Ibu Ini Bersihkan Lidah Bayinya Pakai Urine, Apakah Aman?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Rabu, 7 Juli 2021 07:27
Ibu Ini Bersihkan Lidah Bayinya Pakai Urine, Apakah Aman?
Video tersebut viral di berbagai media sosial.

Belum lama ini, ada seorang ibu yang membersihkan lidah bayinya dengan urine bayinya sendiri. Diketahui lidah bayi tersebut kotor berwarna putih. Konon, kata orangtuanya dan orang-orang terdahulu, membersihkan lidah bayi disarankan memakai urine bayinya sendiri, dan ibu tersebut pun mengikuti kata orangtuanya tersebut.

Ibu Bersihkan Lidah Bayi dengan Urine Bayinya

"Membersihkan lidah putih dengan urine bayi pada pagi hari," tulis akun TikTok @mamamudaanakdua.

 

1 dari 5 halaman

Lidah Putih Pada Bayi Normal

Video tersebut viral dan sudah menyebar kemana-mana. Salah satunya sampai kepada seorang bidan. Bidan dengan akun TikTok @senjasoresore tersebut menjelaskan bahwa keadaan lidah kotor pada bayi itu salah satunya berwarna putih, dan hal tersebut normal terjadi.

Ibu Bidan © Diadona

" Lidah kotor pada bayi itu ada putih-putih. Normal nggak sih? Normal kok. Itu biasanya terjadi karena proses menyusui, atau pembagian susu, sehingga meninggalkan jejak di lidah."

 

2 dari 5 halaman

Perlu Dibersihkan

Meski normal terjadi, bidan tersebut mengatakan bahwa penting untuk membersihkan lidah kotor yang putih pada bayi. Sebab, jika tidak dibersihkan dikhawatirkan akan menjadi jamur dan infeksi.

Ibu Bidan © Diadona

" Perlu dibersihkan nggak sih? Perlu. Kalau nggak dibersihkan takutnya menjadi jamur dan infeksi.

 

3 dari 5 halaman

Cara Bersihkan Bukan dengan Urine

Lidah kotor yang putih pada bayi normal terjadi dan perlu dibersihkan. Namun kepercayaan membersihkan lidah bayi kotor yang putih dengan urine itu tidak perlu. Sebab urine itu kotor dan mengandung bakteri yang bisa

Ibu Bidan © Diadona

" Cara bersihinnya gimana sih? Apa harus pakai urine biar bersih? Oh, nggak perlu. Selain kotor, urine juga mengandung bakteri yang mungkin saat ini tidak berbahaya. Namun nanti kita ke depannya kan tidak tahu."

Bidan tersebut pun memberikan pilihan yang lebih baik, yaitu dengan menggunakan air hangat. Caranya mudah sekali. Celupkan kain pada air hangat, diperes, baru dibersihkan pada lidah bayi. Atau, bisa juga dengan kain kasa. Cara memakainya pun sama saja seperti sebelumnya.

" Bisa pakai air hangat," ucapnya. " Caranya mau pakai kain yang bersih, atau popok bayi yang kering boleh. Dicelupkan, terus diperes, lalu dibersihkan (lidah bayinya). Atau bisa juga dengan kain kasa."

 

4 dari 5 halaman

Untuk selengkapnya, kamu bisa menontonnya di sini, ya!

Beri Komentar