6 Makanan Pemicu Asam Urat dari Sayuran hingga Seafood, Hindari!

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Sabtu, 30 Januari 2021 13:40
6 Makanan Pemicu Asam Urat dari Sayuran hingga Seafood, Hindari!
Makanan pemicu asam urat kudu dihindari agar penyakit ini nggak kambuh. Tapi penting juag menjaga tubuh dari pemicu lainnya seperti obesitas dan lainnya.

Makanan pemicu asam urat biasanya dikaitkan dengan tinginya kadar purin di dalamnya. Purin adalah zat alami yang memang ada di dalam makanan dan pada proses pencernaannya, tubuh membuat asam urat sebagai produk limbahnya.

Pada orang sehat sih ini nggak jadi soal karena tubuh mereka bisa secara efisien menghilangkan kelebihan asam urat. Tapi ini nggak berlaku pada penderita asam urat di mana tubuhnya nggak bisa menghilangkan zat ini secara efisien. Sehingga, makanan tinggi purin bisa membuat asam urat menumpuk sebagai kristal di persendian, memicu pembengkakan, peradangan dan munculnya rasa sakit yang tak tertahankan.

Seseorang bisa memiliki kandungan assam urat dalam tubuh mereka terlalu banyak karena faktor genetika dan juga makanan. Nah ngomongin soal makanan, yuk simak apa aja daftar makanan pemicu asam urat berikut untuk menghindarkan diri dari kambuhnya penyakit tersebut.

1 dari 3 halaman

Sayuran Pemicu Asam Urat

Makanan Pemicu Asam Urat © Diadona

Beberapa sayuran disebut masuk dalam daftar makanan pemicu asam urat, yakni:

Bayam dan Asparagus

Bayam dan asparagus masuk disbeut sebagai makanan pemicu asam urat karena tingginya kandungan purin. Pada bayam nih misalnya, kandungan purinnya berkisar 9-100 mg dalam 100 gram bayam. Jumlah purinnya termasuk yang nggak bisa diabaikan.

Tapi, penelitian menyebut kalau keduanya nggak meningkatkan risiko asam urat atau serangan asam urat berulang. malahan sayuran, termasuk yang mengandung purin dalam jumlah tinggi kemungkinan bisa menurunkan risiko asam urat.

Masih ada banyak opsi makanan rendah purin kok, antara lain susu rendha lemak, yogurt, keju, telur, buah dan sayuran utuh, kentang, kacang-kacangan dan juga kopi.

Tapi jangan senang dulu nih karena penderita asam urat sangat tidak disarankan untuk konsumsi makanan berikut:

  • Daging organ
  • Seafood
  • Minuman manis
  • Alkohol

Keempatnya memiliki kandungan purin yang cukup tinggi dan berisiko jadi makanan pemicu asam urat ketika dikonsumsi.

2 dari 3 halaman

Buah Pemicu Asam Urat

Makanan Pemicu Asam Urat © Diadona

Sampai saat ini Diadona belum nemuin nih sumber yng meneybutkan buah sebagai pemicu asam urat. Tapi ini tentu berbeda bila buah tersebut dalam bentuk jus yang udah diberi gula untuk mempermanis. Sebuah penelitian menyebut kalau pria yang minum dua gelas atau lebih jus buah punya risiko terkena asam urat lebih tinggi ketimbang mereka yang tidak meminumanya.

Ini bukan berarti jus buah dilarang dikonsumsi oleh penderita ya, melainkan kandungan gula tingginya lah yang menjadikan mereka masuk dalam daftar makanan pemicu asam urat. 

3 dari 3 halaman

Pemicu Asam Urat Tinggi

Makanan Pemicu Asam Urat © Diadona

Kayak yang udah dijelasin di bagian awal artikel bahwa pemicu asam urat tinggi salah satunya terjadi karena tubuh menghasilkan asam urat saat memecah purin. ini terjadi ketika tubuh mengkonsumsi makanan tinggi purin. Namun ada beberapa faktor risiko lain yang bikin kenapa seseorang bsia memproduksi asam urt dalam jumlah tinggi dalam tubuh mereka, yakni:

Kegemukan

Berat badan berlebih dari salah satu pemicu asam urat karena tubuh sendiri lebih banyak menghasilkan asam urat. Sementara itu, tubuh dalam kondisi lebih sulit menghilangkan asam urat tersebut.

Kondisi Medis

Penyakit dan kondisi tertentu meningkatkan risiko asam urat. Penyakit pemicu asam urat tersebut yakni tekanan darah tinggi yang tidak diobati dan kondisi kronis seperti diabetes, sindrom metabolik, dan penyakit jantung dan ginjal.

Konsumsi obat-obatan Tertentu

Penggunaan obat hipertensi seperti diuretik thiazide atau aspirin pada dosis rendah bisa jadi pemicu asam urat.

Riwayat Keluarga

Kalau salah satu anggota keluarga kamu menderita asam urat, maka faktor risiko untuk menderita penyakit yang sama juga makin meningkat.

Pria Berumur

Asam urat lebih mungkin terjadi pada pria karena mereka cenderung punya kadar asam urat yang lebih tinggi dibanding wanita. Mereka juga lebih mungkin terkena asam urat lebih awal, yaitu di umur 30 dan 50 tahun. Sementara itu, wanita kemungkinan baru terkena asam urat ketika menjelang menopause.

Makana pemicu asam urat memang harus dihindari, tapi perhatikan juga untuk  menghindari penyebab asam lainnya.

Beri Komentar