan, namun ia memiliki manfaat yang penting lho bagi kesehatan tubuh.

Dilansir dari berbagai sumber, simak sederet manfaatnya berikut ini yuk!

1 dari 5 halaman

Melindungi Tubuh

Ilustrasi Flu © Diadona

Meski jumlahnya tak banyak, namun nyatanya bulu hidung memang memberikan peran yang penting lho bagi pernafasan. Ia dapat menciptakan perisai antara organ dalam tubuh dengan polusi yang ada dari luar.

Ketika bernafas, kita berpotensi menghirup partikel selain oksigen. Kehadiran bulu hidung membuat partikel yang tak diperlukan tubuh ini jadi kotoran hidung.

2 dari 5 halaman

Menjaga Kesehatan Tubuh

Manfaat lainnya dari bulu hidung ini adalah menjaga kesehatan tubuh jadi tetap seimbang. Dengan menyaring udara yang masuk ke dalam tubuh, lubang hidung bekerja sama dengan cairan hidung untuk menjebak kuman yang masuk, menyaringnya dan mengusirnya dengan cara bersin.

Hal ini membuat kita terhindar dari berbagai penyakit.

3 dari 5 halaman

Membantu Penderita Asma

Ilustrasi Asma © Diadona

Bagi penderita asma, memiliki bulu hidung yang lebat menjadi satu hal yang patut disyukuri. Studi menemukan bahwa bulu hidung yang lebat dapat membantu para penderita asma meningkatkan kemampuan untuk menyaring partikel lebih besar. Bulu hidung yang banyak akan berfungsi lebih baik dalam menyaring partikel kotor yang bisa memicu kambuhnya asma.

4 dari 5 halaman

Nggak Disarankan Dicabut

Ilustrasi Mencabut Bulu Hidung © Diadona

Mungkin kamu sering kali merasa risih denan bulu hidung ini. Namun, mencabut bulu hidung sebenarnya bukanlah hal yang disarankan. Kenapa? karena akan memberikan rasa nyeri dan dapat menyebabkan infeksi. Karena itu untuk menghilangkan bulu hidung yang panjang, sebaiknya digunting saja ya, guys.

5 dari 5 halaman

Rambut Hidung Juga Bisa Beruban

Tak hanya rambut kepala, ternyata bulu hidung juga dapat berubah warna jadi putih lho. Perubahan warna pada bulu hidung akan menjadi hal yang wajar seiring bertambahnya usia.

Nah itu dia fakta mengenai bulu hidung, meski tersembunyi dan jumlahnya tak banyak ternyata manfaatnya luar biasa juga ya.

Beri Komentar