Sering Jadi Pilihan Camilan saat Diet, Begini Fakta Snack Rendah Kalori

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Jumat, 29 Januari 2021 09:25
Sering Jadi Pilihan Camilan saat Diet, Begini Fakta Snack Rendah Kalori
Sering dijadikan solusi untuk ngemil, ternyata begini lho faktanya..

Camilan merupakan makanan ringan yang digemari banyak orang. Kebiasaan nyemil sering kali dilakukan terlebih di waktu luang dan saat bersantai di rumah.

Hasrat ingin menyemil memang kerap kali susah dikendalikan. Karena itu lah hadi makanan yang rendah kalori.

Camilan ini umumnya merupakan kombinasi sereal dan biji-bijian tertentu. i klaim sebagai camilan yang sehat, bener nggak sih?

1 dari 2 halaman

Ilustrasi wanita nyemil © Diadona

Dilansir dari Bisnis.com, faktanya camilah sehat ini tak jauh berbeda dengan camilan biasa lho. jika diakumulasi kalori yang dikonsumsi lewat camilan tersebut tak jauh berbeda dengan camilan yang selama ini dianggap tidak sehat lantaran berkalori tinggi dan kadar nutrisinya rendah.

Ahli gizi dr. Tan Shot Yen memberikan contoh kalori yang dari salad salmon dan quinoa yang dianggap sebagai camilan sehat tak ada bedanya dengan satu loyang pizza. Siapa menyangka jika jumlah kalori salad salmon dan quinoa yang terlihat sehat sebesar 900 kalori.

Demikian halnya dengan camilan dari kombinasi sereal dan biji-bijian yang biasanya ditemani secangkir kopi. Terlihat lebih sehat karena kalorinya diklaim rendah. Tetapi faktanya, jika diakumulasi kalori yang dikonsumsi selama sepekan dari camilan tersebut sebesar 5.054 kalori. Lebih besar dibandingkan dengan kalori dari 16,5 burger keju dari restoran cepat saji sebesar 4.966 kalori.

2 dari 2 halaman

granola bars © Diadona

dr. Tan menjelaskan upaya yang dapat dilakukan agar tidak terus menerus merasa lapar adalah menambah asupan serat saat makan besar di pagi, siang, dan malam hari. Selain itu, konsumsi makanan dengan kadar gula tinggi dan makanan ultra proses juga harus dihentikan.

Nah jadi, camilan sehat bukan berarti kamu dapat mengonsumsi dalam jumlah yang banyak tanpa ada dampaknya ya.

Ketimbang memilih camilan apa yang dapat di konsumsi, sebaiknya kamu mengontrol kebiasaan ngemil yang biasa dilakukan ya.

Yuk kurangi dari sekarang. Keep healthy, guys!

Beri Komentar