Makanan Manis Bisa Sebabkan Gigi Berlubang, Mitos atau Fakta?

Reporter : Anif Fathul Amin
Kamis, 22 Juli 2021 17:03
Makanan Manis Bisa Sebabkan Gigi Berlubang, Mitos atau Fakta?
Coba simak penjelasannya berikut ini yuk!

Bagi kita yang punya adik kecil atau para orang tua yang sudah punya anak, mereka pasti suka banget sama makanan manis. Anak-anak ini suka banet mengunyah donat, permen, gulali, atau makanan sejenisnya.

Seiring dengan itu, banyak orang tua yang meyakini deretan makanan manis itu bisa menyebabkan gigi berlubang. Tapi benarkah demikian? Yuk, kita cari tahu bareng-bareng!

1 dari 5 halaman

Kenali Bagian Gigi

Ilustrasi GigiIlustrasi Gigi © 2020 https://www.diadona.id/ Yingpis Kalayom@unsplash

Gigi kita terdiri dari beberapa lapisan, yaitu enamel atau email gigi, dentin, dan pulpa.

Email gigi terbuat dari zat mineral, kemudian bagian dentin memiliki tubulus atau pipa berisi cairan, dan bagian pulpa gigi saraf dan pembuluh darah. Dalam pipa di dentin, ada zat terlarut di dalam cairannya.

Email gigi inilah yang berfungsi sebagai pelindung gigi, teman-teman. Jika email gigi terkikis dan terjadi gigi berlubang, maka bagian dentin dan tubulus di dalamnya bisa terlihat.

2 dari 5 halaman

Benarkah Bisa Menyebabkan Gigi Berlubang?

Dilansir dari laman Liputan6.com yang mengutip wawancara dengan dr.Sabai, sebenarnya penyebab utama gigi berlubang bukanlah gula. Gigi berlubang disebabkan oleh bakteri yang hidup di dalam mulut. Bakteri tersebut menggerogoti sisa-sisa karbohidrat pada gigi kita.

Sisa-sisa tersebut termasuk juga makanan manis yang kamu makan, seperti gula yang ditemukan di kue kering, permen, gulali dan lainnya.

3 dari 5 halaman

Alasan Makanan Manis Menjadi Penyebab Gigi Berlubang

Ilustrasi Makanan ManisIlustrasi Makanan Manis © chefsteps.com

Gula masuk ke dalam kategori karbohidrat. Biasanya gula terdapat pada makanan manis. Penyebab gigi berlubang sebenarnya bukan makanan manis. Namun, makanan manis yang tertinggal pada gigi menyebabkan bakteri pada mulut tumbuh lebih cepat. Bakteri menggerogoti sisa karbohidrat yang ada pada gigi dan menjadi asam. Asam inilah yang membuat lapisan gigi kamu rusak, sehingga menjadi lebih rentan untuk berlubang.

" Asam inilah yang akan merusak gigi dan membentuk karies," kata dr.Sabai.

4 dari 5 halaman

Penyebab Lain

Ilustrasi Gigi dan Mulut SehatIlustrasi Gigi dan Mulut Sehat © Shutterstock

Selain mengonsumis makanan yang kaya akan gula, kebisaan lain yang bisa membuat gigi berlubang juga bisa jadi pemicu. Salah satuny adalah cara seseorang dalam emmebersihkan gigi. Oleh karenanya, menyikat gigi setelah mengonsumsi mknan manis sangat dianjurkan agar bisa mencegah gigi dari kerusakan.

" Tergantung orangnya juga. Kalau misalkan dia memang abis makan gula atau cokelat langsung sikat gigi, ya bisa jadi tidak terpapar," jelasnya.

" Sikat gigi itu mencegah gigi dari kerusakan," tambahnya.

5 dari 5 halaman

Di akhir, dr. Sabai mengingatkan bahwa tidak hanya cokelat dan permen saja yang dapat menyebabkan sakit gigi. Semua jenis makanan juga dapat menjadi penyebab. Hanya saja, kandungan gula dan permen dan cokelat memang bekerja lebih cepat dan lebih berpengaruh.

Oleh karena itu, untuk menghindari gigi berlubang lebih baik jangan terlalu sering mengonsumsi makanan tinggi gula maupun makanan yang tinggi asam. Jangan lupa juga untuk sikat gigi dengan benar setiap hari, ya!

Beri Komentar