Masih Muda tapi Gampang Lupa, Kenapa Gitu ya?

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Kamis, 28 Januari 2021 08:25
Masih Muda tapi Gampang Lupa, Kenapa Gitu ya?
Ternyata ini lho sederet penyebab sering lupa di usia muda.

Lupa memang sesuatu yang tak dapat di salah kan, karena ini adalah hal yang lumrah, tak terkontrol dan dapat terjadi pada siapa saja.

Jika hal ini sering dihubungkan dengan usia, namun tak sedikit juga anak muda yang sering mengalami hal ini. "Masih muda kok udah pikun?" hehe.

Sebenarnya ada beberapa hal yang dapat menyebabkan kepikunan di usia muda, kira-kira apa saja ya?

1 dari 2 halaman

Banyak Beban Pikiran

Sering lupa di usia muda dapat terjadi karena terlalu banyak hal yang dipikirkan. Ketika melakukan beberapa atau banyak hal sekaligus, hal ini akan rentan membuat perhatian jadi terbagi dalam menyerap informasi. Hal ini menyebabkan memori jadi terbengkalai dan mudah lupa.

Ilustrasi Wanita Berpikir © Diadona

 

Kejenuhan

Jenuh juga dapat menjadi penyebabnya. Ketika merasa jenuh, maka otak nggak akan menyerap informasi yang dilakukan dengan efektif. kejenuhan cenderung membuat kita melakukan kegiatan secara cepat, tanpa memperhatikan detail.

Untuk dapat tetap fokus, kamu dapat mencoba membuat target tugas untuk diselesaikan, kemudian beristirahatlah setiap tiga jam sekali, misalnya dengan memejamkan mata selama 5-10 menit.

2 dari 2 halaman

Anemia

ilustrasi wanita berpikir © Diadona

Anemia adalah suatu kondisi dimana tubuh tidak memiliki sel darah merah dalam jumlah yang cukup, padahal sel ini penting untuk mengantarkan oksigen ke berbagai jaringan yang terdapat dalam tubuh.

Akibatnya hal ini membuat tubuh jadi lemas, lelah dan susah berkonsentrasi.


Stress

Ilustrasi Wanita Berpikir © Diadona

Stress memang suatu gangguan pada pikiran yang dapat berdampak pada berbagai hal. Salah satunya adalah mengganggu konsenstrasi dan menyebabkan kita kesulitan untuk mengingat.

Nah itu dia beberapa hal yang menyebabkan kamu mudah lupa di usia muda. Meski bukan suatu gangguan yang berlebih, namun usahakan untuk mengatasinya, guys.

Beri Komentar