Lebih Baik Mana, Mandi atau Sarapan Dulu setelah Bangun Tidur?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Sabtu, 25 Desember 2021 08:27
Lebih Baik Mana, Mandi atau Sarapan Dulu setelah Bangun Tidur?
Sebagian orang mungkin bangun-bangun malah overthinking, milih mandi atau sarapan dulu...

Setiap orang mempunyai kebiasaannya sendiri-sendiri setelah bangun tidur. Namun, seringkali yang menjadi pertimbangan adalah mandi terlebih dahulu atau makan. Kalau kalian biasanya yang mana nih?

Nah. mengenai hal tersebut, kira-kira baik mana sih, mandi dulu atau makan dulu, ya? Lihat dulu dari dua sisi yuk, seperti yang dilansia dari Hellosehat ini.

 

1 dari 4 halaman

Ilustrasi Wanita Sarapan © Diadona

Sarapan itu penting pada pagi hari karena kita memperoleh energi untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Dengan sarapan level energi meningkat, begitu juga penyerapan nutrisi. Gula darah pun terjaga dan bisa mencegah makan lebih banyak di hari tersebut.

Sehingga, ketika beraktivitas pun akan menjadi lebih konsentrasi, waspada, meningkatna daya ingat dan juga kecerdasan secara menyeluruh. Dengan demikian, tanpa dengan sarapan tubuh kamu akan menjadi mode 'hemat energi'. Performa otak dan tubuh akan menurun sehingga mengaruh terhadap pekerjaan.

 

2 dari 4 halaman

Ilustrasi Wanita Mandi © Diadona

Sedangkan dengan mandi, badan akan bersih dari kotoran dan keringat, serta otak diberi informasi untuk segara memulai hari sehingga menjadi lebih sigap yang berpengaruh kepada seluruh anggota tubuh dan indra.

Makanya, mandi di pagi hari itu memberikan efek menyegarkan sehingga siap seakan telah siap untuk beraktivitas. Namun, suhu air saat mandi juga harus diatur. Kalau mandi air hangat, bukannya segar dan bangun malah kembali ngantuk. Jika mengharuskan mandi air hangat, bilas suam-suam kuku denagan air dingin setelahnya.

 

3 dari 4 halaman

Ilustrasi Bangun Tidur © Diadona

Jadi, makan atau mandi terlebih dahulu? Tergantung rutinitas dan kebutuhan. Jika mengharuskan langsung untuk beraktivitas, lebih baik makan dulu karena memberikan energi. Namun jika rasanya masih malas gitu, lebih baik mandi karena membuat tubuh terbangun dan segar.

Namun jika memilih mandi dahulu, jangan langsung mandi ketika mata baru saja terbuka saat bangun tidur. Hal tersebut akan menyebabkan hipotensi ortotatik, yaitu tekanan darah rendah karena perubahan posisi tubuh secara tiba-tiba. Bisa-bisa nanti sakit kepala, bahkan stroke.

 

Beri Komentar