13 Manfaat Minyak Ikan untuk Kesehatan, dari Kurangi Depresi hingga Mendukung Pertumbuhan Janin

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Sabtu, 9 Januari 2021 15:28
13 Manfaat Minyak Ikan untuk Kesehatan, dari Kurangi Depresi hingga Mendukung Pertumbuhan Janin
Manfaat minyak ikan yang beragam ini seharusnya membuat kita jadi rajin makan ikan lho

Manfaat minyak ikan memang banyak banget, makanya konsumsi ikan atau suplemennya sangat disarankan. Kandungannya sebagian besar merupakan asam lemak omega-3 yang penting untuk kesehatan secara keseluruhan.

Seperti namanya, minyak ikan adalah lemak atau minyak yang diekstrak dari jaringan ikan yang berminyak, misalnya nih tuna, teri dan mackerel meski kadang juga dihasilkaan dari hati minyak lainnya. WHO merekomendasikan makan 1-2 porsi ikan per minggu. Tapi kalaupun tak bisa, kamu boleh menggantinya dengan konsumsi suplemen minyak ikan agar tubuh cukup mendapatkan asupan omega-3.

Minyak omega-3 ini berada dalam minyak ikan dengan kandungan sekitar 30% sementara 70% nya merupakan lemak lainnya. Dalam minyak ikan juga terdapat beberapa vitamin A dan D.

Minyak omega-3 ini memang nggak cuman ada pada ikan, melainkan juga bisa terdapat pada beberapa protein nabati. Tapi minyak omega-3 pada ikan punya manfaat yang lebih besar. Seperti apa sih manfaat minyak ikan ini? Yuk cari tahu dari ulasan Diadona yang dikumpulkan dari berbagai sumber berikut ini:

1 dari 3 halaman

Manfaat Minyak Ikan

Manfaat Minyak Ikan © Diadona

Dikutip dari Healthline, berikut ini manfaat minyak ikan untuk kesehatan:

Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat minyak ikan untuk kesehatan jantung adalah perlindungannya terhadap keseluruhan organ dan pendukung kerjanya. Minyak ikan bisa meningkatkan kadar kolesterol baik meski ngga bisa mengurangi kadar kolesterol jahat.

Minyak ikan juga menurunkan trigliserida sebanyak 15-30%. Trigliserida ini adalah salah satu jenis lemak utama yang mengalir di dalam darah manusia yang berfungsi untuk menyimpan kalori dan menyediakan energi.

Manfaat minyak ikan untuk kesehatan jantung juga mencangkup perannya dalam membantu mengurangi tekanan darah pada orang dengan level tinggi trus mencegah plak yang menyebabkan pengerasan arteri.

Meningkatkan Kesehatan Mata

Ada bukti yang nunjukin kalau kesehatan mata bergantung pada lemak omega-3. Mereka yang nggak mendapatkan cukup mega-3 memiliki risiko lebih besar terkena penyakit mata. Meski begitu masih sedikit banget penelitian mengenai manfaat minyak ikan pada kesehatan mata para lanjut usia akibat penyakit degenerasi

Membantu Menurunkan Berat Badan

Beberapa penelitian menunjukkan kalau suplemen minyak ikan, yang dikombinasikan dengan diet atau olahraga, dapat membantu menurunkan berat badan. Sayangnya suplemen minyak ikan ini nggak berdiri sendiri dalam hasil tersebut melainkan tetap membutuhkan perubahan gaya hidup.

Peningkatan Kesehatan Tulang

Yang selama ini kita tahu bahwa kesehatan tulang bergantung pada asupan kalsium dan juga vitamin D, ya kan? Tapi ada beberapa penelitian yang nunjukin kalau ada manfaat minyak ikan dan asam lemak omega 3 lho.

Orang dengan asupan omega-3 dan tingkat darah yang lebih tinggi mungkin memiliki kepadatan mineral tulang (BMD) yang lebih baik. Tapi belum jelas sih apakah hal tersebut berarti bahwa minyak ikan meningkatkan kepadatan tulang.

