Keseringan Makan Tengah Malam, Waspadai Sejumlah Masalah Kesehatan Berikut

Reporter : Firstyo M.D.
Kamis, 1 April 2021 17:40
Keseringan Makan Tengah Malam, Waspadai Sejumlah Masalah Kesehatan Berikut
Sobat mie instan tengah malam harus hati-hati nih!

Jelang pergantian hari menjadi waktu yang krusial untuk banyak orang. Ada yang dikejar deadline pekerjaan, sulit tidur, namun yang paling sering terjadi adalah mendadak lapar di malam hari.

Walaupun sudah berusaha dihindari, namun rasa lapar yang muncul tiba-tiba mau tak mau mendorong kita untuk akhirnya makan di tengah malam. Mengenyangkan, namun ternyata hal ini tak sepenuhnya jadi jawaban terbaik.

1 dari 6 halaman

Organ Pencernaan Juga Perlu Istirahat

Dilansir dari laman Times of India, tubuh sebenarnya memiliki jadwal-jadwal alamiah yang membagi waktu kerja dan istirahatnya. Kegiatan makan bisa dikatakan terlambat jika dilakukan 3 jam jelang waktu tidur.

Hal ini disebabkan karena pada rentang waktu tersebut, proses pencernaan akan melambat dan tubuh akan menyerap segala kandungan yang masuk lewat makanan. Jika kita tak beraktivitas dengan cukup, maka asupan tersebut akan mengendap dan menjadi lemak yang tak baik untuk kesehatan.

Beberapa masalah kesehatan yang bisa muncul karena kebiasaan makan di tengah malam adalah sebagai berikut.

2 dari 6 halaman

Gangguan Tidur

Orang yang terbiasa makan tengah malam kemungkinan besar akan tidur lebih larut. Organ dalam tubuh juga harus bekerja lebih lama dari biasanya sehingga dapat mengganggu siklus tidur. Hal ini juga bisa menjadi alasan di balik munculnya mimpi-mimpi aneh di malam hari.

3 dari 6 halaman

Masalah Pencernaan

Makan telat di larut malam dapat menimbulkan sejumah masalah di bagian lambung. Hal ini disebabkan oleh makanan yang tak tercerna dengan baik, yang kemudian akan mengakibatkan sekresi asam berlebihan pada lambung.

4 dari 6 halaman

Berat Badan Melonjak

Seperti disebutkan dalam poin-poin di atas, pada malam hari fungsi metabolisme pada tubuh akan otomatis melambat. Proses pembakaran kalori pun tak berjalan efektif di waktu tersebut, mengakibatkan penumpukan lemak, insulin, glukosa, dan kolesterol lebih tinggi yang menjadikan berat badan naik.

5 dari 6 halaman

Tekanan Darah Tinggi

Masih berkaitan dengan fungsi pencernaan yang melambat, makanan tak akan diolah secara maksimal saat kita makan di tengah malam. Proses metabolisme yang tak sempurna ini kemudian dapat menyebabkan kita lebih mudah terkena hipertensi dan diabetes.

6 dari 6 halaman

Meski makan di larut malam dapat menimbulkan banyak masalah kesehatan, namun kita masih bisa mengakalinya jika memang rasa lapar tak tertahankan di waktu tersebut. Kita masih diperbolehkan mengonsumsi makanan dengan porsi yang jauh lebih kecil dan nutrisi yang lebih tinggi.

Sebagai langkah antisipasi agar tak merasa lapar tengah malam, kita juga bisa makan lebih banyak di waktu-waktu sebelumnya, misal saat makan siang di waktu organ pencernaan masih berfungsi aktif dan maksimal.

Beri Komentar