Kelaparan Tengah Malam, Lebih Baik Makan Besar atau Nyemil Aja?

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Sabtu, 13 Februari 2021 08:25
Kelaparan Tengah Malam, Lebih Baik Makan Besar atau Nyemil Aja?
Ternyata begini lho faktanya..

Merasa lapar di tengah malam memang merupakan salah satu hal yang tak jarang terjadi. Kalau sudah begini biasanya akan menimbulkan dilema, lebih baik makan besar atau nyemil aja yah?

Dilansir dari TheScienceofLiving.com, menurut Dr Stuart Farrimond, seorang dokter yang juga penulis kesehatan buku bestseller, mengatakan banyak orang yang bilang telat makan juga bisa membuat berat badan bertambah. Namun hal ini tak selalu benar, karena berat badan seseorang ditentukan dari kalori yang dimakan dan dibakar sepanjang hari.

1 dari 2 halaman

" Orang yang terlambat makan lebih cenderung kelebihan berat badan daripada mereka yang makan lebih awal, tetapi ini karena mereka juga cenderung menjalani kehidupan yang kurang aktif dan lebih sering memilih makanan berlemak dan berkalori tinggi," kata Farrimond.


Menurut Dr.Stuart, semakin telat waktu makan seseorang, makin lemah juga pengendalian diri untuk menjadi impulsif. Ini berarti lebih memungkinkan bagi seseorang untuk makan lebih banyak dari seharusnya, atau memilih 'makanan cepat saji' yang berkalori tinggi.

Ilustrasi Wanita Makan Mie Instant © Diadona

Padahal teratur makan malam dalam porsi yang banya juga tak baik untuk kesehatan tubuh. Hal ini karena pada malam hari, jam tubuh menurun dan semua sistem akan berada pada mode siaga.


" Makan larut malam bisa mengganggu jam tubuh sehingga bisa mengganggu tidur. Hal ini pada gilirannya akan meningkatkan tekanan darah, dan pada akhirnya dapat merusak pembuluh darah dan jantung Anda," ujar Farrimond.

2 dari 2 halaman

Makan Malam © Diadona

Namun, berbeda jika Anda makan camilan pada larut malam. Kata Farrimond, ini tidak berbahaya dan sebenarnya dapat membantu orang lanjut usia, orang yang baru pulih dari cedera, atau atlet yang ingin meningkatkan kekuatan dan kebugarannya secara umum.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika makan di malam hari adalah, jika makan besar setidaknya lakukan tiga jam sebelum tidur, sedangkan untuk nyemil tengah malam, kamu dapat memilih makanan dengan kalori yang rendah.

Nah itu dia tips jika kamu merasa kelaparan di tengah malam. Jangan makan sembarangan di tengah malam lagi ya guys!

Beri Komentar