2 dari 3 halaman

Manfaat Minyak Ikan © Diadona

Memperbaiki Gejala Asma dan Risiko Alergi

Setidaknya ada empat penelitian yang menyebut ada manfaat minyak ikan pada penurunan gejala asma, terutama di awal kehidupan. Ini karena penambahan suplemen minyak ikan omega-3mengurangi hiperresponsif saluran napas setelah olahraga, penggunaan obat-obatan, dan pembentukan mediator proinflamasi.

Mengurangi Inflamasi

Inflamasi atau peradangan merupakan cara sistem kekebalan tubuh melawan infeksi dan mengobati cedera. Bila peradangan kronis terjadi, ini ada kaitannya dengan penyakit serius, seperti obesitas, diabetes, depresi, dan penyakit jantung sehingga bisa dikatakan bahwa mengurangi peradangan bisa membantu mengobati gejala penyakit tersebut.

Nah, salah satu manfaat minyak ikan adalah membantu mengobati kondisi yang melibatkan peradangan kronis. Melansir Healthline, minyak ikan bisa mengurangi produksi dan ekspresi gen molekul inflamasi yang disebut sitokin. Secara signifikan, minyak ikan juga mengurangi nyeri sendi dan juga badan kaku.

Menyehatkan Kulit

Di dalam kulit kita sebenarnya secara alami telah terkandung asam lemak omega-3, sehingga peningkatan konsumsinya akan mendukung kesehatan kulit secara keseluruhan, terutama saat usia senja dan akibat dari terlalu banyak terpapar sinar matahari.

3 dari 3 halaman

21 Manfaat Minyak Ikan Salmon dan Hiu untuk Anak juga Ibu Hamil © Diadona

Membantu Mengobati Gangguan Mental Tertentu

Tahu kah kamu kalau dari hasil penelitian menyebut bahwa orang dengan gangguan mental tertentu memiliki kadar omega-3 darah yang lebih rendah. Lebih menarik lagi ada bukti yang menyatakan kalau ada manfaat minyak ikan sebagai pencegah timbulnya gejala beberapa gangguan mental. Misalnya, dapat mengurangi kemungkinan gangguan psikotik pada mereka yang berisiko.

Pertumbuhan dan Perkembangan Janin

Suplemen minyak ikan pada ibu hamil dan menyusui dapat meningkatkan koordinasi tangan dan juga mata pada janin. Tapi masih nggak diketahui apakh ada manfaat minyak ikan pada peningkatan IQ anak. Hanya aja nih asupan minyak ikan yang udah terbukti mampu perkembangan visual bayi dan membantu mengurangi risiko alergi.

Membantu Pencegahan Penurunan Mental

Manfaat minyak ini kemungkinan berkaitan dengan bagaimana komposisi minyak omega-3 dalam bagian otak. Meski begitu hanya ada sedikit banget penelitian yang membuktikan kalau minyak ikan bisa meningkatkan daya ingat karena usia lanjut atu penurunan fungsi otak.

Membantu Meringankan Gejala Depresi

Penelitian membuktikan kalau minyak dengan kandungan EPA tinggi mampu mengurangi gejala depresi lebih dari DHA. Juga sudah terbukti bisa memperbaiki gejala dari kondisi tersebut.

Pencegahan ADHD

ADHD adalah atau attention deficit hyperactivity disorder adalah gangguan mental yang membuat anak susah fokus, berperilaku impulsif dan juga hiperatif. Menariknya, suplemen minyak ikan bisa membantu mengurangi hiperaktif, kurang perhatian, dan perilaku negatif lainnya. Ini karena minyak omega-3 memiliki proporsi yang signifikan dari bagian otak, sehingga manfaat minyak ikan ini seharusnya bisa didapatkan di awal kehidupan seorang janin untuk mendukung pertumbuhan kehidupan dini

Mengurangi Penumpukan Lemak di Hati

Di dalam hati mungkin sja terdapat penumpukan lemak, gejala dari penyakit NAFLD. Dan hasil penelitian membuktikan kalau suplemen minyak ikan dapat meningkatkan fungsi hati dan peradangan, yang dapat membantu mengurangi gejala NAFLD dan jumlah lemak di hati

Manfaat minyak ikan yang melimpah ini seharusnya udah menjadikan suplemen minyak ikan sebagai salah satu asupan harian kamu.

Beri Komentar