Manfaat Jelly Gamat Gold untuk Kesehatan Tubuh, Kenali Efek Samping dan Dosis Penggunaannya

Reporter : Novi Hardita Larasati
Jumat, 5 Maret 2021 12:30
Manfaat Jelly Gamat Gold untuk Kesehatan Tubuh, Kenali Efek Samping dan Dosis Penggunaannya
Ternyata manfaat Jelly Gamat Gold untuk kesehatan sudah banyak digunakan sebagai obat tradisional di Asia, lho.

Bagi sebagian masyarakat Indonesia, pengobatan tradisional dipercaya bisa mengatasi serta menyembuhkan berbagai macam penyakit. Ya, pengobatan tradisional ini dilakukan dengan cara terapi pijat hingga konsumsi obat herbal yang terbuat dari bahan-bahan alami.

Nah, salah satu pengobatan herbal yang cukup populer di Indonesia ialah Jelly Gamat. Jelly gamat adalah obat herbal yang terbuat dari timun laut atau sering disebut dengan istilah teripang. Namun, tak sedikit juga masyarakat yang belum tahu apa saja manfaat Jelly Gamat Gold.

Biar gak semakin penasaran, langsung saja simak penjelasan beirkut mengenai manfaat Jelly Gamat bagi kesehatan beserta dosis dan efek sampingnya yang dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Manfaat Jelly Gamat Gold G

Manfaat Jelly Gamat GoldManfaat Jelly Gamat Gold © jellygoldgasli.blogspot.com

Sebelum mengetahui apa saja manfaat Jelly Gamat Gold G bagi kesehatan, perlu dipahami terlebih dahulu apa itu Jelly Gamat. Jelly Gamat merupakan obat herbal yang terbuat dari timun laut atau teripang yang ditemukan hampir di seluruh wilayah lautan.

Meski begitu, ternyata tidak semua jenis timun laut atau teripang ini bisa dijadikan jelly gamat. Sebab, umumnya Jelly Gamat terbuat dari teripang spesies stichopus variegatus atau stichopus hermanii yang memiliki beberapa manfaat kesehatan bagi tubuh.

Adapun beberapa manfaat Jelly Gamat Gold G bagi kesehatan tubuh yang perlu diketahui:

1. Melawan HIV dan Herpes Simpleks

Manfaat Jelly Gamat Gold G yang pertama ialah sebagai obat herbal dalam melawan HIV dan herpes simpleks yang dipengaruhi oleh kandungan asam lemak. Hal ini dikarenakan teripang mengandung asam lemak yang penting untuk perbaikan jaringan tubuh.

Selain itu, hewan laut ini juga terdapat zat-zat lain, seperti glikosida triterpenoid, berbagai enzim, asam lemak, amilosa, serta sitotoksin. Nah, zat-zat tersebut diduga berpotensi dalam meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi rasa sakit, dan melindungi jaringan saraf.

Bahkan, beberapa penelitian menyatakan bahwa manfaat Jelly Gamat Gold G ini juga memiliki sifat antivirus yang bisa melawan virus HIV dan herpes simpleks.

2 dari 4 halaman

2. Mengontrol Kadar Gula

Ilustrasi DiabetesIlustrasi Diabetes © familydoctor.org

Dikenal sebagai obat herbal, tak heran kalau manfaat Jelly Gamat Gold juga bisa membantu mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh, lho. Bahkan, hewan laut ini diduga dapat mengontrol asam urat, melancarkan peredaran darah, hingga menjaga darah tetap stabil agar tidak terkena penyakit gagal jantung.

3. Mencegah Keriput Kulit

Manfaat Jelly Gamat Gold berikutnya ialah berguna untuk kesehatan kulit karena zat peptida yang terkandung di dalamnya. Dilansir dari Prevention, sebuah studi di Inggris menemukan jika teripang memiliki manfaat untuk kulit.

Ya, teripang yang diekstrak ternyata bisa mengatasi kulit tipis, garis-garis halus, serta kulit kering pada kulit orang dewasa. Hal ini dikarenakan peptida mengandung kolagen yang berperan untuk melembutkan jaringan kulit dan menjaga kulit terhindar dari kerusakan.

Namun, manfaat Jelly Gamat Gold untuk kulit ini masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut, guys.

4. Menjaga Kesehatan Jantung dan Pembuluh Darah

Manfaat Jelly Gamat Gold untuk kesehatan selanjutnya ialah sebagai obat dalam menjaga kesehatan jantung serta pembuluh darah karena memiliki zat aktif yang bersifat antikoagulan, atau bisa mencegah terjadinya pembekuan pada darah.

3 dari 4 halaman

Dosis Penggunaan Jelly Gamat

Manfaat Jelly Gamat GoldManfaat Jelly Gamat Gold © shutterstock.com/Julia Moiseenko

Ohiya, Jelly Gamat Gold ini juga bisa dikonsumsi segala usia lho, mulai dari bayi sampai dewasa. Akan tetapi, dosis tiap orang dibedakan sesuai dengan usia, serta tergantung dari kondisi kesehatan orang tersebut.

Untuk dosis bayi usia minimal 2 bulan, Jelly Gamat boleh dikonsumsi 2 kali sehari, setengah sendok teh, dan dikonsumsi setelah makan. Sedangkan pada anak-anak, Jelly Gamat dikonsumsi1 hingga 2 sendok teh, maksimal 2 kali sehari setelah makan.

Sementara untuk dosis orang dewasa, Jelly Gamat dikonsumsi 2 hingga 3 sendok makan, maksimal 2 kali sehari dan setelah makan. Namun untuk yang memiliki riwayat penyakit, dan memiliki kondisi khusus, maka disarankan untuk konsultasi dengan dokter terlebih dahulu supaya tidak salah dosis.

4 dari 4 halaman

Efek Samping Jelly Gamat Gold

Meski manfaat Jelly Gamat Gold ini cukup beragam dan aman untuk dikonsumsi, namun obat herbal yang satu ini tentu saja memiliki efek samping jika salah dosis atau terlalu banyak dikonsumsi.

Tapi, biasanya ada beberapa faktor yang membuat seseorang mengalami efek samping dari penggunaan obat-obatan, seperti alergi atau gangguan sistem pencernaan.

Maka dari itu, sebelum mengonsumsi Jelly Gamat, sebaiknya kamu berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu supaya tidak mengalami efek samping yang membahayakan tubuh, ya.

Nah, itulah beberapa manfaat Jelly Gamat Gold bagi tubuh yang perlu kamu ketahui. Semoga artikel di atas bisa menambah wawasan kalian dalam dunia kesehatan, ya.

Beri Komentar